Cara Perencanaan Toko Sembako Yang Solid Agar Untung Mengalir

Toko sembako merupakan toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Sembilan bahan pokok atau yang lebih dikenal dengan sembako, merupakan jenis usaha yang dibutuhkan siapapun. Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk membangun sebuah usaha, membuat toko sembako atau toko kelontong bisa menjadi pilihan usaha yang tepat.

Kebutuhan masyarakat akan toko sembako yang menjual barang kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan dekat dengan lingkungan tempat tinggal adalah alasan mengapa toko sembako masih menjadi usaha yang menjanjikan dan banyak diminati bahkan tak pernah mati. Sebagian pebisnis terkadang memandang sebelah mata terhadap bisnis ini. Namun, pada kenyataannya bisnis yang terkesan sepele ini tak boleh diremehkan. Jika dikelola dengan benar, usaha ini dapat memberikan keuntungan yang sangat besar.

Bagi Anda yang ingin membuka toko sembako saat ini, mari simak beberapa tips agar usaha Anda berjalan dengan baik dan memiliki penghasilan berlimpah.

Baca juga: A-Z tentang bisnis retail yang perlu Anda ketahui

Modal Usaha

Untuk mendirikan atau menjalankan suatu usaha diperlukan sejumlah modal dan tenaga (keahlian). Modal diperlukan untuk membiayai segala keperluan usaha sampai dengan modal kerja. Sementara itu, modal keahlian adalah keahlian dan kemampuan seseorang untuk mengelola atau menjalankan usaha tersebut.

Dalam membuka usaha toko sembako hitunglah modal dengan bijaksana. Perkirakan setiap biaya yang harus dikeluarkan baik itu untuk membeli pasokan produk yang hendak dijual, perlengkapan pendukung, biaya sewa tempat, hingga biaya karyawan jika diperlukan.

Melakukan survei untuk mengetahui harga pasar

Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat para pebisnis semakin mudah dalam memantau segala hal, khususnya dapat memantau harga barang melalui marketplace atau toko online untuk mencocokkan harga pada usaha bisnis mereka. Dalam menjalankan bisnis toko sembako memang sangatlah penting untuk melakukan riset terhadap harga jual.

Riset dilakukan agar toko yang ingin Anda bangun mendapatkan keuntungan yang melimpah. Anda harus memastikan bahwa harga jual yang Anda berikan tidak terpaut jauh dengan harga jual pesaing Anda. Jangan sampai tojo sembako Anda menjual barang dengan harga yang terlalu murah atau terlalu mahal, sebab keduanya akan mengakibatkan kerugian pada toko sembako Anda.

Mencari letak yang strategis

Sebagai calon pengusaha, Anda harus jeli dalam memilih tempat usaha yang pas dan tepat untuk toko sembako Anda. Penentuan usaha yang baik, harus mengikuti keberadaan target pasarnya. Untuk usaha toko kelontong, ada baiknya jika Anda membuka usaha di lingkungan padat penduduk.

Sehingga, mereka bisa menjangkau toko tersebut dengan mudah. Alangkah lebih baik, jika usaha ini dibuka di depan rumah sendiri. Ini akan menghemat biaya sewa toko Anda, ketimbang harus menyewa tempat kosong yang harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi.

Melengkapi produk yang Ingin dipasarkan

Kelengkapan suatu produk yang akan dijual di toko, merupakan salah satu pertimbangan pembeli untuk lebih memilih membeli sembako di toko Anda. Lengkapi toko Anda dengan menyediakan beberapa variasi produk sembako yang banyak dicari oleh pembeli, karena dengan melengkapi toko sembako Anda akan membuat pelanggan untuk lebih tertarik dan memilih berbelanja di toko sembako Anda.

Penataan ruang untuk toko sembako

Maksimalkan penataan ruang yang ada. Bagaimanapun, orang-orang akan lebih tertarik untuk masuk ke toko sembako yang tersusun rapi (walaupun kecil) daripada yang tidak tersusun rapi atau terkesan asal-asalan.

Penataan ruang toko yang rapi juga akan memudahkan Anda dalam menemukan barang yang diinginkan atau dicari pembeli. Pisahkan barang-barang sesuai dengan kelompoknya. Jangan mencampurkan antara bahan makanan dengan sabun. Selain itu pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan toko sembako milik Anda.

Baca juga: Geliat toko kelontong dan cara bertahan di tengah pandemi

Melakukan Pembukuan

Bagi para pebisnis, hal yang sering diabaikan dalam memulai bisnis adalah sebuah pembukuan. Maka tidak heran permasalahan yang terjadi saat ini banyak bisnis kecil yang gulung tikar karena belum menyadari pentingnya pembukuan. Karena jika bisnis toko sembako Anda sudah menerapkan sistem pembukuan, maka Anda dapat dengan mudah memantau pengeluaran dan pemasukan toko Anda serta mempermudah Anda dalam menghitung laba dan mengetahui stok barang dagangan Anda.

Mencari pemasok bahan pokok terpercaya

Menemukan supplier mungkin mudah, tapi menemukan yang terpercaya belum tentu semudah kedengarannya. Supplier ini nantinya akan menjadi pihak yang memasok bahan baku bagi toko sembako Anda. Pemasok yang tepat dan sesuai akan mempengaruhi perkembangan toko Anda menjadi semakin baik dan berkembang. Sebaliknya jika pemasok yang Anda dapatkan tidak baik atau sesuai maka akan dapat menimbulkan kerugian bagi toko Anda.

(Visited 68 times, 1 visits today)