Apakah kalian ingin berjualan secara online? Jika kalian ingin memulai bisnis online, kalian harus mencari stok barang sesegera mungkin. Bagaimana kalian dapat menemukan produk dari supplier atau distributor tangan pertama dengan harga terbaik untuk dijual secara online? Simak penjelasannya berikut ini!

Bukan tanpa alasan, beberapa keuntungan yang bisa kalian peroleh saat pertama kali menemukan supplier tangan pertama, salah satunya kalian memiliki kesempatan untuk meraup keuntungan yang lebih besar.

Bahkan, kalian bisa memiliki peluang atau potensi untuk menjual produk ke para reseller atau dropship dalam jumlah yang lebih besar, membuat target pasar lebih luas dan lebih banyak lagi. Dengan begitu, nilai penjualannya diharapkan menjadi lebih tinggi sehingga bisa melampaui keuntungan yang maksimal.

Sebelum lanjut memahami bagaimana cara mencari supplier tangan pertama, kalian harus mengetahui terlebih dahulu hal berikut ini.

Perbedaan Distributor dan Supplier

Ada beberapa tingkatan dalam distribusi yaitu produsen, master distributor, importir, reseller dan dropshipper.

Perbedaan Distributor dan Supplier

Distributor bisa diartikan sebagai pihak yang membeli produk dari produsen secara langsung, kemudian akan menjual ke pihak selanjutnya. Setelah dari distributor, mereka akan menghubungkan produk kepada toko retail.

Sementara itu, supplier adalah individu atau perusahaan yang menjual bahan mentah yang kemudian diubah menjadi produk untuk siap dipasarkan. Umumnya, supplier menjual produk dalam bentuk bahan baku, ada juga yang sudah menjadi produk siap jual.

Baca juga: Tips Negosiasi Tempo Pembayaran dengan Supplier yang Efektif

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

Melalui Marketplace

Melalui Marketplace

Membeli di marketplace biasanya lebih menguntungkan karena di sana banyak penjual, reseller, dropshipper, distributor, importir dan lain sebagainya. Kalian memiliki banyak opsi untuk memilih langsung supplier untuk kebutuhan usaha.

Dengan cara membandingkan harga dan membaca deskripsi produk, kalian bisa meningkatkan peluang mendapatkan produk termurah dan berkualitas.

Melalui Website atau Toko Online

Melalui Website atau Toko Online

Jika kalian belum menemukan supplier yang cocok di wilayah kalian atau jika kalian tidak ingin ribet menempuh perjalanan untuk mencarinya, kalian dapat mengunjungi situs web supplier.

Apabila kalian belum mengetahui daftar suppliernya, kalian bisa mencarinya di berbagai media sosial menggunakan situs penelusuran. Pastikan juga untuk melihat rating supplier tersebut.

Masukan berbagai macam kata kunci yang memungkinkan kalian mendapatkan banyak pilihan. Tak sedikit toko online yang juga menyediakan layanan supplier. Tentunya, cara mencari supplier tangan pertama ini memudahkan kalian sebagai pelaku bisnis.

Melalui Komunitas Online

Melalui Komunitas Online

Cara mencari supplier tangan pertama selanjutnya yaitu melalui komunitas online.

Contohnya, Kaskus dan Facebook. Kalian bisa menemukan berbagai macam produk dan supplier untuk kebutuhan usaha. Dalam komunitas ini, ada juga anggota yang akan memberikan beberapa informasi seputar bisnis dan supplier.

Namun, kalian harus teliti untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Kalian juga bisa mengikuti komunitas bisnis untuk mendapatkan informasi lebih mudah.

Melalui Jasa Import

Melalui Jasa Import

Cara mencari supplier tangan pertama terakhir yaitu melalui jasa import.

Kalian akan lebih mudah dan terjamin aman, karena jasa import sudah ahli dalam dunia import. Namun, harus teliti memilih jasa import di Indonesia. Pastikan memiliki alamat kantor yang jelas dan bisa untuk dikunjungi membahas mengenai bisnis.

Selain itu, kalian juga bisa melihat dari ulasan, jika ulasan jasa import mencurigakan sebaiknya mencari jasa import yang lain. Contohnya, kalian bisa melihat ulasan asli dari ulasan pembeli.

Baca juga: Tips Mengatur Tempo Pembayaran Supplier untuk Memperlancar Cash Flow

Well, itulah cara mencari supplier tangan pertama untuk mendapatkan harga yang terbilang murah untuk seputar bisnis kalian.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Ocistok.com

Muhamad Dika Wahyudi