Customer Relationship Management (CRM) kini menjadi salah satu strategi bisnis paling penting saat ini. Tidak hanya sekedar software, CRM adalah pendekatan menyeluruh untuk membangun, mengelola, dan menjaga hubungan berkelanjutan dengan pelanggan.
Dengan sistem yang tepat, perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan lebih dalam, meningkatkan kepuasan, serta menciptakan loyalitas yang kuat.
Perusahaan yang mampu memanfaatkan data pelanggan secara strategis akan lebih mudah dalam menentukan arah penjualan, pemasaran, hingga layanan.
CRM membantu mengintegrasikan berbagai aktivitas bisnis, mulai dari komunikasi antar tim, manajemen prospek, hingga analisis performa pelanggan.
Pada artikel kali ini kami akan membahas secara mendalam manfaat software Customer Relationship Management dan juga memberikan 5 rekomendasi CRM terbaik.
Apa Itu CRM?
Customer Relationship Management (CRM) adalah software basis data untuk melacak semua interaksi bisnis kamu dan komunikasi yang sedang berlangsung dengan pelanggan saat ini dan pelanggan potensial.
Mari kita lihat bagaimana fungsi dan tim bisnis yang berbeda bekerja dengan sistem CRM.
- Tim penjualan menggunakan software CRM untuk melacak interaksi dengan pelanggan potensial selama proses penjualan. Ini membantu penjualan melacak prospek, mengelola saluran pipa, menjadwalkan panggilan, melacak komunikasi, dan memantau analitik penjualan.
- Departemen pemasaran menggunakan CRM untuk mengelola data pelanggan, kelompok audiens segmen, dan melacak kampanye retargeting. Customer Relationship Management sangat membantu untuk melacak preferensi pelanggan, riwayat keterlibatan, dan pembelian sebelumnya, dan menggunakan data ini untuk membuat kampanye pemasaran yang dipersonalisasi.
- Layanan pelanggan dapat melihat catatan pelanggan CRM dan mengakses interaksi sebelumnya untuk memberikan bantuan yang dipersonalisasi. CRM membantu tim layanan pelanggan mengelola tiket dukungan, melacak resolusi masalah, dan tetap up to date pada perjalanan penuh pelanggan.
- Pemilik bisnis dapat menggunakan CRM untuk pelacakan prospek, manajemen kontak, dan analisis penjualan untuk mendorong pengambilan keputusan yang lebih baik.
Baca Juga: 10 Cara Memilih CRM Software yang Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan
Mengapa Bisnis Kamu Membutuhkan Customer Relationship Management
Tanpa sistem CRM, kamu bisa kehilangan peluang potensial yang belum dimanfaatkan. Solusi CRM meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan penjualan dan retensi.
Ini juga merupakan software yang berharga untuk membantu perusahaan kamu menjadi lebih fokus pada pelanggan, menemukan dan mengkonversi prospek baru, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan meningkatkan pengalaman pembeli secara keseluruhan.
Jika kamu tidak dapat memahami semua data pelanggan, pengalaman pelanggan akan terganggu, dan akibatnya kamu akan kehilangan pendapatan.
Ketika mengandalkan CRM, kamu memberdayakan bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal, menjaga agar lebih sedikit prospek yang keluar dari saluran penjualan kamu.
Cara lain yang dapat dilakukan CRM untuk menjaga pelanggan kamu tetap terlibat adalah dengan manajemen prospek yang lebih baik.
Faktanya, perusahaan yang unggul dalam proses manajemen prospek dapat menghasilkan lebih banyak prospek daripada perusahaan-perusahaan yang masih berjuang untuk menerapkan kampanye lead nurturing.
5 Rekomendasi Software Customer Relationship Management
Berikut adalah beberapa 5 rekomendasi software CRM dengan fitur terlengkap dan mudah digunakan untuk bisnismu:
1. CRM.id
CRM.id adalah CRM lokal berfokus pada layanan pelanggan berbasis WhatsApp Business API dengan skema harga pay‑as‑you‑go Rp40 per pesan dan tanpa biaya bulanan, batas agent, kontak, MAU, atau pesan, sehingga cocok untuk tim CS penanganan volume tinggi dari satu nomor secara paralel.
Tampilan dashbiar mirip WhatsApp dan proses onboarding disediakan gratis 1‑on‑1 via Zoom tanpa batas sesi, memungkinkan proses adopsi untuk operasional relatif cepat untuk tim non‑teknis.
Kelebihan utama
- Tanpa batasan agent, kontak, MAU, dan pesan sehingga skalabel untuk CS/sales dengan traffic tinggi dari satu nomor WhatsApp (inbox bersama, multi‑agent).
- Onboarding 1‑on‑1 via Zoom gratis dan berulang, membantu training tim dan percepatan go‑live tanpa biaya implementasi tambahan.
- Fitur pro‑WhatsApp: nomor masking, opsi centang hijau jika memenuhi syarat, pencarian/fiter riwayat, dan integrasi REST API untuk koneksi ke sistem internal.
Jika tertarik, kamu bisa menggunakan CRM.id melalui tautan ini.
