SIAL Interfood 2023 sukses diadakan dengan meriah di JIExpo Kemayoran. Pameran tahunan yang digelar di tanggal 8-11 November 2023 ini menjadi platform bagi produsen, distributor, importir, dan pemangku kepentingan lainnya dalam industri makanan dan minuman untuk bertemu, berkolaborasi, dan memperkenalkan produk-produk terbaru mereka. 

Diramaikan oleh 1,500 exhibitor dari 30 brand dari dalam dan luar negeri, acara ini tercatat dihadiri lebih dari 85.000 pengunjung. 

Baca Juga: Strategi Cash Flow dari Chief Business Officer Berpengalaman, Kupas Tuntas di Sini!

“Flavors of Financial Success: Cash Flow Strategies for F&B”, Talkshow Spesial dari Paper.id

Dalam event akbar tersebut, Paper.id berpartisipasi sebagai exhibitor sekaligus menyediakan sesi edukasi berupa segmen talkshow khusus untuk memberi solusi cash flow pebisnis, khususnya di bidang makanan dan minuman. Talkshow bertajuk “Flavors of Financial Success: Cash Flow Strategies for F&B” diisi oleh Anthony Huang (CBO Paper.id), Ricky Wijaya (CEO Teh Kotjok), dan Michael Rusly (CFO & Co-Founder Upserve).

Dalam talkshow penuh insight dari para profesional ini, para pengunjung disajikan ilmu-ilmu yang sulit ditemukan di kesempatan lainnya. 

Teh Kotjok yang dipelopori oleh Ricky Wijaya menyampaikan bahwa saat ini bisnisnya sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Sejak tahun 2010, Teh Kotjok kini sudah memiliki 70 outlet di seluruh Indonesia. Sementara, Upserve baru dimulai di tahun 2019, namun telah mengoperasikan lebih dari 50 outlet F&B yang dinaungi 15 brand lokal.

Tantangan Kelola Cash Flow Bisnis di Industri F&B

Selanjutnya, kedua pebisnis ini saling berbagi tentang tantangannya selama menjalankan bisnis.

“Tantangan terbesar adalah sulit mendapatkan tempo dari supplier. Apalagi, dulu mulai bisnis dari kecil, sehingga tidak banyak yang percaya untuk memberi tempo panjang,” tutur Michael Rusly. Ricky Wijaya pun punya pengalaman yang sama. Permasalahan ini berpengaruh langsung terhadap alur kas yang merupakan jantung bisnis.

PaperCard

Cash flow sering jadi masalah yang cukup rumit untuk dihadapi,” Ricky menimpali.

Keduanya pun setuju bahwa menggunakan teknologi digital dalam bisnis jadi cara yang solutif untuk menyelesaikan masalah tersebut dan menjaga bisnis mereka berkembang hingga sekarang. Salah satu teknologi yang sangat membantu adalah Paper.id.

Paper.id merupakan platform invoice dan pembayaran digital yang mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi bisnis, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar sekalipun. 

CBO Paper.id Anthony Huang dengan antusias memberikan gambaran tentang sistem kirim invoice dan pembayaran bisnis digital yang jadi jalan keluar bagi problematika tempo dalam menjalankan bisnis. Ia menggarisbawahi, pencatatan transaksi bisnis lewat invoice dan pembayaran dengan kartu kredit adalah cara untuk melancarkan cash flow bisnis yang begitu krusial.

Dengan kartu kredit, pebisnis bisa menambah tempo hingga total 55 hari, khususnya jika menggunakan PAPERCARD, kartu kredit bisnis eksklusif dari Paper.id. Tentunya, dengan tempo yang lebih panjang, sebuah bisnis bisa bernapas lebih lega karena mampu memenuhi kebutuhan bisnis untuk terus berjalan namun membayarnya pada tanggal jatuh tempo yang ditagih kemudian hari setelah keuntungan dari penjualan telah didapat.

Baca Juga: PaperPreneurs Oktober 2023: Menyiasati Tempo Pembayaran Pendek di Industri F&B

Telah dipercaya lebih dari 470.000 pebisnis di Indonesia, Paper.id berharap untuk terus memberikan fitur-fitur solutif terhadap permasalahan pemilik usaha, khususnya di bidang makanan dan minuman yang akan selalu dibutuhkan dan memiliki prospek luar biasa.

“Jangan menutup bisnis dari perkembangan. Selalu siap untuk adaptasi agar bisnis tetap relevan,” pungkas Anthony.

Demikianlah insight menarik yang diberikan oleh para 3 narasumber di SIAL Interfood 2023 kali ini. Jika kamu pun berkecimpung di dunia F&B dan merasakan masalah yang serupa, yuk, pelajari selengkapnya tentang Paper.id. Kemungkinan, Paper.id adalah solusi digitalisasi bisnis untukmu agar bisa berkembang lebih besar lagi. Klik tombol di bawah ini, ya!

Nadiyah Rahmalia