Untuk membuat bisnis atau usaha Anda terus berjalan diperlukan penjualan yang baik, untuk itu diperlukan sales sebagai ujung tombak perusahaan Anda dalam strategi penjualan guna menghasilkan profit setiap bulan nya. 

Tidak mudah menemukan sales yang cakap dan handal, dikarenakan menjadi seorang sales yang baik dibutuhkan kemampuan yang baik, dan pengalaman lebih serta mental yang tangguh dalam bidang penjualan. 

Salah satunya yaitu sales canvasing. Sales kanvas merupakan salah satu aktivitas sales untuk melakukan contact dengan pelanggan atau calon pelanggan. Kontak bisa dilakukan melalui telepon, email ataupun melakukan kunjungan ke tempat pelanggan. Tujuan dari adanya sales canvasing yaitu untuk menghasilkan keuntungan dan profitabilitas, produktivitas bagi suatu perusahaan.

Baca juga: Fraudulent pada sales, bagaimana cara mengatasinya? 

Mengenal cara kerja sales canvasing dalam perusahaan

Salah satu proses atau cara kerja dari seorang sales kanvas yaitu melakukan penjualan secara langsung atau door to door dengan para konsumen dalam menjual produk atau barang yang dijual. Sales kanvas merupakan salah satu bagian juga dari distributor dalam melakukan pemasaran dan juga distribusi. Biasanya sales kanvas melakukan pemasaran menggunakan kendaraan bermotor atau kendaraan roda empat.  

Kanvas ini tentunya juga melakukan distribusi dan juga pemasaran dengan target yang lebih besar pula dibandingkan dengan sales biasanya. Selain itu keuntungan yang diperoleh jika Anda memiliki sales kanvas di perusahaan Anda yaitu untuk mempermudah distribusi dan pemasaran kepada konsumen di daerah pelosok atau daerah yang kurang mampu dijangkau oleh distributor. 

Untuk itu banyak juga perusahaan yang berinvestasi lebih dalam hal ini, mereka yang sadar akan pentingnya sales untuk perusahaan mencoba memberikan fasilitas-fasilitas penunjang dan bonus yang besar, hal ini semata-mata untuk mempertajam mata tombak perusahaan.

Ragam sales canvasing fraud dan cara mengatasinya

Akan tetapi tidak semua sales kanvas  dalam suatu perusahan dapat bekerja dengan baik dan selalu mematuhi peraturan perusahaan. Banyak juga didapati sales kanvas yang melakukan beberapa penyimpangan, dari yang kecil sampai besar.

Hal seperti ini mungkin Anda pernah temui bahkan Anda alami tidak hanya sekali dan membuat Anda emosi serta sulit percaya kepada sales-sales Anda. Untuk mewaspadai hal tersebut sebagai pelaku usaha Anda harus mengetahui seluk beluk dari penyimpangan yang biasa terjadi untuk mencegah kemungkinan yang tidak diinginkan di akan datang.

Berikut ini adalah sebagian dari penyimpangan yang sering terjadi dalam sales canvasing, diantaranya:

  • Pemecahan nota
  • Korupsi diskon pada barang
  • Outlet fiktif atau toko fiktif
  • Mark up listing fee
  • Penyelewengan pengiriman barang atau pendistribusian barang
  • Kunjungan fiktif pada customer atau pelanggan

Baca juga: Tips menghindari fraud yang rawan terjadi pada tim sales

Berikut adalah cara yang perlu diketahui untuk menghindari kecurangan dari sales kanvas seperti :

  • Melakukan rutinitas pengecekan konsumen dengan cara efektif call  untuk mengecek outlet yang dikunjungi oleh sales. 
  • Membuat pengklasifikasian kategori outlet untuk menentukan mana outlet aktif dan outlet pasif dengan berpatokan pada  seberapa sering outlet tersebut  membeli produk Anda. 
  • Menggunakan sistem yang baik dan sesuai untuk dapat melacak semua sales order yang dilakukan oleh Sales Anda.
  • Melakukan pencatatan dan melakukan rekap invoice untuk dicocokkan. 
  • Memperhitungkan cost yang harus dikeluarkan dalam operasional sehari hari apakah cost tersebut sesuai dengan penjualan yang didapatkan atau tidak.

Sales canvasing dapat berakibat buruk pada perusahaan Anda. Mereka dapat melakukan pemalsuan dan mengambil pembayaran dari pelanggan untuk keuntungan diri sendiri. Hal ini dapat memperburuk pendapatan Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan solusi tukar faktur terbaru dari Paper.id, PaperChain.

PaperChain adalah solusi untuk mengatasi masalah sales canvasing sekaligus meningkatkan transparansi antara Anda dan pelanggan Anda lewat riwayat perubahan invoice yang dapat terlacak secara baik. Dengan begitu, hubungan Anda dan pelanggan meningkat dan tidak akan ada lagi masalah fraud pada perusahaan. Klik disini untuk cari tahu lebih dalam tentang PaperChain dan efeknya pada bisnis Anda!