Cara Jualan Online dan Tipe-Tipe Bisnis Yang Patut Dicoba Di 2022

Mengetahui cara jualan online bisa menjadi cara terbaik untuk menjual produk-produkmu. Hal ini bisa dicapai dengan mendirikan toko online. Ini memungkinkan kamu untuk beroperasi tanpa perlu memiliki toko fisik dan memberi pelanggan kamu lebih banyak fleksibilitas karena mereka dapat membeli produk kamu kapan saja mereka inginkan.

Selain itu penjualan online juga dapat memperluas atau menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun, kegembiraan ini dapat segera digantikan dengan kewalahan jika kamu tidak memiliki proses atau strategi yang tepat dalam pelaksanaannya. Banyak pertimbangan dan penelitian yang harus dilakukan jika ingin belajar cara jualan online.

Baca juga: Bingung mencari supplier online yang pas, simak tips – tipsnya disini

Manfaat berbisnis online

Di era modern saat ini, internet telah mengubah banyak hal, khususnya dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha, jika dahulu membuka suatu usaha harus memerlukan modal yang cukup besar untuk membeli atau menyewa tempat, sekarang ini hal tersebut tidak lagi diperlukan karena adanya bisnis online yang di fasilitasi dengan internet. Hal ini dikarenakan bisnis online relatif mudah untuk dilakukan dan tanpa biaya di muka seperti tuntutan bisnis lainnya.

Berikut ini merupakan keuntungan dari bisnis online yang harus kamu ketahui antara lain:
Akses global, 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu

  • Fleksibilitas
  • Penghematan biaya
  • Pengiriman produk lebih cepat
  • Mengurangi limbah kertas
  • Peluang untuk memperluas bisnis

Perbedaan antara bisnis online dan jualan online

Perbedaan mendasar antara bisnis online dan jualan online yaitu jika pada pebisnis online fokus utamanya pada usaha dalam membangun sistem berdagang dengan stkamur operasional, pembagian tugas yang jelas serta merekrut pekerja yang sesuai dan tepat.

Berbeda halnya dengan penjual online yang hanya fokus pada bagaimana cara berdagang untuk kelangsungan penjualan sehari-hari dengan fokus utama atau target utama mereka yaitu mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya agar dapat memutar penghasilan menjadi modal berjualan.

Selain itu yang menjadi perbedaan lain dikarenakan pebisnis online memiliki tujuan agar usaha yang mereka jalankan memiliki manfaat bagi orang lain dan dapat melibatkan masyarakat sekitar untuk aktif dalam pengembangan produk atau barang yang dijual.

Dapat disimpulkan bahwa pebisnis online cenderung menghasilkan dan memasarkan produk buatan mereka sendiri. Sedangkan di sisi lain pada penjual online biasanya mereka terbiasa menjalankan usaha dropship atau menjadi reseller dengan cara mengambil produk atau layanan tertentu dari supplier, dan tak sedikit penjual yang memulai usahanya tanpa modal.

Cara jualan online terbagi kedalam dua cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan cara dropship atau menjadi reseller.

Sistem dropship

Sistem dropship merupakan cara jualan online yang dilakukan oleh penjual atau yang disebut dropshipper dengan hanya perlu memasarkan atau menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu dan menyetok barang jualan.

Pada cara jualan online ini, penjual atau dropshipper hanya perlu menunggu pelanggan yang membeli produk atau barang kemudian saat pembayaran telah diterima oleh dropshipper maka tugas selanjutnya dropshipper hanya memesankan barang pesanan pelanggan ke supplier atau pemasok untuk segera dikirimkan.

Agar pembayaran ke supplier lebih mudah, kamu bisa menggunakan PaperPay Out dari Paper.id. Dengan fitur ini, kamu bisa memilih berbagai metode pembayaran dari OVO, Tokopedia, GoTagihan bahkan hingga kartu kredit! Supplier tidak perlu menyediakan mesin EDC atau pilihannya. Selain itu, dana pembayaran akan ditransfer ke rekening supplier seperti transferan biasa. PaperPay Out ini gratis dan aman, yuk gunakan PaperPay Out untuk mempermudah transaksi bisnis kamu! Daftar gratis dengan klik tombol dibawah ini!

Bisnis yang mengadopsi strategi dropshipping tidak perlu menginvestasikan modal dalam memperoleh persediaan atau menetapkan lokasi untuk menyimpannya. Mereka juga tidak perlu menghabiskan waktu mengatur inventaris mereka atau mempekerjakan staf untuk memenuhi pesanan.

