Customer Sering Telat Bayar Tagihan, Begini Cara Untuk Mengatasinya!

Memiliki suatu bisnis merupakan hal yang diinginkan semua orang, terlebih jika bisnis yang dijalankan berjalan dengan lancar. Namun pada kenyataannya seringkali para pelaku bisnis dihadapkan oleh berbagai masalah, terutama saat bayar tagihan.

Karena seperti yang kita ketahui, kalau customer telat bayar tagihan pasti berakibat buruk buat arus kas bisnis kamu. Oleh karena itu diperlukan cara yang efektif untuk mendapatkan bayaran yang tepat waktu untuk bisnis kamu terutama dari pelanggan yang seringkali terlambat dalam memenuhi kewajiban pembayarannya.

Baca juga : Klien Molor Bayar Tagihan? Berikut Cara Mendorong Klien Membayar Invoice Tepat Waktu

Cara mengatasi customer yang telat bayar tagihan

Sebagai pemilik bisnis, sangat penting bagi kamu untuk mengadopsi solusi inovatif guna memastikan pembayaran didapatkan tepat waktu. Hal ini merupakan hal terpenting bagi pemilik bisnis untuk memahami dinamika keuangan bisnis mereka selain dapat membantu meningkatkan arus kas.

Lalu bagaimana hal tersebut dapat dilakukan dan memastikan kamu dibayar tepat waktu?

  • Tetapkan kebijakan kredit dan penagihan yang jelas di muka, sebelum menawarkan persyaratan kredit kepada pelanggan mana pun. Pastikan kamu memberikan semua informasi penting, termasuk tanggal jatuh tempo yang jelas, sehingga kamu tidak meninggalkan alasan untuk penundaan.
  • Hubungi pelanggan kamu setelah mengirim faktur untuk mengkonfirmasi penerimaan dan menyoroti persyaratan pembayaran dan tanggal jatuh tempo. Tindak lanjuti segera melalui telepon agar bisnis kamu dibayar secara tepat waktu dan memastikan bahwa faktur telah tiba atau telah sampai ke pelanggan kamu.
  • Berikan penghargaan tulus kamu kepada pelanggan dan berikan insentif kepada mereka untuk membayar tepat waktu dengan menawarkan diskon kecil untuk pembayaran lebih awal atau voucher untuk digunakan di masa mendatang. Ini bisa membantu mempercepat prosesnya pembayarannya
  • Komunikasikan kebijakan kamu kepada pelanggan, uraikan dengan jelas semua syarat dan ketentuan pembayaran secara tertulis pada semua kontrak dan faktur, termasuk denda keterlambatan pembayaran, dan pastikan kamu benar-benar menerapkan biaya keterlambatan pembayaran kamu. Pelanggan kamu harus sudah mengetahui ekspektasi dan syarat dan ketentuan kamu sehingga, jika pembayaran tidak dilakukan pada tanggal tenggat waktu, kamu harus memberikan sanksi keterlambatan pembayaran dan biaya bunga atas tagihan yang terlambat.
  • Kamu harus mempermudah pelanggan kamu dalam proses pembayarannya, karena dengan membuatnya semudah mungkin, akan membuat bisnis kamu dibayar lebih cepat.

Baca juga : Cara Distributor Mengatasi toko Yang Mangkir Bayar Tagihan

Pemeriksaan kredit untuk mempermudah customer

Selain cara diatas, Satu-satunya cara agar terhindar dari pembayaran yang macet secara pasti adalah dengan melakukan pemeriksaan kredit. Melakukan pemeriksaan kredit digunakan untuk menentukan pelanggan yang potensial maupun yang tidak.

Pemeriksaan kredit tidak akan menjamin pembayaran. Tapi dapat memberi kamu informasi berharga tentang kelayakan kredit pelanggan potensial kamu, memungkinkan kamu untuk membuat keputusan yang lebih baik kedepannya.

Tetapkan prosedur yang jelas untuk kontrol kredit dengan surat pengingat stkamur untuk dikirim ketika pembayaran belum diterima tepat waktu. Kirimkan surat pengingat pertama pada hari faktur jatuh tempo, dan surat berikutnya setiap 7 hari.

Surat-surat tersebut harus sopan tetapi mendesak dan mengingatkan pelanggan kamu bahwa kamu memiliki hak untuk membebankan bunga atas utang sejak hari jatuh tempo. kamu dapat mengirim beberapa pengingat ini melalui email.

 

 

(Visited 61 times, 1 visits today)