6 Kesalahan Besar Yang Harus Dihindari Dalam Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sistem pemasaran melalui media digital, yang merupakan perkembangan dari pemasaran konvensional. Strategi utama dalam menggunakan sistem affiliate marketing adalah dengan cara memberikan informasi melalui media internet tentang produk yang dijualnya.

Pemasaran itu sendiri dapat melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya. Pada model bisnis ini memang sangat membutuhkan internet sebagai alat utamanya dikarenakan untuk model bisnis yang satu ini menggunakan sistem penjualan secara online.

Adapun yang menjadi keunggulan dari strategi affiliate marketing adalah semua orang bisa menjual produk dengan mudah, cukup dengan membuat sebuah info untuk suatu produk yang dapat menarik konsumen untuk datang ke situs web pemilik produk tersebut. Untuk generasi milenial, menjalankan affiliate marketing tentu sangatlah cocok.  

Baca juga: Cara kerja affiliate marketing dan keuntungan yang bisa didapat

Jika menjadi dropshipper atau reseller maka Anda harus melakukan pemesanan dan pembayaran, akan tetapi dalam bisnis affiliate marketing, Anda tidak perlu melakukan apapun jika pembeli melakukan klik pada link afiliasi dan membeli produk tersebut.

Adapun keuntungan dari affiliate marketing bagi perusahaan diantaranya adalah tidak memiliki biaya produksi, biaya awal yang sangat rendah, dapat menjual berbagai macam produk tanpa memiliki batasan, jangkauan pasar yang sangat luas dan sebagainya. Menjalani bisnis model seperti ini dapat dikatakan susah-susah gampang. 

Tetapi ingat, jangan terlalu meremehkan jenis usaha ini. Karena pada dasarnya usaha ini juga membutuhkan usaha yang lebih, banyak pelaku usaha yang melakukan ide bisnis ini malah menjadikan penghasilan yang sudah didapat menjadi tidak menguntungkan. Berikut beberapa contoh kesalahan dalam menjalankan usaha affiliate:

Rendahnya Pengetahuan Akan Produk

Dengan minimnya pengetahuan akan suatu produk, calon pembeli biasanya enggan membeli di tempat Anda. Mengapa? Karena kurangnya pengetahuan suatu produk menimbulkan efek kurangnya rasa percaya terhadap suatu nilai produk. 

Jadi sebagai affiliate Anda harus mengetahui dasar produk agar pembeli dapat melihat kredibilitas suatu produk dari deskripsi produk anda. Dengan mengenali produk yang Anda jual pastinya akan membuat Anda mendapatkan kepercayaan dan kredibilitas lebih dari pelanggan.

Setidaknya, Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut sehingga Anda dapat menjelaskan produk dan paham akan produk yang sedang anda jelaskan. 

Kurang Sabar dan Cepat Menyerah

Kesuksesan dari bidang usaha jenis ini memerlukan waktu yang tidak cepat. Semuanya butuh waktu dan proses yang cukup panjang. Jika Anda seorang yang sabar mungkin usaha ini cocok untuk Anda. 

Karena penantian panjang usaha ini akan membawa anda kepada hasil yang sangat memuaskan. Kendati demikian, usaha ini memerlukan banyak strategi dalam menjalankannya. Anda dapat mencoba banyak strategi, strategi-strategi yang gagal dapat anda coba untuk menjadikan suatu racikan formula yang baru untuk menuai kesuksesan usaha anda.

Memaksa Orang Untuk Membeli

Kebanyakan orang yang baru menjalankan affiliate marketing terlalu memaksakan kehendak mereka, agar orang membeli produknya. Padahal, hal terpenting adalah konten dalam website dapat mengedukasi calon pembeli dan apa manfaat dari produk yang nantinya mereka beli melalui link affiliate marketing

Baca juga: Apa itu dropship? Masihkah menjanjikan di 2019?

Cepat Berpuas Diri dan Malas Memperluas Jaringan

Pada sistem usaha  jenis ini seharusnya kita cari formula lain tetapi bagi mereka yang sudah sukses biasanya hanya menggunakan satu formula dan terus berada di formula yang sama. 

Tren didunia bisnis online ini dengan cepat akan berubah, dan sebagai orang yang menjalani usaha ini harus cepat juga beradaptasi dengan perubahan tren yang ada, sehingga Anda seharusnya jangan cepat berpuas diri. 

Untuk meningkatkan angka penjualan dapat dilakukan dengan menerapkan strategi e-mail marketing. Selain berpotensi meningkatkan penjualan, e-mail marketing juga menjadi media untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan.

Tidak Fokus dan Bergabung Dengan Banyak Program 

Banyak orang melakukan bisnis ini dengan memasukan semua produk dagang karena melihat suatu supplier yang memiliki banyak pengikut, dampak yang didapat adalah fokus pada suatu jenis barang yang terpecah atau malah jadi gagal fokus. Anda mungkin tidak dapat mengontrol lagi barang yang anda jual karena terlena dengan jumlah pengikut yang dimiliki. 

Sebisa mungkin hindari mengikuti banyak program afiliasi dalam waktu bersamaan guna menghindari terjadinya kendala apabila terdapat suatu masalah yang terjadi dalam waktu hampir bersamaan. Sebaiknya Anda fokus pada salah satu program afiliasi saja.

Tidak Ada Perbandingan

Salah satu teknik terbaik selain review produk adalah melakukan perbandingan dengan produk lain yang sesuai. Ketika seseorang ingin melakukan pembelian biasanya cenderung mempersempit pilihan menjadi 2 produk, dengan demikian calon pembeli dapat mempertimbangkan produk mana yang terbaik. Jangan lupa untuk menyisipkan link affiliate yang anda miliki di setiap produk agar jika terjadi transaksi pembelian anda mendapatkan komisi.

Dengan mempelajari 6 kesalahan yang sering terjadi, Anda dapat menghindari masalah tersebut dan mulai belajar untuk mengatasinya. Tertarik untuk menjadi affiliate marketing? Paper.id memiliki program affiliate marketing dengan komisi sebesar 60%. Selain itu, kami juga siap memberikan dukungan dengan pembuatan konten serta seminar bagi para penggunanya. Jika Anda tertarik, bisa menghubungi nomor dibawah ini.

Nadia Kurniawan
+62 857-0966-6178

(Visited 21 times, 1 visits today)