Saat ini, banyak bisnis mulai membangun komunitas bisnis berbasis  online maupun offline untuk meningkatkan hubungan mereka dengan pelanggan. Komunitas ini membantu dalam memberikan dukungan, loyalitas, dan berbagi informasi berharga yang dapat digunakan untuk pengembangan dan optimalisasi bisnis.

Menurut laporan State of Startup, hampir 80% pendiri bisnis menganggap membangun komunitas pengguna sebagai hal yang penting bagi usaha mereka,  dan 28% menganggapnya sebagai faktor kunci kesuksesan mereka.

Tentunya, kamu juga tidak mau ketinggalan dalam mengaplikasikan strategi ini dalam bisnismu, kan? Nah, apa itu sebenarnya komunitas bisnis? Apa saja manfaatnya bagi bisnismu? Untuk mengetahui jawaban dan pembahasan lengkapnya simak di dalam artikel ini.

Baca juga: 5 Cara Memasarkan Produk untuk Bisnis B2B, Lebih Efektif!

Komunitas Bantu Usaha Jalin Hubungan yang Kuat dengan Konsumen

Komunitas bisnis adalah sekelompok konsumen yang terorganisir dengan baik dan menggunakan produk atau jasa dari penyedia B2B yang sama atau memiliki kesamaan dari segi interest & jenis bisnisnya yang pada akhirnya berinteraksi satu sama lain.

Setiap komunitas ini memiliki karakteristik yang serupa sebagai pelanggan produk bisnis yang sama. Kepercayaan yang mereka miliki terhadap brand atau produk itulah yang mengikat individu-individu tersebut.

Mendirikan komunitas memungkinkanmmu untuk berinteraksi dengan konsumen, di mana mereka bisa berdiskusi dan memberikan komentar di ruang tersebut. Dengan begitu, bisnis bisa berhubungan langsung dengan mereka, dan  membangun hubungan yang  erat dengan konsumen.

Mengapa Bisnis Perlu Membangun Komunitas

Setelah memahami pengertian dari B2B business community, selanjutnya kita akan membahas alasan mengapa bisnis perlu membangun komunitas.

Melansir dari studi yang dilakukan oleh GWI dan Reddit menunjukkan bahwa 66% responden menyukai komunitas B2B online karena bisa berhubungan dengan orang lain yang punya minat yang sama.

Komunitas khusus ini juga menarik orang-orang dengan minat yang serupa, dan mereka lebih mempercayai konten atau informasi yang ada di komunitas tersebut daripada di media sosial.

Sementara itu, komunitas B2B juga memberikan dampak hampir pada setiap aspek pertumbuhan bisnis, terutama pada sektor pelayanan konsumen, customer success, dan pengembangan produk.

Manfaat Adanya Komunitas untuk Bisnis

Dengan komunitas, bisnis dapat lebih fokus menangani masalah konsumen yang mendesak dengan cepat. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan terbaik dan memanfaatkan kebutuhan tersebut untuk mengembangkan produk. Respon cepat ini dapat menjadi keunggulan yang membedakan bisnismu dari kompetitor.

Berikut ini manfaat lainnya dari komunitas bisnis yang perlu kamu ketahui;

  1. Meningkatkan loyalitas brand

Kunci kesuksesan bisnis adalah membangun hubungan jangka panjang dan bermakna dengan konsumen.  Oleh karena itu, bisnis harus aktif berinteraksi dengan konsumen melalui dialog dan membangun hubungan yang otentik.

Menurut survei Stackla, 90% pelanggan menyatakan bahwa keaslian sangat penting saat memilih brand  yang mereka sukai dan dukung.

Komunitas juga mendorong anggotanya untuk saling berhubungan, baik dengan sesama anggota maupun dengan brand itu sendiri. Seiring dengan pertumbuhan  komunitas dan hubungan yang semakin kuat, manfaatnya bagi usaha pun juga bertambah.

  1. Menyempurnakan strategi marketing

Melalui komunitas, kamu dapat memahami dengan lebih baik tantangan, harapan, dan keinginan konsumen. Informasi tersebut membantu kamu untuk tetap up-to-date dengan tren terkini dan topik hangat yang bisa digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Terlebih, komunitas dapat memberikan ide bisnis dan konten yang bisa kamu gunakan untuk memikat minat konsumen baru, meningkatkan potensi penjualan, dan merawat prospek klien di berbagai saluran pemasaran lainnya.

  1. Membantu bisnis dalam penghematan biaya 

Melansir dari Marketing Insider Group, ​​49% bisnis dengan komunitas online melaporkan penghematan biaya sebesar 10% hingga 25% setiap tahunnya.

Komunitas online memberikan tempat bagi konsumen dan calon konsumen untuk saling bertanya dan memberikan jawaban, berbagi ide, dan best practice

Setiap kali konsumen memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi konsumen lain, maka masalah yang perlu diatasi oleh bisnismu tentu akan berkurang, dan hal ini tentu  akan membantu menghemat biaya perekrutan customer support.

Baca juga: 10 Perusahaan dengan Customer Service Terbaik, yuk, Pelajari Strateginya!

Itulah penjelasan lengkap mengenai komunitas bisnis, mengapa ini penting, dan bagaimana itu bisa menguntungkan bisnismu.

Sementara itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, komunitas online memungkinkan kamu  mengetahui masalah yang dihadapi oleh pelanggan. 

Contohnya, jika mereka mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran atas produk yang mereka beli dari bisnismu karena tidak memiliki metode pembayaran yang kompatibel dan membagikannya ke komunitas tersebut.  

Informasi ini bisa langsung kamu tindak lanjuti dengan menggunakan jasa pihak ketiga seperti Paper.id untuk mempermudah pembayaran, dan mengatasi masalah tersebut..

Paper.id adalah platform invoicing yang memungkinkan kamu untuk menyediakan berbagai jenis metode pembayaran untuk konsumen kamu seperti QRIS, transfer bank, e-wallet, marketplace, dan kartu kredit. Tertarik? Yuk, pakai Paper.id, gratis!

Nadiyah Rahmalia