Momen kampanye tanggal kembar atau Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) selalu menjadi periode lonjakan pesanan yang dinantikan para pelaku bisnis online. Namun, di balik potensi transaksi besar, dibutuhkan strategi manajemen stok yang jitu untuk memastikan alur pesanan tetap lancar dan kepuasan pelanggan tetap terjaga.

Tantangan Menghadapi Lonjakan Pesanan di Harbolnas

Ketika kampanye harbolnas sedang berlangsung, konsumen memiliki ekspektasi tinggi terhadap toko online, yaitu: harga barang murah, pengiriman gratis atau murah dan cepat, dan kualitas barang yang baik. Bermacam ekspektasi tersebut otomatis menciptakan tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis online.

Namun, kenyataannya banyak bisnis kesulitan menjaga akurasi dan kecepatan pengiriman sesuai harapan konsumen akibat tiga tantangan utama berikut.

  • Sumber Daya Manusia (SDM) kurang memadai, baik dari segi tenaga, pengetahuan, maupun kecakapan kerja.
  • Sistem manajemen stok berantakan, sehingga data pesanan masuk, penyiapan pesanan, hingga pengiriman berisiko menjadi berantakan ketika menghadapi lonjakan pesanan.
  • Pembengkakan biaya operasional, mulai dari overtime karyawan hingga proses retur akibat salah kirim yang berujung pada efisiensi yang rendah.

Faktor-faktor tersebut akhirnya berpotensi mengakibatkan banyak masalah dengan pesanan pelanggan, seperti keterlambatan pengiriman hingga ketidaktepatan item yang dikirim. Konsumen kemudian memilih penyelesaian berupa pengembalian barang atau dana, yang membuat biaya operasional penjual kian membengkak.

Baca Juga: Manfaat E-Commerce dalam Era Digital, Mengapa Bisnis Harus Beralih?

Solusi Fulfillment untuk Harbolnas Tanpa Chaos

Sebagai pelaku bisnis, tentu kamu tidak mengharapkan situasi sulit di atas terjadi, bukan? Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang tepat untuk memastikan kecepatan dan akurasi proses pemesanan, terutama saat terjadi lonjakan pesanan pada musim kampanye harbolnas.

Fulfillment Biteship hadir sebagai solusi untuk kebutuhan tersebut. Salah satu layanan unggulan Biteship ini hadir dengan menciptakan alur pemrosesan pesanan yang efisien, mulai dari:

  • Pengambilan barang (picking),
  • Pengemasan (packing), hingga
  • Serah terima ke kurir (shipping).

Jadi, pelaku bisnis terlebih dahulu mengirimkan barang yang akan disimpan di gudang (warehouse) Biteship. Kemudian, ketika ada pesanan masuk dari berbagai saluran marketplace, barang akan diambil dari gudang untuk kemudian masuk proses pengemasan.

Resi pengiriman akan otomatis tercetak setelah pengemasan, kemudian petugas langsung menyerahkan kepada kurir ekspedisi untuk proses pengiriman pada pelanggan. Terakhir, dashboard laporan dan stok juga akan diperbarui secara otomatis. Langkah ini dapat menghemat tenaga, waktu, dan biaya kamu daripada membangun warehouse dan mengurus keseluruhan prosesnya secara mandiri.

Baca Juga: Bingung Mulai Bisnis Online? Pelajari Perbedaan E-Commerce dan Marketplace Sebelum Memilih

Keunggulan Layanan Fulfillment Biteship untuk Bisnis

Menggunakan layanan fulfillment Biteship sebagai strategi utama menghadapi musim puncak (peak season) pesanan memberikan banyak manfaat bagi bisnismu, yaitu:

  1. Mengurangi potensi kesalahan dalam pengerjaan pesanan serta mempercepat alur kerja melalui proses yang terintegrasi dan efisien.
  2. Meningkatkan kecepatan pengiriman, karena Biteship telah bekerja sama dengan berbagai jasa pengiriman (ekspedisi).
  3. Meminimalisir kesalahan logistik, seperti pengambilan barang, penempelan label, hingga informasi stok yang tersedia berkat sistem yang telah terintegrasi dengan berbagai marketplace, terstandarisasi, dan didukung oleh staf terlatih.
  4. Memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis untuk lebih fokus pada strategi promosi dan pengembangan bisnis, karena hal-hal lain terkait pemrosesan pesanan menjadi tanggung jawab penuh Biteship.
  5. Meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, berkat ekspektasi yang terpenuhi secara sempurna, seperti ketepatan barang pesanan, kecepatan pengiriman, dan keamanan produk.

Layanan fulfillment dari Biteship juga menyediakan rangkuman data pemesanan yang terbagi menjadi periode-periode terstruktur. Kamu dapat mengunduhnya untuk kebutuhan pengarsipan dan laporan bulanan, guna menganalisis perkembangan bisnis secara berkala.

Baca Juga: Pentingnya Layanan Pergudangan untuk Pengelolaan Stok Bisnis E-Commerce

Siap Menghadapi Musim Puncak Harbolnas dengan Fulfillment Biteship?

Menggunakan layanan fulfillment Biteship untuk menghadapi lonjakan pesanan di musim puncak merupakan langkah cerdas. Pengambilan, penyimpanan, pengemasan, hingga pengiriman barang menjadi tanggung jawab penuh Biteship, sehingga dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi bisnismu.

Di tengah tantangan lonjakan pesanan Harbolnas, fulfillment yang andal dapat menjadi pembeda utama dalam pengalaman pelanggan. Kamu tak perlu menangani semuanya sendiri, dengan sistem yang terintegrasi, proses pemesanan dapat berjalan lebih cepat, akurat, dan efisien.

Ingin mulai menyusun strategi fulfillment yang siap menghadapi kampanye besar? Tim kami siap membantumu menyesuaikan kebutuhan logistik sesuai skala dan model bisnis.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Biteship

SEO Content Writer at Paper.id
SEO Content Writer dengan pengalaman lebih dari 3 tahun sebagai SEO Marketing dan Content Writer di berbagai industri, termasuk OTT (Over The Top), media online, teknologi, dan pusat pelatihan.
Muhamad Dika Wahyudi