Invoice Financing, Solusi Aman Agar Usaha Tetap Berjalan

Setiap pelaku usaha mengalami banyak tantangan dalam menjalankan usaha. Salah satu tantangan yang sering membuat senewen adalah arus kas yang tersendat akibat pembayaran invoice yang terlambat. Masalah ini bisa diatasi dengan invoice financing.

Dengan invoice financing, bisnis akan tetap berjalan lancar tanpa harus kesulitan mengajukan pinjaman dana ke bank. Pemilik usaha dapat melakukan pembayaran operasional serta mengembangkan usaha dengan dana tersebut. Apa itu invoice financing dan bagaimana cara mengajukannya?

Definisi dan Cara Kerja Invoice Financing

Tak kenal maka tak sayang, ada baiknya Anda mengetahui apa itu invoice financing dan cara kerjanya. Invoice financing solusi dana usaha bagi UMKM dengan menggunakan invoice yang belum terbayar sebagai jaminan untuk mendapatkan dana bagi berbagai macam keperluan.

Cara ini dipandang sebagai cara yang efektif dalam mendapatkan dana agar arus kas usaha tetap berjalan lancar. Sembari menunggu pelanggan melunasi invoice yang belum dibayar, pemilik usaha dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai macam keperluan mulau dari kegiatan produksi, proyek lain atau pembayaran operasional mulai dari listrik, gaji karyawan dan sebagainya.

Baca juga: 3 tips mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan secara online

Cara kerja invoice financing terbilang sangat mudah. Invoice yang belum dibayar akan digunakan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman kepada pemberi pinjaman atau Lender. Setelah itu, pihak peminjam diminta untuk memenuhi sejumlah persyaratan mulai dari dokumen persyaratan (NPWP, SIUP, dan akta perusahaan), proses Analisa data, pengecekan invoice kepada pelanggan dari pihak peminjam/debitur.

Jika disetujui, pihak peminjam akan mendapatkan pencairan dana sebesar 70% – 80% dari total invoice debitur. Untuk proses pelunasan, saat pelanggan dari pihak peminjam melakukan pelunasan maka, pihak peminjam dapat melunasi invoice financing dengan bunga berkisar 1% – 2% per bulan.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Invoice Financing?

Seketika, muncul pertanyaan dalam benak Anda, kenapa invoice financing? Bukankah ada fasilitas pinjaman dana lainnya? Berikut 3 alasan kenapa Anda perlu menggunakan invoice financing.

  1. Proses pencairannya cepat

    Pembayaran invoice dari klien seringkali memakan waktu yang lama, padahal Anda membutuhkan dana secepatnya untuk keperluan operasional usaha. Karena itu, Invoice Financing menjadi solusi cepat untuk mendapatkan dana usaha dengan aman dan tepat. Umumnya, proses pencairan hanya memakan waktu hitungan hari sehingga, kebutuhan operasional usaha dapat tertutupi dengan cepat.

  2. Pengajuan pinjaman yang mudah

    Tidak seperti pinjaman bank, pengajuan pinjaman invoice financing cenderung lebih mudah karena menerapkan syarat tanpa agunan dan invoice dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan dana dari pihak pemberi dana pinjaman. Namun, setiap pelaku usaha dianjurkan untuk hati-hati dalam mengajukan pinjaman dan memilih penyedia invoice financing yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  3. Arus kas usaha berjalan lancar

    Fasilitas invoice financing memberikan pinjaman dana kepada pelaku usaha untuk memastikan arus kas tetap berjalan lancar. Dengan proses yang cepat dan tidak ribet, hal ini menjadi pilihan alternative bagi pelaku usaha yang membutuhkan dana yang cepat tapi aman dan transparan.

Baca juga: Pinjaman modal usaha dan manfaatnya

Pinjaman Dana Aman dan Transparan Dengan Paper Finance Solution

Paper Finance Solution (PFS) merupakan solusi modal usaha UMKM dari Paper.id yang berbasis invoice. Dengan persyaratan yang mudah dan transparan, para pelaku usaha bisa mengajukan pinjaman dengan mudah dan tidak ribet. Kenapa Anda harus mengajukan pinjaman di PFS?

  1. Tercatat di OJK

    Paper Finance Solution telah tercatat di OJK sehingga, PFS menjadi aggregator pinjaman yang dapat dipercaya dan aman.

  2. Bebas memilih lembaga keuangan sesuai kebutuhan

    Paper.id bekerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan terpercaya mulai dari Modalku, Investree, Alami dan KoinWorks. Anda bebas memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

  3. Proses yang tidak ribet dan pencairan yang cepat

    Persyaratan yang aman dan transparan memastikan debitur dapat mendapatkan dana dengan memenuhi persyaratan yang penting dengan waktu pencairan yang cepat (5 hari kerja*)
    *Terhitung sejak dokumen diterima

  4. Tersedia dalam beberapa pilihan

    PFS menyediakan 2 pilihan dana untuk saat ini yakni, Invoice Financing dan Kredit Modal Kerja. Jadi, Anda bebas memilih untuk kebutuhan Anda.

Segala kemudahan tersebut bisa Anda lakukan lewat aplikasi Paper.id (PC/Smartphone) atau  daftarkan diri Anda dulu jika Anda belum menjadi user Paper.id lewat link dibawah ini!

 

 

(Visited 1.679 times, 2 visits today)