Pengecer dropshipping dapat melakukan penskalaan dengan cepat karena pemenuhan pesanan tidak bergantung pada ukuran lokasi fisik atau jumlah pekerja yang dibutuhkan untuk mengirimkan pesanan. Oleh karena itu, dropshipping dapat sangat menguntungkan pengecer yang mengalami penjualan berfluktuasi karena faktor musiman atau alasan lainnya.

Manajemen inventaris yang lebih rendah

Dropshipping membuka lebih banyak peluang produk. Pengecer dapat menawarkan berbagai macam produk dengan dropshipping, yang berarti bisnis kecil, yang jika tidak dapat menawarkan begitu banyak pilihan tanpa penyimpanan, dapat menjual pilihan yang luas.

Dropshipping membawa fleksibilitas ke banyak aspek bisnis ritel. Sebuah merek dapat beroperasi dari mana saja, menawarkan berbagai jenis produk, dan mengubah penawarannya dengan mudah jika preferensi pasar berubah.

Sistem reseller

Reseller merupakan bisnis yang membeli produk dari produsen dan menjualnya ke pengguna akhir baik secara online atau melalui saluran langsung atau offline. Reseller berbeda dengan dropshipping yang tidak perlu stok barang dan inventarisasi, pada reseller mewajibkan kamu harus membeli sejumlah barang dari supplier untuk stok, termasuk melakukan inventarisasi secara cermat dan melakukan penyimpanan barang.

Berikut ini merupakan keuntungan dari sistem dropship antara lain seperti mendapatkan keuntungan yang lebih besar, lebih leluasa melakukan ekspansi bisnis, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.

Seperti halnya menambah jumlah stok barang yang diminati oleh pelanggan untuk mendongkrak penjualan, merambah pasar berbeda untuk mendapatkan konsumen baru serta membuka peluang bisnis yang lebih besar.

Jika kamu telah mengetahui sistem reseller dan dropship, maka berikut ini adalah kiat-kiat cara jualan online yang penting untuk kamu ketahui.

Kenali nilai jual produk kamu

Sebagai pemilik bisnis tentunya kamu harus mengenali nilai jual produk yang akan kamu tawarkan kepada konsumen atau pelanggan kamu, baik dari segi harga, kualitas, dan kelebihan yang dimiliki oleh produk kamu. Dengan mengetahui nilai jual produk kamu, maka dengan mudah kamu dapat mengetahui dan memahami kebutuhan konsumen dan tentunya akan meningkatkan penjualan online kamu.

Membuat website sebagai cara jualan online terbaik

Banyak pemilik bisnis yang menganggap tidak memerlukan membuat website atau toko online sendiri karena banyaknya platform marketplace yang telah menyediakan tempat untuk berjualan online.

Namun perlu diketahui bahwa menjual barang di marketplace tersebut tidak membuat nama toko online kamu dikenal oleh pelanggan. Umumnya pelanggan hanya akan mengingat platform tersebut, bukan brand usaha kamu. Oleh karena itu kamu perlu membangun website toko online sendiri untuk meningkatkan brand awareness atas bisnis kamu.

Baca juga: Keuntungan menggunakan pembayaran non tunai untuk kelancaran bisnis Anda

Maksimalkan content marketing

Content marketing merupakan suatu teknik promosi yang tidak kalah penting sebagai salah satu cara jualan online, dimana prosesnya berfokus pada pembuatan konten yang menarik dan dapat dimengerti oleh pelanggan, bermanfaat serta tentunya dapat menarik pelanggan dalam jangka panjang.

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan konten yaitu isi konten harus informatif, karena semakin informatif dan menarik isi dari konten maka semakin besar juga kemungkinan untuk ditemukan oleh konsumen.

Pasarkan produk kamu di media sosial

Media sosial merupakan satu hal yang sangat berkaitan erat dengan sistem jualan online, hampir semua pebisnis online menggunakan media sosial untuk wadah mereka berjualan online. Oleh karena itu pastikan kamu untuk memanfaatkan sosial media dengan baik, benar dan tepat, maka media sosial ini bisa menjadi cara terbaik dalam mengembangkan usaha kamu. Adapun media sosial yang dapat kamu manfaatkan untuk berjualan online seperti Youtube, WhatsApp Business, Instagram, Facebook, Tiktok, dan lain sebagainya.

(Visited 79 times, 1 visits today)