Pakai QRIS, Bisnis Bisa Makin Laris, Kok Bisa?

Sejak diluncurkan di tahun 2019, QRIS telah menjadi salah satu metode pembayaran yang banyak digunakan di mana-mana. Biasanya, kamu sering menyaksikannya di mall-mall saat beli makanan/minuman.

Secara tidak langsung, penjualnya akan langsung menawarimu untuk membayarnya dengan QRIS. Selain di mall, kode QRIS sejatinya sudah digunakan untuk banyak keperluan, seperti transaksi antar bisnis.

Kehadiran kode tersebut membantu para pebisnis dalam menjalankan transaksi lebih mudah. Selain itu, mereka tidak lagi membuat kode QRIS sendiri, karena mereka sudah punya kode masing-masing dengan mudah.

Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan QRIS kian kencang. Dilansir dari Xendit, angka penggunaannya terus naik. Di tahun 2020 – 2021, penggunaannya naik drastis sebesar 154,9% dan paling banyak digunakan untuk kebutuhan hiburan.

Baca juga: Pembayaran invoice bisnis lebih mudah dengan QRIS, gimana caranya?

Angka penggunaan tersebut muncul dari penggunaan baik secara online maupun offline. Kenaikan ini tentunya menjadi bukti kuat bahwa kehadiran QRIS di Indonesia sudah disambut hangat oleh semua orang.

Namun, banyak orang tentunya belum tahu akan QRIS, mengingat masih banyak yang bingung tentang kode ini serta bagaimana cara mendapatkannya. Untuk itu, Paper.id akan memberikan informasi secara detil mengenai hal ini. 

Apa itu QRIS dan kepanjangannya? 

Tak kenal maka tak sayang, jadinya kita harus tahu dulu apa sih QRIS itu. QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. Kode ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia sebagai upaya untuk melakukan standarisasi kode pembayaran yang dilakukan oleh beberapa perusahaan fintek seperti Paper.id juga.

Secara sederhana, QRIS adalah QR Code yang dimiliki oleh seorang pebisnis. Kode itu hanya satu jenis saja sehingga semuanya selaras dan tentunya membuat transaksi menjadi lebih aman dan nyaman.

Semua pebisnis tentunya bisa memiliki satu kode saja untuk pembayaran bisnis mereka. Dengan begitu,mereka tidak perlu repot-repot menyediakan berbagai macam metode yang ada.

Mereka hanya tinggal menunjukkan kode pembayaran, sehingga customer hanya tinggal membayar dengan scan kode tersebut. Cara ini sangat mudah dan tentunya membuat semua orang merasa nyaman. Yang terpenting adalah,cara ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa ribet! 

Manfaat QRIS untuk bisnis

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang apa itu QRIS dan tentunya hal apa saja yang perlu diketahui soal itu. Sekarang, kita akan membahas soal manfaat dari QRIS itu sendiri. Sejatinya, ada manfaat yang bisa dirasakan dengan memasang QRIS untuk transaksi bisnis kamu seperti : 

  • Metode pembayaran lebih banyak
    Percaya atau tidak, jika kamu menyediakan banyak metode pembayaran, maka hal ini dapat meningkatkan keuntungan bisnis kamu secara 80% menurut Deloitte, terutama dengan kehadiran QRIS.
  • Mencegah penipuan
    Kode QRIS mencegah penipuan sehingga, semua orang bisa scan langsung dan tidak perlu khawatir mengalami penipuan.
  • Transaksi tercatat secara terperinci
    Salah satu manfaat besar bagi bisnis adalah, transaksi dapat tercatat secara terperinci sehingga, semuanya dapat dipantau dengan mudah. 

Baik untuk bisnis maupun pelanggan, keduanya juga dapat merasakan manfaat yang serupa. Bedanya adalah, customer bisa membayar transaksi bisnis lebih mudah dengan melalui QRIS. Cara ini tentunya sangat mudah, mereka tidak perlu merasakan kesulitan. 

Cara bayar dengan QRIS

Cara bayar dengan QRIS itu sangat mudah. Kamu hanya perlu scan kode yang biasanya diberikan oleh para pebisnis. Cara ini tentunya bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Jika kamu seorang pebisnis, kamu hanya perlu menyajikan gambar kode yang ada pada customer kamu. Setelah itu, customer kamu hanya tinggal scan kode yang ada dan tinggal membayar pembayaran tersebut. Tentunya, cara ini sangat mudah. Beda dengan transfer bank yang bisa memakan waktu lebih lama dari scan kode. 

Jika kamu jeli, biasanya kode QRIS memang tersedia di berbagai merchant terutama bagi banyak orang yang biasanya berjualan makanan atau minuman dimanapun.

Mereka hanya tinggal membayar dengan kode tersebut atau bahkan debit. Namun, banyak data yang menunjukkan jika angka transaksi kode ini sudah naik dengan sangat tinggi, sehingga banyak orang tentunya menyukai hal tersebut dan mencoba untuk melakukannya karena sangatlah mudah. Untuk itu, hal ini memang menjadi sebuah hal yang sangat disukai oleh para pebisnis. 

