Cara Pengajuan Invoice Financing Yang Mudah Untuk Perusahaan Besar

Saat ini hampir sebagian besar Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia bertransaksi secara Business-to-Business (B2B), yang dalam proses transaksinya akan ada invoice sebagai bentuk penagihan pembayaran atas barang atau jasa yang telah diberikan.

Akan tetapi salah satu kendala dari para pengusaha maupun pebisnis adalah menunggu pembayaran dari invoice ini. Keterlambatan waktu pembayaran dari customer tentu akan berdampak pada kondisi cash flow perusahaan yang akan berdampak juga pada operasional kerja.

Dana pembayaran dari customer yang seharusnya dapat Anda gunakan sebagai modal kerja untuk mengembangkan usaha berakhir tidak dapat dilakukan karena keterlambatan pembayaran tersebut.

Baca juga: 4 tips untuk memilih invoice financing untuk bisnis Anda

Jika hal ini tidak dicegah, maka hubungan antara operasional kerja dan ketersediaan dana yang tidak memadai akan menghasilkan ketimpangan pada usaha, sehingga Anda tidak dapat melakukan pekerjaan secara maksimal. Solusi yang dapat dilakukan olehmu dalam mencegah ketersediaan dana adalah dengan pembiayaan jangka pendek melalui pembiayaan piutang atau yang biasa disebut dengan invoice financing.

Apa itu invoice financing?

Invoice financing merupakan solusi pendanaan yang tepat khususnya untuk UMK dan UMKM dengan menggunakan invoice yang belum dibayar sebagai jaminan untuk mendapatkan dana yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Sambil menunggu pelanggan melunasi tagihan yang belum terbayar, pemilik usaha dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai keperluan, mulai dari kegiatan produksi, proyek lain atau pembayaran usaha (termasuk tagihan listrik, gaji karyawan, dll).

Skema invoice financing Indonesia cukup sangat sederhana. Untuk melakukan invoice financing, Anda bisa memanfaatkan invoice yang belum terbayar sebagai jaminan untuk mendapatkan dana. Invoice pelanggan tersebut akan berguna sebagai jaminan saat melakukan pengajuan pinjaman dana kepada pemberi pinjaman (Lender). Namun, setiap pelaku usaha disarankan untuk ekstra hati-hati saat mengajukan pinjaman dan memilih penyedia invoice financing Indonesia, sebaiknya pilihlah penyedia jasa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Manfaat invoice financing

Invoice financing selain memudahkan dalam proses pekerjaan dapat berjalan dengan lancar tanpa terhalangi dana, juga memberikan manfaat lainnya, seperti:

  • Memperlancar arus kas dengan cepat.
  • Menjadi sumber pinjaman yang lebih mudah untuk didapatkan karena pemberi pinjaman akan lebih mudah percaya pada sejumlah piutang yang Anda miliki.
  • Mempermudah proses penagihan sebab semua hal ini akan dilakukan oleh pemberi pinjaman. Anda tidak perlu repot untuk menghubungi pihak pelanggan agar melunasi hutangnya.
  • Menunjukkan eksistensi dan keseriusan perusahaan dalam mengurus masalah piutang tersebut sehingga pelanggan lebih tanggap dan memberi respons yang baik atas kewajibannya tersebut.

Dengan adanya invoice financing Indonesia, usaha atau bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan baik dan arus keuangannya juga bisa lancar karena Anda bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman usaha. Berbagai benefit yang akan didapatkan perusahaan mu dari Invoice Financing adalah:

  • Penarikan dana bersifat flexible
  • Proses pencairan dana cepat (maksimal 3 hari)
  • Membantu mengatur cash flow perusahaan
  • Tidak ada agunan berupa aset tetap, hanya Invoice piutang

Baca juga: Cara atasi arus kas yang macet dengan invoice financing

Kapan saya membutuhkan invoice financing?

Secara simpel, invoice financing Indonesia menjadi solusi yang tepat bagi para pebisnis yang membutuhkan pencairan lebih cepat. Biasanya, hal ini terjadi saat klien mereka membayar telat, padahal mereka membutuhkan dana segar untuk keperluan operasional mereka.

Sayangnya, mereka tidak dapat memaksa klien mereka untuk segera membayar karena bisa merusak hubungan bisnis. Di sisi lain, pinjam ke bank juga bukan solusi yang tepat karena membutuhkan waktu yang lama.

Untuk mendapatkan pembayaran lebih cepat dalam waktu yang singkat, Anda bisa mengandalkan invoice financing dari Paper.id, apa saja kegunaannya?
Anda cukup membuat & mengirim invoice dari Paper.id serta melengkapi persyaratan yang ada, maka invoice Anda bisa cair dengan cepat.
Selain itu, ada fitur reminder yang dapat mengingatkan klien Anda secara langsung, sehingga Anda tidak perlu ribet-ribet melakukannya.

Silakan klik link disini untuk cari tahu lebih lanjut mengenai bagaimana invoice financing Paper.id dapat membantu bisnis Anda!

(Visited 93 times, 1 visits today)