Webinar Paper.id x SMESCO, Pentingnya Pencatatan dan Pemeriksaan Keuangan UMKM

Pada Jumat (18/09/2020), Paper.id mengadakan webinar dengan tema “Praktik Pencatatan dan Pemeriksaan Keuangan Secara Ringkas Bagi UMKM” bersama SMESCO. Dalam webinar yang diadakan pada pukul 14.00 WIB tersebut, acara ini dibawakan oleh Ibu Ilona Gunawan selaku moderator dengan dua narasumber, Dr. Dwi Wulandari, SE, MM, CFP dan Novriansyah Gunawan.

Dalam acara yang berlangsung selama 2 jam tersebut, terdapat 3 sesi yang diikuti oleh para peserta. Sesi pertama dibawakan oleh Dr. Dwi Wulandari mengenai pentingnya pencatatan serta pembuatan laporan keuangan. Sesi kedua dibawakan oleh Novriansyah Gunawan yang membawakan bagaimana mencatata keuangan secara digital dengan Paper.id dan terakhir sesi tanya jawab.

Baca juga: Fintech Corner Agustus 2020 – OJK Virtual Innovation Day dan Wawancara CEO Paper.id

Mencatat bukan sekedar mencatat, pelaku usaha perlu tahu fungsinya

Sesi pertama dibawakan oleh Dr. Dwi Wulandari, seorang ahli keuangan dan juga dosen di Universitas Brawijaya, Malang. Di awal, beliau menegaskan bahwa pelaku usaha harus tahu kenapa mereka harus mencatat dan merencanakan keuangan usaha. Dalam melakukannya, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan seperti

  • Perencanaan keuangan yang lebih rapi
  • Tahu keuntungan yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu
  • Mempermudah langkah untuk mendapatkan investor atau pinjaman keuangan

Sayangnya, hal ini masih dilupakan oleh banyak UMKM di Indonesia. Dr. Dwi melihat bahwa masih banyak pelaku usaha yang belum melakukan hal itu dan cenderung mencampur keuangan pribadi dan usaha. Hasilnya, hasil keuntungan usaha akan tercampur dan terpakai secara tidak sadar. Hal ini menimbulkan hal buruk di kemudian hari. Usaha akan stagnan dan cenderung gulung tikar jika tidak segera dibenahi.

Untuk itu, para pelaku usaha diharapkan sudah memahami mengenai jenis-jenis laporan keuangan yang dibutuhkan untuk bisnis seperti laporan laba/rugi, laporan neraca keuangan, laporan buku besar dan sebagainya.

Kurangnya pemahaman akan pencatatan memang menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi banyak pelaku usaha. Namun, hal ini sudah bisa tertangani dengan baik lewat kehadiran beragam software akuntansi yang hadir di Indonesia saat ini, salah satunya adalah Paper.id. Kegunaan Paper.id dalam mengatur laporan keuangan usaha dijelaskan lebih lanjut oleh product trainer Paper.id, Novriansyah Gunawan, di sesi kedua.

Baca juga: Kolaborasi Dengan Astra, CEO Paper.id Jadi Pembicara di Workshop “Aku Bisa”

Pengelolaan keuangan secara digital dengan Paper.id

Seiring dengan berubahnya zaman, teknologi semakin canggih dan mempermudah kehidupan manusia. Hal ini tercermin dari beragam aspek yang turut berpengaruh besar dalam kehidupa manusia termasuk kehadiran software untuk mengelola keuangan.

Sulitnya pencatatan keuangan, kesalahan dalam perhitungan hingga penggolongan debit dan kredit kini mampu dilakukan secara mudah oleh manusia hanya melalui software. Hal ini tentunya sudah sangat membantu, apalagi jika software tersebut gratis.

Mengusung komitmen untuk membantu UMKM, Paper.id menghadirkan platform bisnis bagi para pelaku bisnis dengan 3 fitur utama invoicing, accounting dan inventory. Selain itu, ditambah dengan digital payment dan solusi pendanaan, para pelaku usaha bisa mendapatkan sebuah platform bisnis yang lengkap tanpa perlu mengakses atau membeli paket dari software akuntansi lainnya.

Lewat Paper.id, Novri menjelaskan bahwa laporan keuangan hanya tinggal mengakses Paper.id saja karena sudah tersedia, laporan laba/rugi, laporan neraca keuangan, laporan buku besar, dan sebagainya di web.

Selain itu, para pengguna juga bisa mengakses laporan keuangan dari HP sehingga, bisa memantau keuntungan usaha yang didapatkan dalam sehari. Tentunya, hal ini menjadi sebuah hal yang sangat efektif dan berbeda dari cara lama yang ribet.

Dengan adanya webinar ini, para pelaku usaha turut terbantu dan mendapatkan ilmu mengenai pentingnya laporan keuangan. Tidak hanya untuk membantu agar keuangan usaha rapi, tapi juga membantu pelaku usaha untuk mendapatkan investor agar bisa naik kelas dan mendapatkan pinjaman bagi usaha. Tentunya, hal ini bisa dicapai dengan mudah melalui Paper.id, platform akuntansi terbaik dan terlengkap yang cocok untuk berbagai tipe bisnis. Daftarkan diri Anda secara gratis melalui link ini!

(Visited 280 times, 1 visits today)