Pemasok atau supplier online dalam bisnis adalah seseorang yang bertindak sebagai perantara antara produsen dan pengecer, memastikan bahwa stok memiliki kualitas yang memadai. Dalam bisnis, menemukan pemasok atau supplier yang tepat sangat penting untuk membangun bisnis yang sukses. 

Pemasok yang tepat adalah penghubung penting dalam rantai operasi bisnis Anda, mereka akan menyediakan barang atau jasa dengan harga yang paling sesuai dan dalam kerangka waktu yang tepat untuk kebutuhan spesifik bisnis Anda.

Baca juga: Keuntungan menggunakan pembayaran non tunai untuk kelancara bisnis Anda

Berikut ini merupakan cara dalam menemukan pemasok atau supplier online yang tepat untuk bisnis Anda.

Kriteria dalam menentukan supplier yang pas untuk bisnis Anda

Buat daftar kriteria pemilihan pemasok yang harus dipenuhi perusahaan untuk dapat menyediakan barang yang Anda butuhkan. Ini dapat mencakup masalah seperti:

  • Waktu tunggu dari penerimaan pesanan Anda hingga pengiriman
  • Jumlah pesanan minimum dan maksimum
  • Fasilitas penyimpanan dan penanganan
  • Metode pengiriman khusus
  • Proses jaminan kualitas
  • Syarat dan ketentuan pembayaran
  • Kebijakan pengembalian
  • Referensi yang dapat dihubungi

Menetapkan kriteria sebelumnya akan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi pemasok potensial pada setiap item yang terdaftar dan memastikan bahwa Anda tidak mengabaikan persyaratan penting apa pun.

Temukan pemasok atau supplier online

Online adalah cara terbaik untuk menemukan supplier online seperti produsen dan grosir. Dengan mengetikkan kata kunci yang tepat, maka beragam informasi yang Anda butuhkan akan Anda dapatkan. 

Selain itu menghadiri acara dan pameran industri adalah cara lain yang baik untuk menemukan supplier online dan memeriksa produk dan layanan mereka. Anda juga dapat menggunakan jaringan Anda untuk menemukan pemasok atau basis data industri dan situs web asosiasi untuk menemukan daftar pemasok. 

Setelah Anda memiliki daftar pemasok potensial, mintalah penawaran tertulis dari mereka dan, jika perlu, contoh barang yang Anda butuhkan. Anda kemudian dapat membandingkan layanan mereka untuk melihat pemasok mana yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Melihat akun sosial media milik supplier

Sekarang ini hampir setiap supplier telah memiliki akun media sosial. Anda dapat mengunjungi akun media sosial tersebut dan memberitahukan keinginan Anda kepada admin akun tersebut. Selanjutnya admin akan membalas pesan Anda dengan memberikan informasi penting yang Anda butuhkan terutama tentang syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi dan disetujui oleh setiap toko online yang ingin membeli barang dari mereka. 

Kualitas dalam penyajian layanan

Keandalan harus menjadi pertimbangan utama lainnya untuk memilih pemasok. Supplier online yang andal mengirimkan barang atau jasa yang tepat waktu, seperti yang dijelaskan. Pemasok besar umumnya dapat diandalkan karena mereka memiliki sumber daya dan sistem yang cukup baik untuk memastikan mereka tetap dapat mengirimkan barang jika terjadi kesalahan. 

Baca juga: Jenis-jenis transfer yang sering digunakan dalam transaksi bisnis

Memantau kinerja pemasok

Bahkan pemasok yang paling dapat diandalkan kadang-kadang bisa tergelincir. Pastikan Anda melakukan tinjauan kinerja secara teratur. Ini akan membantu Anda mengawasi pekerjaan mereka dan memastikan mereka memenuhi akhir perjanjian mereka. 

Dengan berhasil memilih pemasok yang dapat mendukung kebutuhan bisnis Anda dengan mengirimkan barang dan jasa sesuai yang Anda butuhkan dengan tepat waktu dan sesuai anggaran, tentunya akan membantu Anda meningkatkan produktivitas dan memastikan Anda menghasilkan barang atau jasa yang berkualitas.

Selain itu, gunakan PaperPay Out sebagai alat untuk membayar supplier Anda. Fitur dari Paper.id ini dapat membantu Anda membayar supplier dengan beragam pilihan mulai dari kartu kredit, Tokopedia, GoTagihan, OVO, transfer beda bank, dan lainnya.

Yang lebih hebat lagi, supplier tidak harus menyediakan pilihannya! Jadi Anda bebas memilih metode yang Anda inginkan. Gunakan sekarang dan klik dibawah untuk mendaftarkan diri secara GRATIS!