Pasar kecantikan di Indonesia terus berkembang seiring dengan perubahan konsep kecantikan di masyarakat munculnya banyak produk seperti Somethinc.

Di masa lalu, konsumen cenderung berpikir bahwa kecantikan adalah tentang memiliki warna kulit yang cerah, tekstur kulit yang sempurna, dan kulit yang bebas dari jerawat. Namun kini, konsumen mulai menyadari bahwa kecantikan tumbuh dari dalam diri mereka sendiri dan mereka mulai berusaha mencari solusi terbaik untuk berbagai masalah kulit.

Baca juga: Coca Cola vs Pepsi, perang 2 minuman ternama dunia

Dimulai pada tahun 2014 dengan diluncurkannya BeautyHaul, sebuah perusahaan e-commerce kecantikan yang menyediakan produk kecantikan asli mulai dari perawatan kulit, rias wajah, perawatan tubuh, hingga aksesori dari merek kecantikan internasional dan lokal ternama.

Mereka akhirnya meluncurkan merek pertama mereka yaitu Somethinc yang didirikan pada tahun 2019, yang saat ini merupakan merek perawatan kulit #1 di e-commerce & perdagangan modern dengan lebih dari 1 juta pengikut media sosial.

Sejarah awal Somethinc

Diluncurkan pada Mei 2019, Somethinc adalah merek kecantikan lokal Indonesia yang berfokus pada perawatan kulit yang terinspirasi dari teman-teman milenial saat ini yang mencari produk perawatan kulit dan tata rias wajah yang tentunya bersertifikat halal untuk gaya hidup aktif mereka guna menjawab kebutuhan konsumen Indonesia dengan tentunya menawarkan bahan-bahan berkualitas unggul dengan harga terjangkau.

Dalam waktu dua tahun, produk ini tumbuh pesat dan berhasil mencapai Top 1 pangsa pasar perawatan kulit terbesar di platform digital Indonesia yaitu Shopee. Somethinc juga menjadi merek perawatan kulit terlaris #1 di platform e-commerce Indonesia Shopee Dinobatkan sebanyak sembilan kali berturut-turut pada tahun 2021.

Mereka juga telah menjadi salah satu merek perawatan kulit teratas di toko kosmetik modern, Somethinc telah berkembang dengan meluncurkan lebih dari 120 produk make up. Perlu Anda ketahui juga bahwa Somethinc memiliki saluran distribusi yang sangat luas dan dapat ditemukan di berbagai e-commerce dan ribuan toko kosmetik di 81 kota di Indonesia.

Irene Ursula, sosok penting dibalik berdirinya Somethinc

Irene Ursula pendiri Somethinc mengembangkan platform e-commerce ini, Irene mengetahui bahwa beauty enthusiast di Indonesia lebih tertarik dengan brand internasional, karena saat itu pasar Indonesia belum mempercayai kualitas produk kecantikan lokal, padahal kualitasnya setara dengan produk internasional.

Untuk membangun kepercayaan itu, Irene memutuskan untuk memperluas penawarannya ke produk kecantikan lokal dengan tujuan untuk membuktikan bahwa produk kecantikan di Indonesia dapat bersaing secara global.

Baca juga: Mixue, brand manis China yang terkenal di Indonesia

Berdasarkan misi tersebut, Irene dan 60 anggota tim secara resmi meluncurkan produk ini pada Mei 2019. Saat itu Irene melihat masalah kulit Indonesia untuk menemukan produk apa yang mereka butuhkan guna mengatasi kesenjangan di pasar Indonesia.

Berdasarkan titik kritis tersebut, Irene melakukan penelitian mendalam dan menggunakan bahan dan formulasi berkualitas tinggi untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen kecantikan di Indonesia. Namun sayangnya titik awal dari perjalanan bisnisnya mengalami kendala atau tidak semulus yang diharapkan.

Pembelian masih sedikit bahkan hanya terjual satu paket per bulan. Saat itu, masyarakat di Indonesia juga masih agak ragu membeli produk lokal sementara produk dari luar negeri sudah banyak yang terkenal, tapi tentunya dengan harga yang pasti mahal. Oleh karena itu Irene tersadar bahwa inovasi dan kepercayaan konsumen merupakan kunci dari keberhasilannya menggeluti bidang kecantikan.

Demikian sejarah tentang Somethinc mulai dari awal hingga dapat mendapatkan kesuksesannya hingga sekarang. Nantikan terus konten terbaru seputar bisnis hanya di Paper.id!