Procurement berperan penting dalam menaikkan profitabilitas perusahaan melalui penyediaan barang dan jasa sesuai kebutuhan. Dengan penyediaan yang tepat, perusahaan dapat memenangkan persaingan bisnis. Untuk mencapai hal tersebut, strategi yang baik dibutuhkan untuk menekan anggaran dan mendapatkan barang berkualitas dalam periode waktu yang diharapkan.

Sebelum berpindah ke bagian isi artikel, sudahkah Anda membaca Ultimate Guide procurement yang lainnya? Ultimate Guide Procurement merupakan topik terbaru dari Paper.id yang mengulas seputar hal-hal dalam bisnis dan terbagi menjadi beberapa artikel. Jika belum, Anda bisa langsung mengunjunginya lewat tabel konten dibawah ini. 

  1. Part 1 :  Apa Itu Procurement 
  2. Part 2 : Langkah-langkah Procurement 
  3. Part 3 : Masalah-Masalah dalam Procurement dan Cara Mengatasinya
  4. Part 4 : KPI Procurement
  5. Part 5 : E Procurement, metode pengadaan di masa depan
  6. Finale : Tips-Tips Agar Procurement Berjalan Lancar – Anda disini

Dalam Procurement, Anda harus memperhatikan 5 faktor berikut untuk memastikan keberhasilan pengadaan barang di perusahaan.

  1. Menghemat biaya

    Meski sulit untuk mengontrol besaran dana yang harus dikeluarkan, ada 2 tips yang perlu lakukan untuk memastikan procurement Anda berhasil yakni, kerjasama internal yang baik serta pemanfaatan teknologi seperti software untuk mendapatkan hasil kerja yang transparan, praktis dan mudah.

  2. Analisis terhadap pasar

    Analisis yang mendalam dibutuhkan untuk melihat keadaan pasar. Pemilihan supplier yang tepat serta harga pasaran yang sedang berlaku menjadi 2 hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini membantu perusahaan dalam membuat keputusan terutama persiapan anggaran serta memilih supplier terbaik.

  3. Meningkatkan kualitas kinerja staf

    Sebagai agen dari procurement, departemen pengadaan memegang peranan penting dari awal hingga akhir. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan performa karyawan seperti:

    1. Pemberian apresiasi berupa hadiah bagi karyawan yang berpengaruh
    2. Program pelatihan untuk melatih karyawan dengan departemen atau divisi lain untuk meningkatkan kekompakan.
  4. Sistem inventory management yang telah tersentralisasi

    Untuk menghindari masalah pengelolaan barang yang tidak diinginkan, Anda harus memiliki sistem inventory management yang telah tersentralisasi dalam satu wadah agar pengelolaannya lebih mudah untuk mengatasi 5 hal berikut:

    1. Konfirmasi tanda terima pesanan
    2. mengecek kualitas konsinyasi
    3. Memastikan jumlah barang yang diterima telah sesuai
    4. Pengiriman konsinyasi sesuai dengan tujuan
    5. verifikasi dokumen
  5. Menggunakan teknologi sebagai penunjang kerja

    Teknologi berperan penting dalam kemajuan sebuah perusahaan. Dalam hal procurement, keberadaan teknologi mampu membantu perusahaan dalam beberapa manfaat berikut:

    1. Hemat waktu
    2. Transparansi bisnis
    3. Memangkas biaya

Hal ini sangat penting terutama bagi UMKM. Dengan begitu, mereka tetap bisa menjalankan procurement dengan lebih praktis tanpa harus mengeluarkan anggaran yang super besar. Setiap UMKM perlu memberlakukan sistem e-procurement untuk melakukan sejumlah hal seperti 3 way matching, quality and price control.

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan Paket Jet dari Paper.id. Dengan dokumen surat jalan, Anda bisa mengecek kondisi serta jumlah barang secara real-time tanpa harus ke gudang. Fitur inventarisnya juga telah terintegrasi dengan fitur invoice dan arus kas, jadi informasi akan di-update secara real-time. dan membuat Anda jadi lebih mudah. Cek disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Paket Jet.

google_play_customer_io

(Visited 258 times, 1 visits today)