fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Apa Perbedaan Mendasar Invoice Digital dan Invoice Elektronik?

Destri Dela | September 5, 2018
Invoice Digital

Perbedaan Invoice Digital dan Invoice Elektronik

Rate this post

Invoice sangat erat kaitannya dengan bisnis. Setiap pelaku bisnis yang melakukan bisnis akan mengeluarkan berbagai jenis invoice. Seperti invoice digital yang dapat dikirim kapanpun dimanapun. Jenis invoice yang wajib dikirim setelah klien melunasi invoice tagihan dari perusahaan.

Pengiriman serta pembuatan invoice pelunasan kini tak lagi rumit. Hal itu karena didukung oleh banyaknya aplikasi yang mempersingkat dan mempermudah proses invoicing. Output dari software invoicing pun bersifat portable karena ia bisa berada dalam ponsel atau laptop Anda.

Dalam dunia software invoicing, output invoice terbagi atas dua jenis. Apa sajakah itu?

Invoice Digital dan Invoice Elektronik

Invoice digital biasanya berupa file PDF atau Word. Kadang, invoice ini merupakan invoice kertas yang dipindai atau diubah jadi bentuk digital. Invoice ini mudah dipahami oleh banyak orang karena sudah familiar. Sedangkan, invoice elektronik atau e-invoice adalah file data yang ditransfer antar komputer dan tidak mudah dipahami oleh manusia.

Format file invoice elektronik yang umum adalah XML dan EDI. E-invoice berisi data terstruktur, sehingga lebih mudah bagi komputer untuk memahami dan menyimpan secara otomatis. Mungkin masih banyak yang belum paham dengan makna yang benar tentang berbagai jenis invoice.

Terutama invoice digital dan invoice elektronik ini, yang mana secara fundamental sangat berbeda. Namun, dalam bisnis, banyak pemilik usaha yang menggunakan invoice digital. Mereka mengirimkan invoice tagihan dan invoice pelunasan kepada klien dalam bentuk PDF melalui email.

Sementara, invoice elektronik atau e-invoice mungkin sulit bagi orang awam. Karena invoice harus berisi data dari pemasok dalam format yang terintegrasi ke dalam AP (Account Payable) klien, tanpa memerlukan input data dari administrator AP klien.

Kapan Invoice Disebut Invoice Elektronik?

Sebuah e-invoice berbentuk file digital yang dibangun secara sistematis dengan data yang terdapat di lokasi tetap. Serta makna yang didedikasikan secara khusus. Ada banyak format berbeda untuk e-invoicing. Standar global untuk e-invoice saat ini tidak ada. Format yang paling umum adalah EDI dan UBL.

EDI telah menjadi format yang populer dalam waktu yang lama, tetapi biayanya mahal untuk pemilik UKM. Hingga saat ini, UBL 2.0 adalah format yang banyak pemilik usaha besar sukai. Secara singkat, invoice elektronik meliputi

  • Data invoice terstruktur yang diterbitkan dalam format Electronic Data Interchange (EDI) atau XML
  • Data invoice terstruktur yang diterbitkan menggunakan form web standar berbasis internet

Kapan Invoice Disebut Invoice Digital?

Invoice Digital

Invoice digital adalah ini dapat dilihat dan diproses secara digital. Dengan ini, invoice pelunasan Anda akan dengan mudah untuk diarsipkan dan terhubung ke software akuntansi. Dengan invoice digital, pengenalan optik (OCR) yang dicatat dalam sistem semi-otomatis, akan memberikan kontribusi yang banyak untuk menurunkan tekanan kerja.

Solusi keuangan online yang dapat diakses secara mudah dapat berkontribusi secara maksimal lewat keberhasilan yang dibawa oleh invoice digital ini. Bagaimana? Apakah Anda masih bingung dengan perbedaan antara invoice digital dan e-invoice?

Yang pasti, invoice yang sampai ke tangan klien adalah invoice digital. Dimana invoice ini adalah invoice yang dipindai atau dibuat secara digital dan diterbitkan dalam format PDF atau Word. Sedangkan, e-invoice biasanya digunakan “dibalik layar” perusahaan.

Paper.id Mendukung Invoice Digital dan E-Invoice
Paper.id Mendukung Invoice Digital dan E-Invoice

Invoice elektronik sendiri bukan jadi tujuan melainkan sarana untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, Paper.id ada untuk Anda sebagai pelaku UMKM dalam mempermudah proses invoicing bisnis Anda. Dengan Paper.id, Anda akan merasa yakin dengan invoice tagihan digital yang tepat sasaran, cepat dan gratis.

Lalu, Anda hanya tinggal menunggu invoice pelunasan sampai di tangan Anda tanpa kesalahan. Paper.id dapat mengotomatiskan semua proses e-invoice ke dalam pembukuan agar cash flow bisnis Anda semakin lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *