Hashtag dan Pengaruhnya Pada Perkembangan Bisnis Kecil

Pada tahun 2019, produsen makanan beku skala kecil dan menengah asal Amerika Serikat, Tommy’s Superfood membuat sebuah campaign di internet dengan membuat hashtag #Thinkveggiefirst untuk mengajak orang-orang untuk makan sayur sebagai edukasi akan cara makan yang sehat.

Challenge ini dimulai pada awal tahun 2019 dan bertepatan dengan tahun baru 2019 dimana, orang-orang kerap membuat resolusi untuk hidup yang lebih sehat. Campaign ini berhasil dan menumbuhkan basis email Tommy’s superfood hingga 22%.

Baca juga: 5 jenis strategi pemasaran Amazon yang harus diterapkan di bisnismu

Campaign tersebut mendukung kegiatan promosi Tommy’s Superfood dengan membuat hashtag yang simpel dan bisa memicu orang-orang untuk melakukan apa yang diinginkan. Hal ini juga kerap digunakan sebagai salah satu strategi untuk promosi bisnis oleh bisnis kecil.

Penggunaan hashtag atau tagar telah menjadi salah satu metode wajib yang dilakukan untuk mempromosikan bisnis karena mudah dilakukan dan dapat memberikan hasil yang masif. Seberapa besar pengaruhnya dan bagaimana cara membuat tagar yang efektif untuk promosi bisnis Anda?

Paper.id akan mengangkat pembahasan mengenai pentingnya tagar dalam promosi bisnis via dunia maya dan tips-tips dalam membuatnya.

Seberapa besar pengaruh hashtag pada perkembangan bisnis kecil?

Sebuah studi dari Simply measured mengatakan bahwa postingan dengan tagar dapat meningkatkan efek engagement sebesar 12,6% daripada potingan yang tidak menggunakan tagar sama sekali. Tidak heran, ada banyak postingan di sosial media yang menggunakan tagar.

Baca juga: Cara UMKM mengatasi persaingan pasar bebas ASEAN

Kadang-kadang, ada yang menyertakan tagar tidak hanya satu atau dua bahkan hingga puluhan tagar. Hal itu bertujuan agar postingan yang dibuat dapat menjangkau banyak orangn dengan lebih mudah lewat tagar tersebut.

Selain itu, ada juga orang yang membuat postingan dengan tagar yang tidak berkaitan dan sedang populer. Tentunya, hal tersebut bertujuan agar postingan Anda bisa populer dengan cepat. Para pelaku usaha bisnis kecil juga sering memanfaatkan momen ini dengan menyertakan banyak tagar dan beberapa tagar yang sedang populer.

Jenis-jenis hashtag

Menurut berbagai sumber, tagar terangkum kedalam 5 jenis. Berikut jenis-jenis tagar beserta fungsi serta karakteristiknya.

  • Tagar trending
    Apakah Anda pernah melihat sebuah postingan dengan tagar yang tidak berhubungan tapi sedang populer? Cara ini termasuk tagar yang trending karena menyertakan tagar yang sedang populer. Sebagai contoh, jika ada pertandingan bola populer seperti Liga Champion maka, orang-orang akan berlomba-lomba menggunakan tagar #UCLFINAL agar postingan mereka bisa populer dengan cepat. Baik postingan yang berhubungan atau tidak, orang-orang ingin menggunakannya agar cepat populer.
  • Niche hashtag
    Niche hashtag merupakan salah satu jenis tagar yang digunakan pebisnis untuk mempromosikan bisnis mereka. Untuk membuatnya, Anda perlu melakukan riset untuk mencari keyword yang sedang populer dan berhubungan dengan bisnis Anda. Biasanya, pemilihannya disesuaikan dengan niche bisnis yang Anda jalani.
  • Branded hashtag
    Tagar ini mewakili brand dari bisnis Anda. Membangunnya memang butuh waktu lama karena Anda membuat tagar khusus Anda sendiri. Untuk itu, perusahaan harus mebuat sebuah campaign untuk membantu tagar itu populer.
  • Tagar produk atau servis
    Seorang copywriter biasanya ditugaskan untuk membuat sebuah tagar yang mewakili sebuah brand. Biasanya, kata-kata tersebut terdiri dari beberapa kata yang mewakili dan melambangkan brand yang sedang dibuat. Biasanya, hal ini dibuat berdasarkan produk atau servis yang ada sehingga, hal itu memunculkan sisi ekslusif dari brand tersebut.
  • Tagar call to action
    Jenis tagar yang terakhir berfungsi untuk membuat orang-orang yang membacanya untuk melakukan yang diinginkan perusahaan. Sebagai contoh #thinkveggiefirst merupakan contoh tagar CTA karena memicu orang-orang untuk mengubah pola hidup agar menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi sayuran.

Tips-tips dalam membuat tagar yang efektif

Pada umumnya, tagar memiliki fungsi yang sama dengan hyperlink agar mengumpulkan postingan dengan tagar-tagar yang sama. Untuk membedakannya, ada beberapa tips mudah agar membantu Anda dalam mempromosikan bisnis Anda seperti berikut:

  • Membuat challenge
    Anda pasti tahu ice bucket challenge, sebuah kegiatan untuk menyiram air es di atas kepala seseorang sebagai gerakan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit sclerosis lateral amiotrofik (ALS). Untuk itu, Anda perlu membuat sebuah challenge yang simpel dan dapat dilakukan semua orang sehingga, semua orang bisa melakukannya
  • Lakukan riset untuk konten yang akan dibuat
    Setelah mendapatkan jenis challenge yang ingin diterapkan, Anda harus mulai melakukan riset untuk mencari konten yang cocok untuk bisnis Anda. Tentunya, setiap campaign memiliki karakteristik sendiri-sendiri yang mengharuskan orang untuk membuat konten yang sesuai dengan jenisnya. Karena itu, lakukan riset terhadap jenis konten yang pas seperti video, postingan, gambar, dan lainnya.
  • Lakukan promosi
    Setelah membuat konten, Anda bisa mulai melakukan promosi lewat sosial media. Unggah konten yang telah dibuat lewat sosial media agar lebih mudah dijangkau oleh orang-orang disana.

Lewat tips-tips diatas, Anda tentunya bisa membuat konten yang baik untuk mempromosikan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga tidak boleh melupakan untuk mengelola keuangan Anda dengan baik. Untuk urusan pengelolaan keuangan, serahkan kepada Paper.id, platform bisnis yang dapat membantu Anda. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan DOWNLOAD DISINI!

(Visited 172 times, 2 visits today)