Seperti yang kita ketahui dalam suatu perusahaan profesi desk collection adalah bagian penting perusahaan untuk urusan penagihan. Profesi ini menjadi sangat penting karena berkaitan dengan keuangan suatu perusahaan. Dalam ruang lingkup collection terdapat beberapa istilah yang mungkin tanpa kita sadari pernah kita temui. Seperti PK atau promise keep, OC atau outgoing call, dan amount collect, dan banyak lagi. 

PK atau kepanjangan dari promise keep adalah jumlah nasabah yang telah membayar dan uangnya sudah masuk ke dalam perusahaan. Sedangkan OC atau outgoing call dapat dikatakan sebagai panggilan keluar. Maksudnya yaitu setiap panggilan keluar ke nasabah pasti terhitung dan mempengaruhi target bekerja sebagai desk collection dan amount collect adalah jumlah besaran rupiah atau uang masuk.

Baca juga: Peran field collection dan permasalahan yang dihadapi saat menagih

Tujuan dan tugas dari desk collection

Setelah mengetahui istilah-istilah tersebut. Mari kita cari tahu tujuan dari adanya desk collection adalah: 

  • Mengingatkan konsumen untuk melakukan pembayaran sesuai tanggal jatuh tempo. 
  • Berupaya untuk mengurangi resiko dari kerugian akan angsuran yang belum terbayar karena dapat menyebabkan piutang menjadi macet. 
  • Bertugas untuk memastikan kestabilan dan kesehatan dari keuangan perusahaan. 
  • Mengoptimalkan laba, yaitu sesuatu yang merupakan hak perusahaan berupa uang yang wajib diterima agar lebih cepat (sesuai jadwal) sehingga dana tersebut dapat dipergunakan lebih produktif
  • Melaksanakan hak perusahaan berkaitan dengan term & condition yang telah di sepakati dalam perjanjian, seperti penarikan, pengenaan denda, penalty, dll.

Dalam sebuah perusahaan, tugas desk collection adalah:

  • Melakukan pengecekan invoice nasabah yang akan jatuh tempo atau mungkin telah jatuh tempo dari tanggal yang telah ditentukan.
  • Menyiapkan data piutang yang sudah dibayar nasabah.
  • Menghubungi atau Menagih nasabah yang menunggak pembayaran yang telah melewati batas tanggal yang telah ditentukan.
  • Melakukan pengolahan data-data invoice nasabah yang sudah memasuki jadwal kunjung atau jadwal tagih.
  • Membuat laporan secara berkala kepada manajemen dan harus benar-benar up to date.

Masalah yang dialami oleh desk collection 

Dalam segi penghasilan profesi desk collection biasanya menggunakan sistem target. Maka, kita harus pandai-pandai supaya melebihi target setiap bulannya. Berbeda dengan pekerjaan yang tidak memiliki target, pasti penghasilannya pun dapat dibilang stabil.

Akan tetapi, untuk desk collection dapat dipastikan Anda akan mendapat penghasilan lebih dari insentif atau bonus yang diberikan bila Anda dapat melebihi target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Anda juga harus mengingat bonus dikeluarkan ketika Anda melebihi bukan memenuhi. Untuk gaji pokok yang diperoleh biasanya mengikuti standar UMR dan disertakan dengan tunjangan lain sesuai dengan kebijakan perusahaan masing-masing.

Baca juga: Peran vital collection dalam penagihan piutang usaha

Kendala-kendala desk collection dalam menjalankan tugas

Terkadang, profesi kolektor tidak semudah yang dibayangkan. Imej buruk soal kolektor telah terpatri secara mendalam di benak masyarakat. Tampang yang kejam, suara yang bergemuruh serta kekerasan menjadi hal yang kerap terbayang.

Tak heran, banyak kolektor menghadapi kegagalan saat menjalani penagihan. Ada yang alasannya tidak punya uang, produk yang dijual belum habis, dan sebagainya. Tak pelak, hal ini membuat arus kas perusahaan memburuk.

Kendala ini kerap dialami oleh banyak pelaku usaha, termasuk distributor. Kerap menangani klien yang banyak, distributor kesulitan dalam melakukan penagihan dan banyak pelanggannya yang tidak dapat membayar tepat waktu.

Lantas apa yang bisa dilakukan? Paper.id memiliki solusi penagihan tepat waktu yang bernama PaperTrade. Solusi ini dapat membantu invoice cair sebelum waktu jatuh tempo yang telah ditentukan. Dengan begitu, arus kas lancar dan memperkecil peluang adanya bad debt atau piutang bermasalah. Ingin lebih tahu tentang PaperTrade? Hubungi kontak dibawah ini! 

Daniel Nugraha

087786451446

daniel@paper.id