Panduan Membuat Proposal Harga Dengan Invoice Catering

Mirrza A. Akbar | August 9, 2018

 

Panduan Membuat Proposal Harga Invoice Catering - Invoice Catering

Antisipasi ongkos biaya dan outline harga adalah hal utama yang biasa dilakukan ketika memulai bisnis catering. Menyimpan semua salinan invoice catering juga membuat bisnis terorganisir untuk pajak penghasilan. Sangat penting juga bagi Anda untuk mengkomunikasikan harga dan layanan catering sebelum acara.

Disini, kami akan menjelaskan bagaimana Anda membuat proposal harga untuk invoice catering Anda. Simak poin-poin dibawah ini ya!

Informasi Kontak dan Detail di Invoice Catering

Nama pelanggan, perusahaan, alamat tagihan, nomor telepon harus berada di daftar utama invoice catering. Agar lebih detail, masukan juga tanggal acara, nomor invoice serta identifikasi pelanggan.

Bocoran: buat daftar yang meliputi tiap nama customer dengan kode angka dan huruf. Jadi ketika klien semakin bertambah, kode tersebut akan secara efisien melacak tiap pelanggan, Apa saja yang harus ada di dalam daftar tersebut?

  1. Jenis Acara

Ini akan sangat mempengaruhi harga awal. Contohnya, sebuah pernikahan dengan table service akan lebih mahal daripada buffet dengan pelayan.

  1. Tanggal Acara

Permintaan musiman dapat mempengaruhi biaya catering pada acara selanjutnya. Anda bisa menaikkan harga pada hari libur dan musim yang sangat sibuk. Contohnya, acara outdorr di musim panas akan membebankan biaya tambahan ke klien. Karena mungkin peralatan seperti kanopi dibutuhkan pada waktu acara.

  1. Lokasi Acara

Berdasarkan tipe bisnis catering Anda, biaya venue sangat bervariasi. Dalam beberapa kasus, klien Anda akan menyediakan venue. Atau, Anda akan mencari partnership untuk mendirikan venue. Jika Anda menyediakan pelayanan mobile catering (seperti food truck), cari transportasi dan biaya parkir yang cocok.

Setelah informasi kontak dan detail, pastikan menulis nama perusahaan di atas dan dibawah invoice catering. Selain itu, tulis juga jenis pekerjaan yang Anda kerjakan, ketentuan pembayaran dan tenggat waktu pembayaran invoice catering. Tentukan metode pembayaran yang akan Anda sediakan. Termasuk cek, tunai, kartu debit maupun kredit.

Faktor Umum Penentu Harga

Faktor Umum Penentu Harga - Invoice Catering Paper.id

Tidak ada acara yang sama, tapi Anda harus menemukan faktor umum penentu harga yang dapat diterapkan ke semua pekerjaan catering. Apa saja faktor yang termasuk?

  1. Jumlah minimal dan maksimal tamu yang diundang
  2. Biaya per orang untuk orang dewasa dan anak-anak
  3. Biaya keseluruhan untuk jam pelayanan lebih
  4. Berapa lama pekerjaan
  5. Menaikkan biaya pada hari libur dan musim sibuk
  6. Peralatan yang harus dipinjam dan dibeli untuk acara
  7. Harga venue
  8. Biaya perjalanan (bensin dan peralatan tempat catering)

Biaya Layanan dan Staf

Biaya Layanan dan Staf - Invoice Catering Paper.id

Biaya yang termasuk dalam poin ini adalah pelayan, pelayan bar dan staf penunggu. Biaya akan bervariasi berdasarkan pada tipe layanan yang tersedia. Contohnya, pelayanan buffet, tray untuk hidangan pembuka, layanan meja dan lain-lain. Jenis peralatan makanan juga akan berpengaruh terhadap harga saat Anda merekrut pencuci piring.

Biaya Makanan dan Minuman

Sertakan laporan komplit menu catering yang klien akan dapatkan saat acara. Ini akan menghindari perselisihan dalam menentukan harga. Jika bisnis catering Anda bukan bisnis yang spesifik, sediakan template menu untuk acara-acara tertentu. Contohnya seperti pesta liburan, pesta pernikahan, ulang tahun maupun konser.

Syarat dan Ketentuan Catering

Informasi yang harus disertakan di lembar syarat dan ketentuan adalah tanggal terakhir kapan klien bisa mengganti jumlah tamu dan menu, serta informasi pembayaran. Deposit awal yang klien bayarkan juga harus jelas. Jumlah biaya pengembalian jika ada pembatalan harus Anda sertakan.

Yang terpenting adalah kapan tagihan harus dibayar. Sebagai tambahan, Anda harus merinci ketentuan pembatalan. Anda juga harus menentukan apakah klien akan mendapatkan refund jika klien membatalkan dalam waktu tertentu. Jika Anda sudah menentukan harga khusus untuk kebutuhan bisnis catering Anda, segeralah kunjungi Paper.id untuk membuat invoice catering.

Mengapa Paper.id? Software invoicing dan akunting Paper.id memiliki banyak kelebihan. Selain Anda bisa go paperless dalam bisnis, pengiriman invoice catering lewat email dan pengingat tagihan klien akan dikirim secara otomatis. Template invoice catering juga dijamin profesional dan efektif. Lalu, tidak ketinggalan sistem pembukuan yang rapih dan dapat melacak semua transaksi bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *