Kehadiran internet telah membuka banyak peluang bagi calon wirausahawan untuk meluncurkan bisnis online mereka sendiri. Dengan trend pasar dan industri yang terus berkembang, ada banyak kemungkinan untuk kamu jelajahi di tahun 2024 mendatang.

Bahkan berdasarkan data dari Statista, di tahun 2021 saja bisnis online berhasil meraih 19% dari keseluruhan penjualan ritel di seluruh dunia. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat hingga seperempat penjualan ritel global di tahun 2026.

Nah, artikel ini akan membahas beberapa peluang bisnis online yang berpotensi “melejit” di tahun 2024, dan tentu bisa kamu coba. Simak pembahasannya hingga selesai ya!

Baca Juga: 5 Bisnis Online untuk Mahasiswa dan Mudah Dilakukan

1. Manajemen Acara dan Konferensi Secara Virtual

Selama pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, industri penyelenggaraan acara mengalami transformasi yang cukup signifikan, yaitu acara dan konferensi dilakukan secara online.

Bahkan saat acara offline mulai kembali, banyak bisnis yang masih tertarik untuk bergabung dalam pertemuan virtual secara global. Oleh karenanya, perusahaan yang mengelola acara dan konferensi online bisa menawarkan berbagai layanan.

Contohnya, perusahaan manajemen acara virtual yang menyediakan layanan penuh dalam mengatur, mengelola, hingga melaksanakan konferensi pameran dan acara di sebuah perusahaan.

Dengan menggunakan platform acara virtual ini, perusahaan akan terbantu dalam berbagai aspek. Mulai dari desain platform virtual, pendaftaran peserta dalam acara yang diselenggarakan perusahaan, pengelolaan sesi, hingga analisis setelah acara selesai.

2. Platform Pembelajaran Online dan Skill Development

Permintaan pembelajaran online juga semakin meningkat pasca pandemi Covid-19, yaitu dengan banyaknya orang yang ingin meningkatkan skill dan mengejar personal development dari rumah mereka.

Karena itu, membuka platform pembelajaran online menawarkan berbagai kursus, webinar, atau lokakarya untuk berbagai topik bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan pada tahun 2024.

Agar lebih sukses, pengusaha bisa fokus pada bidang tertentu seperti halnya digital marketing, teknologi baru, hingga bisnis berkelanjutan. Ini akan menarik perhatian orang-orang yang mencari pengetahuan khusus.

Saat ini, platform pembelajaran online dan skill development juga tidak hanya menawarkan kelas bagi individu, tetapi juga bagi perusahaan. Perusahaan bisa mendaftarkan departemen-departemen khususnya untuk mengasah skill lewat platform ini dan meningkatkan kualitas karyawannya.

3. Social Media Marketing Agency

Social media agency menjadi salah satu peluang bisnis online yang menjanjikan di tahun 2024. Seperti yang diketahui, agensi ini berfokus untuk memberikan layanan pemasaran melalui media sosial untuk berbagai jenis bisnis.

Banyak bisnis telah menyadari, betapa pentingnya memiliki kehadiran yang kuat di berbagai platform media sosial, seperti LinkedIn, Instagram, YouTube, dan platform lainnya. Hal ini membantu mereka membangun brand dan mencapai audiens yang lebih luas.

Peran agensi media sosial yaitu merancang rencana pemasaran yang cocok untuk audiens target suatu bisnis, menciptakan konten yang menarik dan kreatif, serta mengelola interaksi aktif dengan pengguna.

Mereka juga dapat membantu dalam mengatur iklan berbayar di berbagai platform untuk mencapai audiens yang lebih besar.

Agensi ini akan secara rutin memantau dan menganalisis kinerja kampanye pemasaran untuk memastikan bahwa tujuan pemasaran tercapai secara optimal, dan jika diperlukan, melakukan penyesuaian.

Dengan peran yang sangat penting ini, kehadiran agensi pemasaran media sosial semakin dibutuhkan oleh bisnis untuk mengembangkan merek mereka. 

4. Layanan Cloud B2B

Layanan cloud saat ini terus mengubah cara bisnis dalam menyimpan, mengelola, dan mengakses data mereka. Bahkan menurut data dari Inoxoft, popularitas platform cloud semakin meningkat, yang mana layanan infrastruktur cloud menghasilkan hampir USD 180 miliar per tahun.

Banyak perusahaan lebih suka menggunakan layanan cloud hosting daripada metode tradisional karena lebih mudah diadaptasi. Penyimpanan di cloud menjadi cara terbaik untuk menyimpan dan mengakses data penting.

Dalam konteks B2B, penggunaan layanan cloud memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan keamanan data penting, mengurangi biaya awal untuk perangkat keras dan infrastruktur, serta  memberikan akses fleksibel.

Dengan layanan cloud, data dan aplikasi dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet, memungkinkan kolaborasi tanpa batasan geografis.

Oleh karena itu, di tahun 2024, permintaan akan layanan cloud yang lebih aman dan canggih diperkirakan akan terus meningkat. Ini menciptakan peluang bisnis online bagi penyedia infrastruktur cloud, penyimpanan data, dan solusi manajemen cloud.

5. Q-Commerce

Menurut informasi dari ZD Blog, dalam dua tahun terakhir istilah Q-commerce atau quick commerce memengaruhi bisnis di seluruh dunia.

Q-commerce ini adalah perkembangan terbaru dalam bisnis online yang bertujuan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan pengiriman produk, makanan, dan barang lainnya dengan cepat.

Saat bisnis-bisnis tutup selama pandemi, banyak orang yang mendapatkan produk seperti makanan, furniture, barang elektronik, hingga pakaian dalam beberapa jam bahkan beberapa menit saja.

Nah, trend itu masih terus berlanjut hingga saat ini, dengan semakin banyaknya perusahaan yang menawarkan pengiriman cepat kepada customer. Bahkan sekarang, orang-orang bisa mengharapkan mendapat pesanannya dalam waktu kurang dari satu jam.

Untuk mengikuti trend ini, pengusaha bisa bermitra dengan layanan pengiriman dan mengotomatisasi proses  mereka untuk beralih ke Q-commerce.

Itulah beberapa ide bisnis online yang memiliki potensi besar di tahun 2024. Dengan memerhatikan trend dan pertumbuhan industri yang berkembang, pelaku bisnis bisa mengidentifikasi peluang yang tepat untuk mengambil bagian dalam ekonomi digital yang terus berkembang.

Dengan melibatkan perkembangan teknologi dan memahami kebutuhan konsumen, tentu akan membuat kamu meraih kesuksesan di era digital yang semakin canggih ini.

Baca Juga: Panduan Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Nah, bila kamu sudah menemukan ide bisnis online yang akan dijalankan, kebutuhan operasional bisnis juga harus diperhatikan.

Kamu perlu meninjau hal-hal penting, mulai dari pengelolaan keuangan, barang atau jasa, dan hal lainnya. Salah satunya dalam pengelolaan invoice.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan Paper.id.

Paper.id merupakan platform invoice yang bisa membantu bisnis membuat dan mengirim invoice penjualan secara digital, bahkan bisa selesai dengan mudah hanya dalam satu menit dan invoice sudah bisa dibubuhkan dengan e-Materai asli lho.

Dengan kemudahan dan akurasi Paper.id ini, pembuatan invoice bisa dilakukan dengan cepat dan meminimalisir terjadinya human error.

Jadi, tunggu apalagi gunakan Paper.id sekarang juga. Gratis!

invoice penjualan
Nadiyah Rahmalia