QRIS lebih sering digunakan untuk industri hiburan dan ritel

Menurut data yang dirilis oleh Xendit, angka penggunaan QRIS memang naik tinggi dari tahun 2020 – 2021. Namun, QRIS dilihat hanya untuk beberapa sektor saja, seperti industri hiburan dan ritel.

Ada beberapa alasan kenapa kedua industri tersebut disinyalir sebagai kedua jenis industri yang paling sering menggunakan. Pertama, nilai transaksi di kedua industri tersebut tentunya tidak terlalu tinggi, mengingat QRIS memiliki nilai batasan transaksi sebesar Rp10.000.000.

Biasanya, industri hiburan atau ritel tentunya terbatas dan tergantung dengan konsumsi dari masing-masing orang.

The Role of the Retail Industry on Economic Growth in Indonesia -
Industri ritel termasuk salah satu industri yang paling banyak menggunakan QRIS

Salah satu contoh nyata yang sudah disebutkan di atas adalah jual makanan dan minuman. Kedua hal tersebut memang sering dilihat karena banyak orang tentunya lebih sering menggunakan hal tersebut.

Selain kedua industri tersebut, ada industri e-commerce yang juga memiliki nilai yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan dua industri sebelumnya. Tentunya, hal ini membuat banyak orang melihat QRIS sebagai salah satu metode yang disukai banyak orang.

Salah satu hal yang paling menarik adalah, transaksi QRIS juga dimanfaatkan untuk pembelian skin untuk game. Hal ini disebabkan karena nilai transaksi yang cukup kecil kisaran Rp50.000 dan banyak orang tentunya merasa senang akan hal tersebut. 

Bisakah QRIS digunakan untuk transaksi bisnis?

Meski kode QRIS sering digunakan untuk pembelian makanan atau minuman di industri hiburan dan ritel, kode ini tentunya juga dapat digunakan untuk transaksi bisnis. Meski nilai transaksinya bisa sangat besar, kode ini tentunya bisa mempermudah transaksi yang ada.

Banyak orang tentunya bisa merasa senang saat melakukan transaksi terutama bagi para penjual yang melakukan transaksi bisnis dibawah Rp10.000.000. Mereka hanya tinggal memberikan gambar kode yang ada kepada customer mereka. Dengan begitu, mereka hanya tinggal menunggu hal tersebut.

Salah satu hal menarik yang perlu diketahui adalah gambar kode tersebut tentunya bisa disimpan oleh banyak orang, sehingga mereka tidak perlu melakukan hal itu lagi. Kamu mungkin bisa berpikir kalau kode transfer tentunya bisa disimpan oleh banyak orang.

Namun, ada kalanya mereka lupa akan kode tersebut sehingga, gambar tentunya bisa membantu orang untuk menggunakan hal tersebut. Tentunya, hal ini membuat banyak orang bisa memanfaatkan kode tersebut untuk melakukan pembayaran bisnis dengan mudah,

Terlebih, para pebisnis tentunya tidak memiliki waktu yang banyak, sehingga mereka lebih memilih transaksi yang praktis. Dengan kode ini, mereka tentunya bisa melakukan hal tersebut dengan cepat.

Baca juga: Manfaat qris untuk pelaku bisnis dan transaksi mereka

Cara membuat QRIS atau daftar QRIS

Jika kamu tertarik untuk memiliki kode QRIS, maka kamu perlu melakukan beberapa hal. Pertama, kamu harus masuk ke qris.id. Disini, kamu bisa melakukan pendaftaran langsung dengan meminta kode qris untuk bisnismu sendiri.

Caranyapun sangat mudah, karena kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada, karena hal ini sangat mudah. Setelah itu, kamu hanya tinggal melakukan pendaftaran dan menunggu kode tersebut kamu miliki. Tentunya, hal ini sangat-sangat mudah dan bisa dilakukan oleh berbagai jenis bisnis. 

Namun, ada cara lain yang dapat membantumu untuk mendapatkan kode QRIS lebih mudah. Salah satu caranya adalah dengan menjadi pengguna di Paper.id, karena kamu bisa memiliki kode QRIS mu sendiri. Cara ini sangat mudah dan tentunya dapat dilakukan oleh semua pebisnis.

Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan dirimu di link ini dan gratis lagi! Setelah itu, customer kamu bisa membayar invoice dengan kode QRIS khusus untuk kamu. Tentunya, cara ini sangat mudah.

Apalagi, kamu bisa membuat dan mengirim invoice kamu dengan gratis, sehingga cara ini tentunya sangat mudah dan bisa membuat kamu lebih untung, karena kamu bisa menyediakan berbagai macaam metode yang ada. Ayo lakukan sekarang dan rasakan keuntungannya!