Tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan bisnis kian hari semakin ketat dan semakin intens, terutama soal menu yang ditawarkan kepada pelanggan. Memperbarui menu merupakan hal yang mesti kamu lakukan untuk mempertahankan bisnis kamu.

Di saat pelanggan lebih suka memesan menu yang sudah dikenal, kemungkinan untuk menawarkan mereka mencoba menu baru pasti sulit, kan? Tapi tenang, berikut 5 cara menawarkan pelanggan agar mau mencoba menu baru kamu. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Berikan Sampel Gratis

Sample Menu
Sample Menu (Photo by Shane Rounce on Unsplash)

Siapa yang tidak suka makanan gratis? Ini jadi kesempatan kamu memperkenalkan menu baru kamu tanpa perlu pusing. Cukup bagikan sampel untuk pelanggan mencicipi menu baru kamu, lalu berikan mereka kesempatan untuk mengulas menunya.

Contoh menu yang perlu kamu siapkan untuk dibagikan gratis tak perlu dalam jumlah banyak. Seperti Tori Miso Ramen dari Indomie yang disajikan layaknya ramen otentik ala Jepang menjadi salah satu menu andalan mereka yang meluncurkan Yatai Ramen di kawasan Sudirman.

Cara terbaik memberikan sampel gratis yaitu dengan membuat giveaway serta mencantumkan syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh pelanggan. Misalnya, wajib membagikan banner iklan giveaway di media sosial dengan menyebutkan alasan mengapa mereka menginginkan menu tersebut. Cara tersebut juga akan bermanfaat untuk brand awareness bisnis kamu.

  • Berikan Promo atau Cashback

Kebanyakan pelanggan tidak mau mencoba menu baru karena tidak suka dan pada akhirnya merasa rugi. Nah, oleh karena itu, kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan menawarkan harga spesial. Misalnya, kamu bisa berikan tawaran dalam bentuk promo buy one get one atau dibuat bundling bersama menu lain. Cara ini jadi kesempatan kamu memperkenalkan menu baru ke pelanggan dengan harapan mereka menyukainya.

Alternatif lainnya, kamu bisa bagikan tawaran spesial menu baru kamu kepada pelanggan setia yang sedang berulang tahun, dan kasih tahu mereka mengenai tanggal launching menunya secara resmi ke pasar, dan di mana bisa mendapatnya. Tujuannya, jika mereka menyukai menu tersebut, mereka bisa melakukan pembelian setelah menu tersedia di pasar.

Baca juga: Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) untuk UMKM Makanan

  • Minta Review Online

Berdasarkan penelitian oleh Yodle pada 2019, 75% pelanggan bergantung pada review-review online untuk menilai kualitas dari sebuah bisnis lokal. Pelanggan lebih percaya dengan kata sesama pelanggan mengenai suatu produk, jadi akan sangat bagus jika kamu bisa mendapatkan ulasan bagus untuk menu baru kamu dari pelanggan yang sudah mencobanya.

Sederhananya, kamu bisa meminta pelanggan untuk membagikan pengalaman mereka mencoba menu baru via media sosial. Cara ini bisa kamu kolaborasikan dengan cara memberikan sampel gratis kepada pelanggan, setelah itu kamu minta mereka untuk memberikan ulasannya di media sosial, seperti TikTok, Instagram, dan lain-lain.

  • Pakai Jasa Influencer

Food Influencer Magdalena
Food Influencer Magdalena (Photo by Instagram @/magdalenaf)

Influencer tentu memiliki performa dan daya tarik tersendiri. Mereka dapat mempengaruhi pola pikir dan action para pengikutnya. Oleh karena itu, kamu pakai jasa influencer dengan memberikan paket sampel gratis kepada mereka agar mereka merekomendasikan menu baru kamu ke followers mereka.

Agar program endorsement ini berjalan mulus dan sesuai harapan, kamu perlu memastikan terlebih dahulu kesesuaian niche mereka dengan produk kamu, terlebih beberapa food influencer memiliki ciri khas dalam mengiklankan produk. Misalnya, produk makanan, maka kamu harus bekerja sama dengan food influencer

Di Indonesia, ada beberapa food influencer yang paling berpengaruh versi StarNgage, antara lain Magdalena yang memiliki ciri khas me-review makanan dalam porsi besar dan pedas. Selain Magda, ada Nex Carlos dengan ciri khasnya yang mengunjungi makanan street food di seluruh Indonesia, dan lain-lain.

  • Buat Iklan yang Menarik

Salah satu hal paling bisa mendorong agar menu baru kamu agar dicoba oleh pelanggan adalah dengan membuat iklan yang menarik. Iklan yang menggiurkan akan mendorong dan membujuk pelanggan untuk membeli menu baru kamu. Maka dari itu, iklan harus bersifat persuasif, membangun awareness, dan tentunya menghasilkan penjualan.

Contohnya, iklan makanan ringan Chitato. Di televisi, contoh iklan makanan ringan satu ini memang cukup ikonik. Salah satu alasannya karena Chitato memiliki tagline unik berbunyi life is never flat”.

Life is never flat merupakan tagline yang dibuat Chitato untuk menyampaikan pesan bahwa hidup akan selalu menemui tantangan. Jadi, produk ini hadir agar para pelanggan semangat melewati hari-hari dan tantangan tersebut.

Dengan demikian, kamu bisa belajar dari iklan Chitato ini. Kamu bisa membuat iklan yang dapat menarik perhatian dan minat para pelanggan. Gunakan kata-kata atau tagline unik yang membuat pelanggan mudah mengingat bahwa tagline itu merupakan iklan dari produk kamu.

Baca juga: Cara Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Baku Agar Bisnis Tetap Berjalan

Nah, dengan 5 cara di atas, kamu tidak akan lagi merasa kesulitan untuk menawarkan pelanggan agar mau mencoba menu baru kamu. Yuk, terapkan kelima tips di atas ketika kamu memiliki menu baru di bisnis kuliner kamu!

Ikuti terus Paper.id, software pembuatan invoice digital gratis yang cocok untuk bisnis FNB kamu dan jangan sampai ketinggalan berita atau informasi seputar bisnis lainnya hanya di Blog Paper.id.

Muhamad Dika Wahyudi