Cara Kirim Invoice- Jika bisnis yang kamu jalani terbiasa menggunakan Invoice dalam mengirimkan tagihan kepada pelanggan, berarti kamu sudah familiar dengan kata keterlambatan pembayaran. Xero, sebuah Software Akunting yang berasal dari Selandia Baru, mengemukakan jika 1 dari 3 bisnis kecil dan menengah kerap kali merasakan permasalahan tersebut.

Satu-satunya cara yang biasa dilakukan oleh para pemilik usaha agar bisa mendapatkan pembayaran lebih cepat adalah dengan mengingatkan pelanggan. Namun, cara tersebut dianggap sangat mengganggu dan tidak dianjurkan untuk digunakan. Sebab, pelanggan akan merasa jika dirinya tidak diberikan kepercayaan untuk membayar tepat waktu.

Di sisi lain, jika tidak diingatkan untuk membayar, para pelanggan biasanya telat atau menunggak pembayaran. Hal tersebut selalu terjadi dan berimbas terhadap neraca keuangan bisnis kamu. Terlebih lagi, busaha yang kamu jalani masih bersifat kecil atau UKM.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pembayaran tepat waktu. Semuanya dimulai dari satu hal, yaitu cara kirim Invoice yang mana seharusnya mengandung beberapa unsur penting, seperti tanggal jatuh tempo, pemberian diskon dll. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat di bawah sini:

Tanggal Jatuh Tempo

Invoice Paper.id

Invoice Paper.id

Cara kirim Invoice pertama yang bisa membuat kamu mendapatkan pembayaran lebih cepat adalah dengan menjelaskan kapan waktu jatuh tempo. Dengan kata lain, kamu memberikan batasan kapan terakhir melakukan pelunasan tagihan. Jika pelangganmu belum membayar juga, kamu bisa menunda pengiriman produk agar tidak merasa dirugikan.

Biasanya, Invoice online yang diberikan oleh pihak penjual tidak menyertakan tanggal secara akurat. Kebanyakan dari mereka menuliskan “Net 30 Days”, atau artinya bisa dibayar selama 30 hari ke depan. Dibanding memberikan prediksi seperti itu, lebih baik kamu langsung tetapkan saja batas akhir pembayaran.

Kirim Reminder

Fitur Pengingat - Paper.id

Fitur Pengingat – Paper.id

Kenapa pelanggan kesal ketika dikabarkan untuk melakukan pembayaran secepatnya? Sebab, mereka merasa tidak dipercayai atau juga mereka merasa risih. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk kamu mengingatkan pelanggan secara manual melalui pesan singkat maupun telepon. Sebagai gantinya, kamu bisa mengirimkan reminder dengan menggunakan Software Invoice yang kamu gunakan.

Salah satu Invoice Online yang bisa memberikan reminder otomatis kepada pelanggannya adalah Paper.id. Caranya, kamu tinggal melihat cara membuat Invoice secara manual di Paper.id. Setelah itu, kamu bisa membuat Invoice dan mengirimkannya kepada pelanggan. Di bagian pengiriman, kamu bisa melakukan setting untuk mengaktifkan fitur reminder atau tidak.

Baca Juga: Termasuk Pengingat Faktur, Ini 5 Cara Pembayaran Invoice Tepat Waktu

Diskon

Software Inventory Paper

Semua orang suka potongan harga, terlebih lagi jika diskon yang diberikannya besar. Melihat hal tersebut, kamu juga bisa menggunakan strategi ini agar Invoice yang kamu kirimkan dibayar lebih cepat oleh pelanggan. Kamu bisa menerapkan beberapa diskon yang berbeda tergantung dari berapa lama mereka membayarkan tagihannya.

Misalkan tanggal jatuh tempo Invoice Online yang kamu kirimkan adalah 5 hari. Mungkin, kamu bisa menerapkan diskon 5% ketika pelanggan membayar pada hari pertama dan diskon sebesar 4% apabila melunasinya di hari ke-2. Buat jumlahnya terlihat besar dengan berbagai metode pembayaran.

Atau, kamu juga bisa menuliskan diskon 50% apabila membayarkan tagihannya pada hari pertama. Namun, batas maksimal potongan harganya hanyalah Rp. 5 ribu rupiah. Cukup menarik, bukan?

Review Invoice

Sales Invoice Adalah

Sales Invoice Adalah

 

Tagihan yang dibayarkan seringkali terlambat masuk? mungkin saja ada kesalahan dalam penulisan Invoice yang kamu berikan. Misalnya, mungkin saja kamu menuliskan kalimat yang kurang sopan atau juga ada kesalahan dalam pembuatan tanggal jatuh tempo. Di beberapa kasus, template Invoice ternyata mempengaruhi tingkat kesadaran pelanggan dalam membayarkan tagihannya.

Di Paper.id, ada lebih dari 5 template Invoice yang bisa kamu gunakan secara Gratis. Template Invoice memang sengaja dibuat menarik agar pelangganmu tertarik untuk membaca keseluruhan isi dari tagihan yang kamu kirimkan. Dengan begitu, mereka ingat kapan jatuh tempo dari Invoice yang ditagihkan dari kamu atau pihak penjual lainnya.

Cara Kirim Invoice Terbaik?

Invoice Pembelian

Invoice Pembelian

Saat ini, Invoice bisa dibuat secara digital sehingga kamu tidak perlu repot-repot membuang banyak waktu untuk mendesain secara manual. Salah satu software Akuntansi yang memudahkan kamu dalam hal tersebut adalah Paper.id. Di Paper.id, kamu bisa melakukan banyak hal agar Invoice yang dikirimkan menjadi terlihat menarik di mata pelanggan.

Kamu bisa mulai dengan mengubah Template Invoice, mengirimkan Invoice dengan fitur Reminder hingga mengubah waktu jatuh tempo pembayaran sesuai dengan keinginan. Saat ini, lebih dari 25 ribu sudah bergabung dengan Paper.id dan merasakan berbagai kemudahan dalam pengelolaan bisnis.

Tak hanya berfokus kepada Invoice Online saja, kamu juga bisa menikmati beberapa fitur menarik lainnya, mulai dari penghitungan Laporan Keuangan yang lebih akurat, Pelaporan Stok Gudang hingga Pembuatan Surat Jalan otomatis. Bergabung dengan Paper.id Gratis, caranya tinggal klik tombol di bawah ini.