Dalam dunia bisnis yang serba cepat dan digital, efisiensi pembayaran menjadi kunci keberhasilan operasional. Bulk payment, atau pembayaran massal, merupakan solusi manajemen pembayaran yang memungkinkan perusahaan untuk menyelesaikan banyak tagihan kepada vendor atau pemasok sekaligus, serta memprosesnya secara real-time.

Salah satu platform yang bisa digunakan untuk proses bulk payment adalah Paper.id. Dengan Paper.id kamu bisa melakukan banyak pembayaran ke supplier hanya dengan satu klik. 

Nah berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan bulk payment dari Paper.id untuk pembayaran bisnis.

Baca Juga: 7 Keuntungan Menggunakan Digital Payment untuk Bisnis

Apa Itu Bulk Payment?

Bulk payment, yang juga dikenal sebagai bulk transfer, mass payment, atau batch payment, adalah solusi manajemen pembayaran yang dirancang untuk memudahkan perusahaan dalam menyelesaikan sejumlah besar tagihan kepada vendor dan pemasok secara serentak dan real-time. 

Ini merupakan salah satu inovasi dalam mengelola sebuah pembayaran, terutama bagi bisnis atau usaha yang sering melakukan transaksi dengan banyak penerima. 

Cara kerja bulk payment dimulai dengan pengumpulan semua pembayaran yang perlu dilakukan dalam satu periode, biasanya dalam format file atau database. Sistem kemudian memproses semua pembayaran ini secara serempak. 

Bulk payment Ini sendiri berbeda dengan pembayaran tradisional yang memerlukan pengelolaan masing-masing tagihan secara terpisah. 

Selain itu, sistem bulk payment biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan canggih, seperti enkripsi data, untuk melindungi informasi sensitif selama transaksi.

PaperPay Out

Keuntungan Bulk Payment di Paper.id

1. Hemat waktu dan sumber daya

Menggunakan bulk payment memungkinkan suatu bisnis bisa menghemat waktu yang signifikan dalam pengelolaan pembayaran. Dilansir dari situs spenmo.com proses penulisan ratusan cek pembayaran secara manual sangat memakan waktu, dan itu semua bisa dapat diselesaikan dengan mudah hanya dengan bulk payment

2. Mengurangi kesalahan saat pembayaran

Sering melakukan kesalahan dalam melakukan pembayaran? Hal ini sudah biasa terjadi, dan itu sering menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi dalam bisnis, tentu ini bisa jadi sangat merugikan. 

Tenang, dengan bulk payment dari Paper.id, kamu bisa melakukan otomatisasi pembayaran, dan risiko kesalahan manusia berkurang drastis. Tinggal klik, tagihan-tagihan yang mau dibayar itu bisa diproses langsung, tanpa harus repot-repot catat atau kumpulkan tagihan yang mau dibayar.

Bayangkan kamu adalah pemilik sebuah perusahaan catering yang setiap bulannya harus membayar puluhan tagihan kepada berbagai supplier. Dengan fitur bulk payment dari Paper.id, kamu cukup mengunggah semua tagihan yang terkumpul ke dalam sistem. Kemudian, sistem akan secara otomatis memverifikasi dan memproses pembayaran ke semua supplier tersebut. kam tidak perlu lagi memeriksa setiap tagihan satu per satu, yang seringkali menyita waktu dan rawan kesalahan. Kini, semua pembayaran dapat dilakukan dengan cepat, akurat, dan efisien.

3. Cash flow lebih lancar

Memanfaatkan sistem bulk payment bukan hanya tentang efisiensi dan keakuratan, tetapi juga tentang peningkatan cash flow yang signifikan menjadi lebih baik. Dengan pembayaran yang lebih terorganisir dan tepat waktu, bulk payment membantu mengatur aliran kas bisnis secara lebih efektif. 

Sebuah studi dari Universitas Xijing University, menunjukkan bahwa bisnis yang mengadopsi solusi pembayaran otomatis seperti bulk payment dapat mengalami peningkatan likuiditas, karena pembayaran kepada vendor dan pemasok menjadi lebih prediktif dan terkontrol. 

