Mengenal Term of Payment, Bagian Penting Dalam Transaksi B2B

Dalam dunia bisnis, istilah term of payment tentunya sudah tidak asing lagi untuk didengar terutama bagi pelaku bisnis. Terlebih lagi bagi pelaku usaha yang mempunyai usaha dalam skala besar dan sering melakukan transaksi dengan nominal besar, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Term of payment ini diterbitkan oleh penjual atau supplier sebagai syarat dalam memberikan ketentuan serta cara pembayaran kepada pihak pembeli. Dengan kata lain term of payment juga dapat dikatakan sebagai term of payment. Secara umum aturan tersebut berisi tentang cara pembayaran dan waktu pembayaran yang harus dilakukan. Oleh karena itu, tidak heran jika sering muncul pertanyaan seperti kapan waktu paling lama pembayaran bisa ditunda pada istilah ini.

Baca juga: Cara terbaik mengukur utang jangka pendek bagi perusahaan

Net d day atau n/30,n/45, n/60, dan n/90 adalah jumlah hari jatuh tempo pada faktur terhitung dari tanggal faktur diterbitkan. Net d Days adalah istilah yang digunakan saat pembeli melakukan pembayaran secara penuh pada hari barang tersebut akan diterima.

Sebagai contoh, jika net 30 days, maka itu artinya pembeli harus menyelesaikan pembayaran secara penuh dalam kurun waktu 30 hari atau secara sederhana istilah net 30 menunjukan faktur akan jatuh tempo dalam 30 hari. Net 60 menunjukan bahwa faktur akan jatuh tempo dalam 60 hari dan seterusnya. Tanggal jatuh tempo pada faktur dapat bervariasi menurut perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin menghitung tanggal faktur dari tanggal pengiriman surat atau tanggal penerimaan e-mail.

Berikut ini merupakan keuntungan yang diperoleh ketika perusahaan anda menerapkan sistem net d day:

Penjualan yang dihasilkan lebih banyak

Dengan adanya persyaratan pembayaran akan memungkinkan pelanggan untuk membeli barang dalam jumlah yang cukup besar dan secara tidak langsung hal ini akan meningkatkan penjualan para pelaku usaha. Karena dengan adanya syarat pembayaran ini konsumen atau pelanggan dapat berbelanja secara kredit sesuai dengan syarat yang telah disepakati. Khusus nya pada term of payment net d day yang ditujukan untuk mempercepat penerimaan pembayaran yang disebabkan pembelian yang secara kredit.

Kontrol arus kas

Pemberlakuan net d day dalam term of payment akan memudahkan para pelaku usaha dalam mengontrol arus kas, hal ini dikarenakan pada syarat pembayaran net d day atau n/30 masa pemberian tenggang waktu jatuh tempo pembayaran tidak terlalu lama dibandingkan dengan jenis syarat pembayaran lainnya. Dengan demikian akan membuat putaran arus kas akan lebih stabil. Karena semakin cepat jangka waktu term of payment maka semakin cepat pula pembayaran dilakukan.

Membangun loyalitas pelanggan

Keuntungan lain yang diperoleh dalam menentukan jenis syarat pembayaran yaitu akan membangun rasa loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Hal ini karena pelanggan mendapatkan keringanan berupa tenggang waktu pembayaran yang membuat mereka merasa diuntungkan. Karena tidak perlu membayar secara tunai. Tentu saja hal tersebut juga harus diiringi dengan kualitas produk yang baik, harga yang terjangkau, dan pelayanan yang memuaskan. Jika semua hal tersebut dapat dibangun maka pelanggan Anda akan loyal terhadap Anda.

Baca juga: Cara mengatasi arus kas yang macet dengan pendanaan usaha

Dalam proses transaksi jual beli baik barang maupun jasa syarat pembayaran dibuat sebagai jaminan untuk penjual atas barang yang dijualnya, sehingga penjual dapat memperkirakan kapan akan menerima pembayaran atas penjualannya. .Sedangkan bagi pembeli syarat pembayaran sebagai pengingat untuk membayar tagihannya, karena dengan adanya syarat pembayaran para pelanggan dapat memperoleh keuntungan seperti tenggang waktu untuk membayar dan potongan harga apabila membayar lebih cepat.

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, dalam mengelola proses transaksi dan pembayaran para pelaku usaha sudah tidak perlu repot lagi dan menghabiskan banyak waktu dan tenaga tim AR perusahaan. Gunakanlah software akuntansi yang terpercaya untuk solusi pembayaran perusahaan Anda. Baik dari mulai proses transaksi, penentuan term of payment, sampai pelunasan atau pemrosesan pembayaran atau tagihan.

(Visited 30 times, 1 visits today)