Persaingan di pasar retail seperti toko sembako pada era modern ini cukup sangat ketat terlebih dengan adanya minimarket yang menjadi kompetitor utama para pelaku usaha toko sembako. Meski demikian, kamu tak perlu khawatir banyak kelebihan yang ada pada toko sembako ketibang minimarket, seperti disamping mudah dalam menjalankannya, usaha sembako juga tidak membutuhkan modal yang besar tidak seperti membuka minimarket yang harus membutuhkan modal awal yang cukup besar. Pada toko atau warung sembako kamu sudah bisa membangun warung atau toko sembako seadanya disesuaikan dengan bujet yang kamu miliki.

Selain itu pasalnya, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk menarik minat konsumen agar mau berbelanja di toko kelontong-mu dan mempertahankan mereka agar menjadi pelanggan setia toko sembako mu. Berikut ini adalah cara menata warung sembako kecil agar terlihat menarik dimata konsumen, seperti:

Baca juga: 5 inovasi warung kelontong dalam bertahan menghadapi pandemi

Menata toko sembako kecil dengan penerangan yang maksimal

Walaupun warung sembako yang kamu miliki sederhana, tetapi dengan penataan dinding yang indah akan memberikan kesan indah, nyaman, dan menarik. Dalam menata dinding warung atau toko sembako agar terlihat menarik kamu dapat mengecat dinding dengan warna-warna cerah atau menempelkan wallpaper yang menarik sehingga menimbulkan keindahan warungmu. Sebaiknya hindari memakai warna gelap untuk warung sembako karena warna gelap akan membuat warung sembako mu terlihat sempit dan gelap.

Kamu juga harus memperhatikan penerangan agar warung sembako mu terlihat menjadi lebih modern layaknya supermarket. Penerangan yang kurang akan membuat toko terlihat kurang nyaman. karena toko yang terang akan membuat konsumen menjadi lebih betah dan nyaman untuk berbelanja.

Tata letak ruang

Memajang dan menata warung sembako kecil dengan rapi dan baik akan menarik perhatian pelanggan. Agar memperoleh tampilan visual indah dan menarik, maka cara mengatur rak toko bisa dilakukan dengan menempatkan rak gantung untuk menata barang dagangan.

Selain itu tidak menggunakan sekat-sekat ruangan. Bila luas ruangan toko yang kamu miliki tidak terlalu luas, maka yang harus kamu lakukan adalah memikirkan layout terbaik agar toko milikmu menjadi terlihat lebih luas. Kemudian pilihlah rak yang sesuai dengan luas dan ukuran warung sembako Kamu. Disamping itu kamu juga bisa menambahkan lemari display, rak, ataupun meja. Dengan pemilihan rak yang sesuai menata barang dagangan akan terasa lebih mudah.

Penataan stok barang toko sembako

Bila kamu mempunyai warung sembako yang laris dan banyak pelanggan, pastinya stok barang dagangan akan banyak dan memenuhi ruang toko jika tidak ditata dengan baik dan rapi. Untuk penataan stok barang tersebut, maka kamu bisa meletakkannya berderet di belakangnya atau menumpuknya sesuai dengan kategori atau jenis barang.

Dengan cara ini, pembeli bisa melihat dan mendapatkan kemudahan dalam mencari barang-barang yang hendak dibeli. Jika warung sembako mu memiliki stok yang melimpah. Pastikan bahwa stok dagangan yang ada merupakan barang yang paling laku dan dicari pembeli.

Baca juga: 6 tips penting untuk menjadi agen sembako yang sukses

Kebersihan toko

Satu hal bisa membuat konsumen selalu kembali ke warung sembako milik mu adalah kebersihan. Hal ini lah yang seringkali membuat minimarket unggul di mata konsumen lantaran kebersihan yang selalu dijaga untuk kenyaman konsumen.

Untuk itu jika toko sembako mu bersih maka kepercayaan konsumen pun meningkat dan kepuasan serta kenyamanan berbelanja pun akan dirasakan oleh konsumen yang membeli di toko mu. Untuk itu, selalu posisikan diri Kamu selayaknya konsumen.