Ini berarti dana dapat dialokasikan dan dimanfaatkan dengan lebih baik, memungkinkan perusahaan untuk merespons dengan cepat terhadap peluang investasi atau kebutuhan mendesak lainnya. Dengan cara ini, bulk payment berkontribusi tidak hanya pada efisiensi operasional, tetapi juga pada kesehatan keuangan jangka panjang perusahaan.

4. Pembayaran lebih aman

Keamanan transaksi adalah prioritas utama, dan sistem bulk payment biasanya dilengkapi dengan protokol keamanan seperti SSL. Teknologi enkripsi ini memastikan bahwa semua data tetap aman selama transaksi​​.

5. Bisnis lebih efisien

Selain meningkatkan mendapatkan keamanan yang lebih baik, bulk payment juga berkontribusi pada efisiensi biaya dalam bisnis. Pembayaran secara massal ini meminimalkan biaya transaksi yang sering terakumulasi saat melakukan pembayaran individu. 

Misalnya, biaya administratif, biaya transfer, dan biaya pemrosesan yang berulang dapat dikurangi secara signifikan dengan menggabungkan pembayaran. Meskipun mungkin biaya ini terlihat kecil per transaksi, tapi ini bisa dapat menumpuk menjadi jumlah yang besar dalam jangka panjang, tentu dari sana bisa terlihat bahwa bulk payment memberikan manfaat keuangan bagi suatu bisnis perusahaan. 

Cara Pakai Bulk Payment (PayOut) di Paper.id

Lalu bagaimana cara menggunakan bulk payment di Paper.id? Caranya gampang, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini: 

  1. Masuk ke menu invoice pembelian, dan pilih invoice yang ingin dibayarkan.Payoutbulk1.jpg
  2. Pada halaman keranjang atau shopping cart, terdapat rincian pembayaran yang sudah dikelompokkan per mitra/supplier bisnismu.

    Payoutbulk4.jpg
  3. Setelah memastikan seluruh rincian pembayaran sudah benar, Kamu dapat melanjutkan pembayaran dengan memilih metode pembayaran. Rincian pembayaran invoice dapat dilihat pada bagian kanan halaman ini.

    Payoutbulk7.png
  4. Nanti kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran dari metode yang telah dipilih. Ikuti langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan proses pembayaran.

    Payoutbulk8.png
  5. Setelah pembayaran yang kamu lakukan berhasil diterima Paper.id, kamu akan otomatis diarahkan pada halaman pembayaran diproses.
    Kamu apat melihat rincian invoice yang telah dibayarkan ke setiap mitra/supplier, mengunduh bukti transaksi, dan melihat proses transaksimu. Paper.id akan mengirimkan notifikasi terkait pembayaran ini ke alamat email perusahaan dan nomor telepon yang telah terdaftar pada akun Paper.id.payoutbulk9.png

Mitra/supplier bisnis mu akan dikirimkan notifikasi ke nomor telepon yang tercantum terkait pembayaranmu ke Paper.id dan tautan untuk melacak dana yang akan diterima. Oleh karena itu Kamu tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran secara manual.Payoutbulk10.png

Ketika seluruh pembayaran telah diteruskan oleh Paper.id, Kamu bisa melihat bukti pencairan dana yang dapat diunduh kwitansinya. Pada bagian Proses Transaksi, Kamu juga dapat melihat kapan setiap mitra/supplier menerima dana dari Paper.id. Payoutbulk11.pngPayoutbulk12.png

Nah itulah 5 Keuntungan Bulk payment yang bisa kamu rasakan di Paper.id serta cara menggunakan bulk payment di Paper.id. Bagaimana tertarik? Untuk itu, ayo segera daftarkan bisnis kamu sekarang juga dan nikmati keuntungan-keuntungan lainnya dengan cara klik tombol di bawah ini. GRATIS!

Alfian Dimas