Baca Juga: 5 Fitur Aplikasi CRM Paling Dibutuhkan Sales untuk Closing Lebih Cepat
2. Hubspot CRM
HubSpot CRM merupakan software CRM dirancang untuk tim penjualan, pemasaran, dan juga tim Customer Service.
Cara kerjanya adalah selayaknya aplikasi Gmail ataupun Slack, dimana HubSpot bisa secara otomatis memperbarui catatan, melacak interaksi, dan menawarkan dukungan selama 24/7 dengan pelatihan khusus melalui acara HubSpot Academy.
Fitur-fitur utama yang dimiliki oleh HubSpot di antaranya:
- Hub Penjualan Manajemen kontak dan pipeline Tim Penjualan
- Hub Pemasaran Pemasaran email, pelacakan, dan manajemen media sosial Tim Pemasaran
- Hub Layanan Dukungan pelanggan Tim Layanan
3. Zoho CRM
Buat kamu yang membutuhkan software CRM dengan harga mudah dan bisa digunakan untuk usaha kecil dan menengah, Zoho CRM bisa menjadi pilihanmu.
Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh Zoho CRM di antaranya asisten AI Zia, yang membantu memprediksi prospek, menemukan anomali, dan bahkan menyediakan bantuan suara untuk operasi yang lebih lancar.
Berikut fitur-fitur utama yang dimiliki oleh Zoho CRM:
- Email : Digunakan untuk menghubungi klien.
- Media Sosial: Digunakan untuk memantau dan berinteraksi dengan audiens.
- Live Chat: Untuk berinteraksi dengan klien secara real time.
- SMS: Untuk mengisim sms dengan mudah ke klien.
- Portal Layanan Mandiri: Memungkinkan pelanggan mengakses dukungan dan sumber daya secara mandiri.
Zoho CRM sangat mudah digunakan, sehingga bisnis dapat memodifikasi tata letak halaman, bidang, dan modul agar sesuai dengan kebutuhan mereka.
4. Pipedrive
Pipedrive menjadi rekomendasi software CRM dengan manajemen pelanggan yang mudah untuk digunakan.
Tidak heran jika Pipedrive ini menjadi alat terbaik untuk tim penjualan baik skala kecil ataupun menengah.
Ini didukung oleh tampilan antarmuka yang mudah dinavigasi, plus fitur-fitur yang membantu proses penjualan jadi lebih sederhana.
Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Pipedrive:
- Manajemen pipeline: Pipeline yang dapat disesuaikan dan pelacakan kesepakatan visual
- Manajemen prospek: Fitur-fiturnya meliputi pembuatan prospek, penilaian, dan penugasan otomatis
- Komunikasi: Integrasi email bawaan
- Otomatisasi: Wawasan berbasis AI dan otomatisasi alur kerja
- Analytics: Alat pelaporan real-time
- Integrasi: Bekerja dengan Slack, Trello, Zapier, dan menawarkan API terbuka untuk alur kerja khusus
5. Freshsales
Freshsales merupakan bagian dari Freshwork yang memfokuskan diri pada software penjualan.
Dengan software Customer Relationship Management ini, kamu bisa merasakan kemudahan dalam melakukan penjualan karena keseluruhan prosesnya telah terintegrasi dengan sistem yang ada di dalam ekosistem Freshwork.
Fitur yang dimiliki oleh Freshsales di antaranya:
- Event tracking
- Sales management
- Collaboration
- Report dan analisis
- Email tracking
Baca Juga: Jangan Asal! 10 Tips Memilih Aplikasi CRM yang Tepat untuk Bisnis
Customer Relationship Management (CRM) sebenarnya lebih dari sekadar software, melainkan fondasi agar bisnis mampu memahami kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, mencatat setiap interaksi, dan menjadikannya rujukan dalam mengambil keputusan strategis.
Dengan CRM, setiap divisi mulai dari penjualan, pemasaran, hingga layanan pelanggan memiliki akses ke data yang sama, sehingga proses komunikasi menjadi lebih terarah dan pengalaman pelanggan pun meningkat.
Tanpa sistem ini, banyak peluang bisa terlewat hanya karena informasi yang tidak tersimpan rapi atau kurangnya sinkronisasi antar tim.
CRM.id hadir sebagai solusi lokal yang unik karena berfokus pada WhatsApp Business API, platform komunikasi paling akrab dengan pelanggan di tanah air.
Dengan model harga fleksibel tanpa batasan agent atau kontak, serta onboarding gratis via Zoom, CRM.id memberikan nilai tambah yang jarang ditemukan pada CRM lainnya.
Bagi bisnis dengan interaksi pelanggan harian yang tinggi di WhatsApp, CRM.id bisa menjadi pilihan paling praktis untuk mempercepat adopsi tanpa kerumitan teknis.
Jadi tunggu apalagi? kamu bisa mencoba CRM.id melalui tautan ini.
*Artikel ini hasil kerja sama Kledo dan Paper
- Cara Membuat Faktur Pajak dengan Mudah dan Contoh Format - September 26, 2025
- Cara Bayar Pajak Badan Usaha PT dan CV Secara Online - September 26, 2025
- 5 Tips Memilih SAP Partner Indonesia Terbaik di 2025 - September 25, 2025