Pengusaha sukses

Pengusaha sukses asal India, Mukesh Ambani kini dinobatkan sebagai orang terkaya di Asia. Sebelumnya, singgasana tersebut ditempati oleh Jack Ma yang dikenal sebagai pemilik Alibaba Group.

Berdasarkan data yang didapatkan dari Bloomberg Billionaires Index, aset kekayaan yang dimiliki oleh Mukesh mencapai 44,3 miliar dollar atau sekitar 638 triliun rupiah.

Pria berusia 61 tahun ini dikenal sebagai seorang pemilik Reliance Industry ltd. yang bergerak di bidang minyak bumi dan juga jaringan komunikasi terbesar di India.

Pengusaha Sukses Ini Kalahkan Jack Ma

Keberhasilan Pengusaha sukses tersebut melewati kekayaan Jack Ma, terjadi lantaran naiknya saham perusahaan miliknya, yaitu Reliance Industry sebanyak 1,6%.

Uniknya, jumlah harta dari Jack Ma tidaklah tertinggal jauh, yaitu mencapai 44 miliar dollar atau hanya selisih 300 juta dollar.

Diprediksi, pundi-pundi uang dari Mukesh akan terus bertambah. Hal tersebut dapat terlihat dari invasi besar-besaran yang dilakukan oleh pengusaha India itu.

Belum lama ini, ia telah mengumumkan akan menggenjot seluruh perusahaanya, salah satunya adalah mempercepat pembangunan di bidang perminyakan di Mumbai, India.

Jika menilik dari agresifnya perkembangan bisnis pengusaha asal india tersebut, bukan tidak mungkin ia bisa mendekatkan jarak dengan Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia.

Sebagai informasi, harta dari pemilik dari situs jual beli Amazon itu telah mencapai 143 miliar dollar per Juli 2018.

Mengenal Reliance Industry Ltd.

Reliance Industry ltd. merupakan sebuah perusahaan keluarga yang telah turun temurun diwarisi oleh keluarga Ambani.

Sebelum dipimpin oleh Mukesh, perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia dan jasa tersebut dikuasai sang ayah yang bernama Dhirubai Ambani.

Setelah meninggal, Reliance Industry Ltd. dibagi kedua anaknya, yaitu Mukesh dan Anil Ambani. Namun, pada tahun 2005 lalu, keduanya berselisih sehingga perusahaan tersebut harus terpecah.

Ketika dipisahkan, hegemoni dari Mukesh Ambani ternyata semakin terlihat. Tercatat, ia menjadi seorang pengusaha sukses asal India pertama yang paling berpengaruh versi Forbes.

Bahkan dalam 10 tahun terakhir, Mukesh selalu berhasil bertahan di puncak sebagai orang terkaya di India. Tidak ada satupun rival yang mampu mengimbanginya, termasuk sang saudara, Anil Ambani.

Bahkan, masih berdasarkan forbes, kekayaan sang adik yang berbeda dua tahun tersebut hanyalah sekitar 2,1 miliar dollar tertinggal jauh dari Mukesh sekitar 20 kali lipat.

Perjalanan hidup Mukesh Ambani

Mukesh Ambani lahir pada 19 April 1957 di Yaman. Setahun kemudian, keluarganya pindah ke Mumbai setelah sang ayah ingin memulai usaha sendiri.

Ketika masih di tanah kelahiran, sang ayah bekerja di perusahaan rempah-rempah. Tak berselang lama, ia akhirnya mencoba peruntungan untuk berbisnis.

Pertama kali terjun ke dunia bisnis, Dhirubai Ambani membuka perusahaan tekstil di Mumbai, India.

Dalam waktu singkat, bisnis tersebut berkembang pesat sehingga ia bisa menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang tinggi.

Mukesh sendiri bisa sekolah hingga jenjang S2 yang ia tamatkan tinggi Universitas Stanford dengan gelar Master in Bussines Administration (MBA).

Lulus dengan predikat bagus, pengusaha India tersebut terjun langsung ke perusahaan keluarganya.

Berkat tangan dingin Mukesh, bisnis tekstil semakin maju pesat dan mereka mulai melakukan ekspansi besar ke dunia perminyakan.

Mukesh Ambani mengatakan jika sebuah bisnis akan berkembang apabila berfokus kepada usaha itu sendiri bukan uang yang akan didapatkan.

 

(Visited 391 times, 1 visits today)