5 Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia dan Cocok Dijadikan Bisnis

Keberagaman budaya tanah air turut melahirkan beragam makanan khas Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dan membuat kekayaan kuliner tanah air semakin berwarna dan dikenal banyak orang tidak hanya di dalam tapi juga di luar negeri.

Kuliner Indonesia bahkan sudah mendunia. Banyak orang-orang luar juga menyukai makanan Indonesia karena rasanya yang kaya akan rempah-rempah. Bahkan, beberapa diantaranya sudah dijadikan sebagai model bisnis bagi sebagian orang.

Hal ini bisa menjadi peluang bagi setiap orang untuk membangun bisnis kuliner yang berpotensi go international. Berikut 5 jenis makanan khas Indonesia yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam membuat bisnis makanan khas tanah air.

Rendang

Pada tahun 2011, CNN menobatkan rendang sebagai makanan terenak di dunia. Kuliner daging yang kaya akan rempah-rempah tersebut berhasil membuat semua orang jatuh cinta terhadap makanan tersebut. Bahkan, kelezatannya juga diakui oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Baca juga: Bisnis makanan 2020, ini tren makanan yang harus diketahui pengusaha

Rendang bisa menjadi peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan. Sering dijual di restoran makanan Padang, rendang sering dicari oleh orang-orang. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan 4 jam untuk memasaknya agar bumbunya meresap dan dagingnya empuk.

Sate Ayam

Kudapan sate ayam berbalut saus kacang ini telah mendunia sejak dulu. Kelezatannya bahkan sudah diakui banyak orang di dunia. Buktinya, makanan ini menjadi salah satu menu populer di restoran Satay Junction yang berada di New York, Amerika Serikat.

Kelezatannya juga tidak hanya menyebar ke Amerika saja tapi juga berbagai negara lainnya. Di China, sate ayam menjadi makanan yang laris dikonsumsi masyarakat dalam acara bazar amal internasional yang diselenggarakan oleh istri menlu China, Madam Qian Wei pada tahun 2013. Rasanya, kita tidak perlu lagi meragukan kelezatan makanan ini karena, dunia sudah mengakuinya.

Gado-Gado

Makanan yang dikenal akan variasi sayuran serta siraman saus kacang yang gurih ini pernah membuat nama Indonesia harum di luar negeri. Pasalnya, makanan ini menjadi pemenang dalam lomba masak internasional yang diadakan di Napoli pada tahun 2010. Saat itu, Paula Astrid Unu dinobatkan sebagai juara I untuk kategori tampilan sajian dengan masakan gado-gadonya.

Popularitas gado-gado juga sudah melanglang buana kemana saja termasuk beberapa negara di dunia seperti Amerika Serikat, Prancis, Australia, Singapura, dan Malaysia. Pada umumnya, makanan ini dijual oleh restoran-restoran khas kuliner Indonesia.

Bakso

Saat berkunjung ke Indonesia pada tahun 2010, Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama sempat bernostalgia dengan mencicipi makanan-makanan Indonesia yang kerap ia makan saat masih kecil.

Baca juga: Contoh proposal usaha makanan yang mudah dibuat

Ia memuji kelezatan bakso dan juga makanan lainnya, seperti nasi goreng. Majalah kuliner kenamaan asal negeri Paman Sam, Saveur juga mengakui kelezatan bakso. Dalam buku berjudul “Jakarta Street Food”, Pemimpin Redaksi majalah Saveur, James Oseland juga menyukai bakso dan menganggapnya sebagai makanan yang dapat membangkitkan selera. Pengakuan-pengakuan tersebut tentunya dapat membuat Anda semakin yakin untuk berjualan bakso.

Nasi Padang

Ingat lagu “Nasi Padang” yang sempat viral dan dibuat oleh bule norwegia bernama Audun Kivltan? Audun pun mengakui dan memuji kelezatan nasi Padang. Hangatnya nasi yang dicampur dengan lauk-lauk khas restoran Padang yang kaya rasa dan beraneka ragam mendorong Audun untuk membuat sebuah lagu yang menunjukkan kekagumannya akan masakan tersebut.

Tidak sampai disitu, kelezatan nasi Padang juga diakui oleh James Oseland. Dalam buku yang sama (Jakarta Street Food), James menganggap nasi Padang sebagai salah satu makanan yang kaya akan rasa dan membuatnya kagum saat menyantapnya.

Kesimpulan

Demikian 5 kuliner asal Indonesia yang sudah mendunia. Kelezatannya yang sudah mendunia tidak akan membuat Anda ragu untuk membuka usaha baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, jangan lupa juga untuk melengkapi usaha Anda dengan software pengelolaan keuangan yang terpercaya seperti Paper.id.

Dengan fitur pembukuan dan laporan keuangan, Anda bisa memantau laporan laba dan rugi kapan saja dan dimana saja. Selain itu, Anda tidak perlu repot memasukkan dan membuat laporan data karena fitur integrase telah membuat semuanya tercatat dan terhitung secara otomatis. Yang lebih hebat lagi, semuanya bisa Anda dapatkan dengan GRATIS! Klik link dibawah untuk mendapatkannya secara Cuma-Cuma!

(Visited 5.987 times, 17 visits today)