Sejak diresmikan pada bulan Oktober 2021, meterai elektronik menjadi sebuah inovasi baru yang membantu banyak pebisnis. Para pebisnis tidak perlu repot-repot membeli meterai fisik di kantor pos atau toko terdekat, saat ini meterai bisa dibeli dengan cara online. 

e-Meterai merupakan salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. 

Meterai elektronik (e-meterai) merupakan meterai digital yang digunakan untuk memberikan kekuatan hukum kepada dokumen elektronik. e-Meterai memiliki kode unik yang dapat digunakan untuk memverifikasi keasliannya.

Namun saat ini masih banyak yang meragukan keasliannya, karena bisa saja dipalsukan lho. Oleh karena itu, pada kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengecek keaslian e-Meterai pada invoice.  Bagaimana caranya?

Baca Juga: Mengungkap Perbedaan Antara Meterai 10.000 dan E-Meterai

Melalui website Peruri.co.id

PERURI menyediakan website untuk membantu kamu dalam mengecek keaslian dari meterai elektronik yang dibubuhkan pada dokumen yang dikirimkan, terutama untuk invoice bisnis. Untuk itu, kamu bisa mengakses alamat website ini untuk mengecek keaslian meterai. Berikut langkah-langkah mengecek e-Meterai melalui website Peruri.co.id:

  • Kunjungi website Peruri di verification.peruri.co.id.
  • Klik tombol “Cek Keaslian Meterai”.
  • Unggah file PDF yang berisi e-meterai.
  • Klik tombol “Cek”.
  • Jika e-meterai asli, maka layar komputer Anda akan menampilkan data-data mengenai dokumen tersebut, seperti tanggal penandatanganan, nomor kode, dll. Seperti gambar dibawah ini.

Pastikan agar kamu menggunakan meterai elektronik yang asli ya, agar meningkatkan transaksi tetap aman dan bisa meningkatkan kepercayaan mitra bisnis kepada kamu.

Baca Juga: Cara Mudah Daftar & Beli E-Meterai untuk Kebutuhan Bisnis Kamu!

Menggunakan aplikasi Peruri Code Scanner

Sebagai penyedia resmi meterai elektronik, PERURI telah menyediakan dua cara ampuh untuk membantu para pebisnis dalam mengecek keaslian e-Meterai. Berikut cara mengecek e-Meterai melalui aplikasi Peruri code Scanner:

  • Unduh aplikasi Peruri Scanner di Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Pilih menu “Scan QR”.
  • Letakkan dokumen yang terdapat e-meterai di hadapan kamera ponsel.
  • Aplikasi akan secara otomatis mendeteksi QR code e-meterai.
  • Jika e-meterai asli, aplikasi akan menampilkan informasi berikut:
    • Nomor seri e-meterai
    • Tanggal dan jam pembelian e-meterai
    • Status e-meterai (aktif atau tidak aktif)
    • Jika e-meterai palsu, aplikasi akan menampilkan pesan “E-meterai tidak valid”.

Baca Juga: Apa itu e-Meterai?: Definisi, Ciri & Bentuk Meterai Elektronik

Mengecek e-Meterai elektronik dengan Acrobat Adobe Reader

Ternyata, mengecek keaslian meterai elektronik atau e-Meterai itu sangat mudah. Kamu tidak perlu menggunakan kaca pembesar untuk mengecek elemen-elemen e-Meterai yang ada.

Cukup gunakan aplikasi Acrobat Adobe Reader, maka kamu bisa langsung mengetahui keaslian dari meterainya. Caranya, bukalah invoice yang dikirimkan oleh rekan bisnis kamu. Pada acrobat reader, ada beberapa bagian yang terlihat pada bagian kiri seperti terlihat pada gambar.

Jika ada tulisan signed by meterai elektronik, bisa dipastikan kalau meterai tersebut asli. Jadi, kamu bisa melanjutkan transaksi dengan rekan bisnis dengan aman tanpa ada rasa khawatir.

Keaslian e-Meterai sekarang bisa dicek dimanapun dan kapanpun

Nah, semoga dengan kedua cara diatas dapat membantu kamu dalam mengecek keaslian e-Meterai tanpa ribet. Tapi biar gak ribet lagi, kamu bisa langsung menggunakan e-Meterai dengan lebih mudah lewat Paper.id!

Paper.id adalah platform invoice dan payment yang mempermudah proses tukar faktur. Untuk mendukung digitalisasi UMKM, Paper.id telah bermitra dengan PERURI untuk menyediakan e-Meterai.

Dengan begitu, para pengguna Paper.id dapat membubuhkan e-Meterai langsung di invoice. Selain itu, mereka juga dapat membuat, mengirim & melacak invoice secara digital. Mudah bukan?

Semua urusan invoice jadi lebih mudah dengan Paper.id. Yuk daftar sekarang karena GRATIS dengan klik tombol dibawah ini!

Paper.id menjadi platform penagihan & bisnis pertama yang bekerja sama dengan PERURI. Kamu bisa membubuhkan e-meterai langsung di Invoice hanya dalam 5 menit. Invoice langsung sah dan bisa langsung di kirim lewat Whatsapp/Email/SMS. Tidak perlu lagi repot-repot ke toko alat tulis untuk beli meterai dan membubuhkannya. Belum lagi harus di tempel dan di-scan yang memakan waktu berjam-jam. Jadi pakai Paper.id sekarang, karena gratis.

Alfian Dimas