Mau Kembangkan Bisnis Harus Cari Modal di Mana?

Setiap pengusaha pastinya ingin kembangkan bisnis kecil mereka agar bisa menjadi lebih besar. Namun, bagaimana caranya supaya usaha tetap sukses dalam jangka panjang? Anda bisa menyimak tipsnya serta rekomendasi sumber modal yang dibutuhkan di sini.

5 Cara Kembangkan Bisnis Kecil Jadi Besar

Mengembangkan usaha yang Anda bangun dari 0 memang tidak mudah. Namun, sebagai seorang pengusaha yang gigih tentunya hal tersebut tidak boleh mematahkan semangat Anda untuk terus kembangkan bisnis. Nah, 5 tips di bawah ini mungkin bisa kamu terapkan sejak dini.

Baca juga: 5 tantangan dalam bisnis digital dan cara mengatasinya

1. Evaluasi performa bisnis sejauh ini

Untuk menuju titik kesuksesan, refleksi adalah hal yang penting untuk dilakukan secara rutin. Dalam segi bisnis, refleksi bisa diterapkan dengan mengevaluasi performa bisnis Anda. Ada beberapa hal yang bisa Anda evaluasi selama berbisnis, contohnya cakupan pendapatan, pengeluaran operasional, laba bersih dan kotor, dan kondisi pertumbuhan pelanggan.

Salah satu metode yang dapat Anda terapkan untuk mengevaluasi performa bisnis bisa melalui penerapan analisis SWOT yang mencakup Strength, Weaknesses, Opportunities, and Threats. Dengan evaluasi bisnis yang rutin, Anda dapat mengetahui dengan pasti apa kelebihan dan kekurangan produk Anda. Setelah mendapatkan hal tersebut, Anda bisa menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis.

2. Pelajari kelebihan dan kekurangan produk

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan untuk kembangkan bisnis yakni seperti aspek terakhir yang disebutkan di poin pertama, pelajari kelebihan dan kekurangan produk. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan produk, maka Anda bisa tahu apakah ada aspek dari produk Anda yang perlu diperbaiki atau justru lebih ditonjolkan lagi.

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk dengan pasti, libatkanlah juga konsumen. Caranya bisa melalui riset pasar dengan melakukan survei atau bisa lewat wawancara langsung. Pastikan Anda dapat feedback sejujur mungkin supaya datanya akurat dan benar-benar berguna untuk kembangkan bisnis Anda. Jangan takut dengan feedback negatif karena melalui hal tersebut Anda justru bisa melihat produk Anda dari sudut pandang yang baru.

3. Tingkatkan layanan untuk pelanggan

Tidak sedikit bisnis dengan produk bagus yang justru kehilangan pelanggannya secara perlahan karena pelayanannya yang buruk. Pelayanan benar-benar dapat mempengaruhi perkembangan pelanggan. Pasalnya, dengan pelayanan yang baik, maka kepuasan pelanggan akan terpenuhi.

Dengan begitu, mereka tidak akan ragu untuk melakukan repeat order atau bahkan yang lebih positifnya lagi bisa saja pelanggan secara tidak langsung memberikan dampak marketing Word of Mouth pada bisnis Anda. Apa itu? Word of Mouth adalah strategi marketing dimana konsumen menyampaikan review positif tentang kualitas produk maupun pelayanan Anda pada orang lain secara natural. Dengan begitu, lawan bicaranya tertarik untuk turut membeli produk Anda.

4. Kurangi celah risiko bisnis

Risiko dalam dunia bisnis memang sudah biasa. Namun, ada baiknya Anda melakukan tindakan proaktif untuk mencegah potensi risiko yang mungkin terjadi. Ada beberapa solusi yang memungkinkan untuk mengurangi masuknya celah risiko bisnis, seperti menjaga hubungan dengan mitra bisnis, siapkan plan cadangan untuk setiap rancangan atau proyek baru, diversifikasi produk, dan selalu identifikasi risiko potensial sekaligus solusinya.

5. Coba adaptasi dengan tren terkini

Media sosial yang dapat diakses mudah dan cepat sehingga tren juga terus berubah-ubah sama cepatnya. Supaya pelanggan tetap puas dan tertarik dengan bisnis Anda, maka pastikan produk Anda tidak ketinggalan jaman. Oleh sebab itu, jika Anda ingin kembangkan bisnis, maka memperhatikan tren di media sosial sangatlah penting.

Ada beberapa pertimbangan penting yang bisa Anda lakukan dalam melakukan adaptasi bisnis, di antaranya mempertimbangkan teknologi baru dalam membuat produk, menyesuaikan strategi pemasaran dengan tren, pantau preferensi pelanggan dari berbagai sisi baik pada produk Anda ataupun produk lain yang sejenis.

Baca juga: Mengapa digitalisasi menjadi kunci penting pengembangan bisnis

Sumber Modal untuk Mengembangkan Bisnis

Dana pribadi memang sering jadi sumber yang utama saat ingin kembangkan bisnis. Namun, tentunya teknik tersebut dilakukan secara terus-menerus, kan? Pasalnya, biaya untuk kembangkan bisnis tentunya memerlukan modal yang cukup besar.

Oleh sebab itu, Anda juga perlu mencari alternatif lain, seperti pinjaman bank, dana investor, atau layanan pendanaan online. Dari ketiga alternatif tersebut, layanan pendanaan online adalah yang paling praktis dan aksesnya cukup mudah.

Banyak proses yang perlu Anda lalui saat ingin kembangkan bisnis menjadi lebih besar. Dengan menjaga konsistensi penerapan langkah-langkah di atas, maka pertumbuhan bisnis Anda juga akan berkembang secara konsisten. Selain itu, menjaga stabilitas pendanaan juga sama pentingnya. Jangan lewatkan kesempatan mendapatkan pendanaan untuk UKM dengan mudah, klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

*Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara Paper Id dan Modalku
Muhamad Dika Wahyudi