Kartu kredit bisnis, maupun yang biasa dipakai personal untuk keperluan pribadi memiliki kesamaan dalam pemakaian. Namun dalam pengoperasiannya, kartu kredit untuk bisnis dan personal memiliki perbedaan. 

Kartu kredit pribadi sendiri ditargetkan untuk individu yang dimana pengeluarannya untuk kebutuhan sehari-hari mereka. 

Sedangkan kartu kredit bisnis ditunjukan untuk para pebisnis, dimana pengeluarannya itu sendiri digunakan untuk kepentingan bisnis. Kartu kredit sendiri memiliki banyak promo. Kartu kredit pribadi sendiri berbeda-beda tergantung dari penerbit kartu tersebut. 

Baca Juga: Apa Itu Kartu Kredit? Lalu Bagaimana Sih Cara Menggunakannya?

Apa Itu Kartu Kredit Pribadi?

Kartu kredit merupakan sebuah kartu yang memungkinkan kalian melakukan transaksi hingga limit yang telah disepakati. Biasanya digunakan untuk kebutuhan belanja, beli makanan, dan lain sebagainya, yang biasanya itu ditunjukan untuk keperluan pribadi.

Pembelian transaksi tersebut akan dibayarkan secara kredit. Artinya penyedia bank lah yang akan membayarkan tagihan anda diawal, setelah itu kalian akan membayar tagihan yang harus dilunasi setiap bulan. 

Kemudian, kartu kredit pribadi sendiri biasanya hanya digunakan untuk keperluan sehari-hari tiap individu. 

Apa Itu Kartu Kredit Bisnis?

Kartu kredit bisnis merupakan sebuah kartu kredit yang digunakan oleh pemilik bisnis untuk membayar pengeluaran dari suatu usaha. Mulai dari perlengkapan kantor, tagihan listrik dan lain sebagainya. 

Cara kerja dari kartu kredit bisnis pun mirip dengan kartu kredit pribadi. Pemiliknya juga bisa mendapatkan hadiah berupa cashback atau mengumpulkan poin dan miles yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah. 

Limit yang ditawarkan kartu kredit bisnis umumnya lebih besar dibandingkan dengan kartu kredit pribadi. 

Semua bisnis bisa mengakses kartu kredit bisnis ini, mulai dari usaha kecil, hingga korporasi multinasional. Biasanya pihak yang bertanggung jawab dalam penggunaan kartu kredit ini ialah individu pemilik usaha. 

PAPERCARD, kartu kredit bisnis yang banyak manfaat

Salah satu kartu kredit bisnis yang sangat sayang untuk kamu lewatkan adalah PAPERCARD. Kartu kredit ini adalah hasil kerja sama antara Paper.id dan BRI & Visa, sehingga spesial karena menggabungkan benefit bisnis dan personal jadi satu.

Bukan hanya bisa menikmati limit yang lebih panjang hingga 55 hari, biaya transaksinya pun lebih rendah, yaitu 1,5%. Bahkan, ada pula cashback 0,1% tanpa batas di setiap pembayaran invoice di Paper.id, sehingga biaya transaksi di Paper.id yang tadinya 1,5% makin murah, yaitu hanya 1,4%! Rendah, bukan? Eits, bukan itu saja. ada berbagai diskon dari beragam merchant untuk keperluan bisnismu khusus dengan PAPERCARD. Transaksi PAPERCARD juga terkonversi dengan GarudaMiles setiap kelipatan Rp100.000 (Rp8.333 per miles).

Tenang, semua transaksi dengan kartu kredit ini akan bisa kamu kelola dan pisah dengan mudah menggunakan fitur business expense management yang sudah otomatis terintegrasi di Paper.id.

Yuk, #SwipeUpYourLife agar bisnis up, life juga makin up! Segera daftarkan bisnismu ke Paper.id, atau klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Baca Juga: Perbedaan Kartu Debit dan Kredit Yang Harus Kalian Ketahui

Perbedaan Kartu Kredit Bisnis dan Personal

Terdapat perbedaan antara kartu kredit pribadil juga bisnis. Berikut penjelasannya:

1. Limit yang ditawarkan 

Pertama, limit yang ditawarkan kedua kartu pun berbeda, baik itu kartu kredit pribadi maupun bisnis, keduanya memiliki perbedaan dalam limit yang mereka tawarkan. 

Pada umumnya limit yang ditawarkan kartu kredit bisnis lebih besar dibandingkan dengan kartu kredit pribadi. Hal ini tentunya yang menjadi pembeda antara kartu kredit bisnis dengan kartu kredit pribadi dalam hal limit

2. APR yang ditawarkan

Kedua, APR atau biasa disebut dengan Annual Percentage Rate. APR sendiri biasanya diterapkan pada uang yang akan dipinjam. Seperti saat mengajukan kredit bermotor, kartu kredit, pinjaman konsumtif, hingga pendidikan. 

APR sendiri menampilkan perhitungan jumlah bunga yang nantinya akan dikenakan saat kalian mengajukan pinjaman. Nah dalam hal ini, APR yang didapat antara kartu kredit pribadi dan kartu kredit bisnis berbeda. 

Biasanya promo bunga nol persen yang ditawarkan kartu kredit pribadi lebih lama dibandingkan dengan kartu kredit bisnis. 

3. Suku bunga

Secara umum, tarif biaya untuk kartu kredit pribadi dan bisnis memiliki kesamaan, namun dalam hal suku bunga yang ditawarkan, perlu diingat kedua produk baik personal atau bisnis memiliki perbedaan. Kedua jenis kartu tersebut didasarkan pada kelayakan kartu kredit. 

4. Undang-undang perlindungan konsumen

Biasanya untuk undang-undang perlindungan konsumen sendiri jauh lebih kuat dengan kartu kredit dibandingkan dengan kartu kredit bisnis. Misal, biaya keterlambatan pada kartu kredit bisnis jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kartu kredit pribadi.

5. Rewards yang ditawarkan

Kartu kredit bisnis menawarkan berbagai kategori hadiah, banyak di antaranya ditargetkan untuk kebutuhan bisnis seperti perlengkapan kantor atau tagihan telepon. Kategori lain, seperti poin dan miles. Kartu kredit pribadi pun menawarkan hal serupa, namun terbatas kepada keperluan individu. 

6. Keuntungan yang didapat

Selain beragam rewards, kartu kredit bisnis juga menawarkan banyak sekali manfaat untuk bisnis. Seperti kalian bisa dengan mudah melacak pengeluaran kartu kredit ketika kartu kredit bisnis kalian digunakan oleh karyawan kalian. 

Berbeda dengan kartu kredit pribadi yang lebih digunakan untuk keperluan sehari-hari juga individu. Dengan kartu kredit bisnis juga kalian bisa mengorganisir pengeluaran dengan mudah, dan masih banyak keuntungan lainnya. 

Selain itu kalian bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar supplier, lho, tapi tenang aja, kalau supplier kalian tidak menyediakan metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, kalian bisa menggunakan fitur Paper Pay Out dari Paper.id untuk membayar supplier dengan menggunakan kartu kredit. 

Selain mendapatkan tambahan tempo, tentunya arus kas kalian semakin lancar. Yuk, buruan gunakan Paper.id dan dapatkan manfaat-manfaat dengan klik tombol di bawah ini!

Alfian Dimas