Franchise makanan dapat dikatakan sebagai usaha turunan dari bentuk usaha yang sudah ada sebelumnya, kemudian dibangun dan dikembangkan dengan izin pemilik usaha. Saat ini, usaha franchise menjadi lahan usaha yang dilirik banyak orang, khususnya para pelaku usaha pemula yang ingin membuka bisnis atau usaha.

Seperti yang kita ketahui bisnis makanan adalah jenis usaha yang tidak ada matinya, karena makanan merupakan sebuah kebutuhan manusia yang pasti selalu dicari. Selain itu terbukti bahwa bisnis makanan juga merupakan bisnis yang cepat mendatangkan laba. Namun memang sulit jika harus membuat branding pada makanan sendiri, karena belum tentu orang-orang tertarik dengan makanan yang kamu tawarkan.

Baca juga: Tips belanja bahan baku bisnis waralaba anti ribet 

Berikut ini merupakan tips untuk kamu yang mau membuka bisnis franchise:

Pilih jenis bisnis sesuai dengan minat yang kamu miliki

Banyak orang yang merasa nyaman ketika dapat menjalankan bisnis sesuai minat dan kesukaannya. Untuk itu sebaiknya kamu juga harus memilih jenis bisnis franchise yang sesuai dengan minat kamu, agar tidak menjadi beban saat menjalankannya. Dengan memilih bisnis sesuai yang kamu minati, kamu akan memiliki kepercayaan diri dan motivasi tinggi dalam bekerja. Selain itu, kamu juga akan merasa bahagia sehingga kamu bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

Perhatikan tren di masyarakat

Amatilah tren konsumen yang sedang dibicarakan di tengah masyarakat. Kamu juga perlu tahu produk apa saja yang sedang dibutuhkan atau dicari konsumen. Hal ini dapat kamu ketahui dan pahami ketika kamu sudah melakukan riset pasar.

Sesuaikan dengan modal

Modal adalah salah satu faktor yang menentukan seberapa besar kamu mampu membeli lisensi franchise, sehingga kamu harus menyesuaikan modal yang kamu miliki. Harga lisensi franchise yang ditawarkan franchisor sangat beragam, tergantung seberapa besar dan terkenalnya brand tersebut.

Jika kamu ingin mencoba peruntungan dalam bisnis franchise ini, Berikut merupakan beberapa contoh franchise makanan 2020 yang sempat berada di titik puncak sebagai bahan pertimbanganmu dalam memilih jenis usaha franchise makanan yang laris di pasaran seperti:

Martabak Orins

Martabak manis dan telor selalu memiliki penggemarnya tersendiri, sehingga penjualan kedua jenis martabak tersebut selalu tinggi. Saat ini terdapat salah satu franchisor martabak yang sedang naik daun, apalagi kalau bukan Martabak Orins yang termasuk sebagai salah satu franchise makanan 2020 yang populer. Jika kamu tertarik untuk membeli lisensi franchise Martabak Orins, kamu dapat mengunjungi salah satu storenya untuk menanyakan informasi lebih lanjut.

Fried Chicken

Fried Chicken atau ayam goreng merupakan salah satu franchise makanan 2020 yang disukai masyarakat Indonesia. Kebanyakan dari konsumen pun menganggap bahwa Fried Chicken ini adalah makan pokok sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut franchise fried chicken merupakan salah satu yang dapat dipertimbangkan dalam usaha franchise untuk pemula.

Bananugget

Bananugget termasuk jajanan yang baru ngehits beberapa tahun lalu, namun ternyata antusiasme orang dengan jajanan ini masih tinggi hingga sekarang. Bananugget sendiri terbuat dari potongan pisang yang dibalut tepung dan digoreng sehingga terlihat seperti nugget, kemudian dilumuri dengan beraneka ragam topping seperti coklat, kacang, keju dan susu.

Wah nggak kebayang kan, pasti banyak sekali anak-anak muda yang menyukai Bananugget ini, apalagi harganya cukup terjangkau untuk jajanan selezat ini. Jadi kalau di daerah kamu belum ada jajanan ini, Hal ini dapat menjadi peluang usaha yang baik dan menguntungkan kamu dengan membeli lisensi franchise Bananugget.

Baca juga: 10 daftar franchise makanan murah (update 2019)

Warunk Upnormal

Kaum milenial sangat suka kongkow di tempat yang nyaman untuk sekedar bersantai bersama teman, apalagi jika jajanan yang ditawarkan adalah jajanan seperti mie instan, roti bakar, dan minuman yang menyegarkan. Pasti kamu sudah sering mendengar Warunk Upnormal, restoran yang selalu ramai karena menyediakan jajanan-jajanan tadi. Nah jika kamu membeli lisensi franchise Warunk Upnormal, sudah dapat dipastikan restoran kamu akan dipenuhi orang, terutama kaum muda atau milenial apalagi ketika akhir pekan.

Bakso Benhil

Bakso merupakan salah satu makanan terpopuler di Indonesia. Membuka franchise bakso pun dapat menjadi usaha yang menguntungkan untuk kamu. Franchise makanan 2020 yang cukup terkenal untuk kamu jadikan franchise adalah Bakso Benhil. Keunggulan dari franchise ini selain terkenal adalah biaya franchise yang cukup murah untuk dapat bekerja sama dengan mereka. Kamu bisa membuka usaha franchise Bakso Benhil dengan modal sekitar 4 juta rupiah. Jika kamu memang berminat kamu dapat langsung mendatangi store nya untuk mencari tau persyaratan kerjasamanya.