Klien Molor Bayar Tagihan? Berikut Cara Mendorong Klien Membayar Invoice Tepat Waktu

Baik usaha kecil, menengah, dan usaha atau bisnis besar sekalipun mengandalkan pembayaran cepat dari faktur atau invoice mereka untuk menutupi pengeluaran mereka dan mempertahankan arus kas agar tetap stabil. Pembayaran segera dapat membantu meningkatkan kesehatan keuangan.

Namun di balik itu mengirimkan faktur atau invoice dengan cepat dan tepat merupakan kunci utama agar bisnis memperoleh pembayaran lebih awal. Ada strategi sederhana yang dapat diterapkan oleh pemilik usaha kecil untuk mendorong klien membayar tagihan mereka tepat waktu, atau bahkan sebelum tanggal jatuh tempo faktur.

Untuk memastikan faktur atau invoice Anda dibayar lebih cepat oleh klien, maka berikut merupakan cara memperoleh invoice pembayaran dengan cepat:

Buat Faktur yang Jelas dan Sederhana

Jika Anda kesulitan membuat klien membayar tagihan Anda tepat waktu, masalahnya mungkin sebagian terletak pada faktur atau invoice Anda. Pastikan desain faktur atau invoice Anda jelas, sederhana dan mudah dimengerti.

Faktur yang dirancang dengan buruk dapat menyebabkan pembayaran tertunda karena informasi yang diperlukan mungkin tidak mudah ditemukan dan ini dapat membingungkan klien Anda.

Pastikan faktur Anda menyertakan semua informasi yang diperlukan klien Anda untuk melakukan pembayaran. Informasi yang paling penting harus menonjol, termasuk jumlah total yang harus dibayar dan tenggat waktu pembayaran.

Mengirimkan Faktur atau Invoice Segera Mungkin

Semakin cepat Anda mengirimkan faktur kepada klien Anda, makan semakin cepat pula Anda akan dibayar. Biasakan untuk mengirim faktur ke klien Anda segera setelah pekerjaan selesai atau barang sudah dikirim, Anda bahkan dapat mengirim faktur bersama dengan draf akhir pekerjaan Anda.

Untuk mempermudah Anda dapat mengirim faktur melalui email agar invoice atau faktur dapat dengan cepat diterima oleh klien Anda.

Tetapkan Persyaratan Pembayaran yang Jelas di Muka

Pastikan Anda dengan jelas mendiskusikan persyaratan pembayaran Anda dengan klien di muka dan menguraikan detail persyaratan tersebut di faktur Anda. Dengan begitu, klien Anda akan tahu persis kapan pembayaran jatuh tempo dan apa hukuman untuk keterlambatan pembayaran.

Jika Anda memberitahu klien Anda detail ini saat Anda mendiskusikan sebuah perjanjian jual beli dan menandatangani kontrak, kecil kemungkinannya akan ada kebingungan tentang persyaratan pembayaran Anda di kemudian hari, saat tagihan jatuh tempo.

Terima Lebih Banyak Metode Pembayaran

Berikan klien Anda sebanyak mungkin cara untuk mengirimkan pembayaran yang masuk akal untuk bisnis Anda. Memberi pelanggan Anda fleksibilitas dengan metode pembayaran mereka dapat membuat seluruh proses lebih mudah dan lebih cepat bagi mereka, yang pada gilirannya membuat Anda dibayar lebih cepat.

Selain metode pembayaran yang lebih jelas seperti uang tunai dan kartu kredit, pertimbangkan untuk menerima pembayaran online atau seluler juga, untuk mendiversifikasi opsi pembayaran Anda.

Izinkan Pembayaran Otomatis

Cara yang bagus untuk menerima pembayaran lebih cepat dan tahu persis kapan Anda akan menerima pembayaran dari klien adalah dengan mengizinkan pembayaran otomatis untuk faktur Anda.

Pembayaran otomatis memberi klien pilihan untuk memiliki jumlah terutang yang dibebankan ke kartu kredit atau kartu debit mereka secara otomatis pada hari yang sama setiap bulan.

baca juga : Paper Story – Memahami Pentingnya Pencatatan Keuangan Usaha Sejak Dini Dengan Oetami Kitchen

Menawarkan Insentif

Menawarkan insentif kepada klien untuk pembayaran lebih awal, seperti diskon total faktur atau bentuk penghargaan lainnya, dapat membantu mengembangkan kebiasaan di antara klien Anda untuk selalu membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Anda dapat menawarkan diskon kecil, seperti 2 persen dari total harga jika tagihan dibayar dalam waktu 10 hari dari tanggal faktur. Ini mungkin tidak menghemat banyak uang klien, tetapi ini menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai bisnis mereka dan dapat membantu Anda menerima pembayaran dengan segera.

Menindaklanjuti Pembayaran yang Terlambat

Jika faktur klien lewat jatuh tempo, jangan ragu untuk menindaklanjutinya. Anda harus rajin mengejar pembayaran yang terlambat untuk memastikan faktur Anda dibayar.

Pada hari faktur lewat jatuh tempo, kirim email pengingat singkat kepada pelanggan yang memberi tahu mereka bahwa pembayaran telah lewat jatuh tempo dan ingatkan mereka tentang metode pembayaran yang Anda terima. Lanjutkan mengirim pengingat secara berkala, baik melalui email dan telepon, hingga Anda mengamankan pembayaran Anda.

Selalu Bersikap Sopan

Penting bagi Anda untuk selalu sopan dengan klien saat mengirim faktur dan menindaklanjuti tagihan yang telah jatuh tempo. Gunakan bahasa yang baik dan sopan serta menyenangkan pada faktur dan email yang menyertainya untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda dan meninggalkan kesan yang baik.

Bersikap tenang dan sopan dengan klien saat pembayaran mereka lewat jatuh tempo dapat memastikan Anda menjaga hubungan yang baik dengan klien Anda untuk bekerja sama di kemudian hari.

baca juga : Pakai PaperPay Out, Pengusaha-Pengusaha Ini Dapat Tambahan Tempo Pembayaran?

(Visited 94 times, 1 visits today)