Dalam beberapa tahun terakhir, keinginan para remaja di Indonesia sudah sedikit demi sedikit bergeser. Banyak yang mulai bercita-cita untuk menjadi pengusaha. Hal tersebut tentunya sangat bagus lantaran dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Salah satu alasan yang mungkin mengubah cara berpikir mereka adalah setelah membaca beberapa kisah inspiratif orang sukses di bawah ini.

Betapa tidak, ada beberapa anak muda Indonesia yang mampu masuk ke dalam Forbes Under 30. Forbes merupakan salah satu  majalah besar yang berfokus kepada bisnis dan usaha. Untuk bisa bersaing masuk ke penghargaan tersebut, seorang pelaku usaha pastinya sangatlah berpengaruh besar, bukan hanya kepada dirinya sendiri melainkan juga orang lain.

Well, ini dia 5 kisah inspiratif orang sukses di Indonesia yang mampu masuk ke Forbes di bawah usia 30 tahun.

Christina Suriadjaja

Christina Suriadjaja

Christina Suriadjaja

Kisah inspiratif orang sukses di Indonesia pertama adalah Christina Suriadjaja yang merupakan salah satu perusahaan properti daring bernama Travellio. Siapa sangka, di usianya yang baru memasuki 24 tahun, Christina sudah mampu  masuk ke barisan beken Forbes U-30. Bahkan, anak dari pendiri PT Surya Semesta Internusa ini seringkali menerima penghargaan  internasional, salah satunya adalah EY NextGen Award Winner 2017 di Monako.

Bisa dibilang, perusahaan Start Up yang didirikan Christina merupakan sebuah hobi yang terlaksana. Betapa tidak, ia mengaku memang sudah tertarik masuk ke ranah perhotelan dan properti sejak masih kecil. Karena hal itu pula, Christina akhirnya memilih untuk mengambil jurusan bisnis di University of Southern California Marshall School of Bussines di California, Amerika Serikat.

Teguh Ariwibowo

Teguh Ariwibowo

Teguh Ariwibowo

Beranjak dari permasalahan umum di masyarakat, yakni pinjam meminjam uang, Teguh Ariwibowo akhirnya membuat perusahaan rintisan yang memudahkan orang dalam mendapatkan uang tunai. Pada awalnya, pria lulusan Universitas Airlangga ini menemukan kasus  pinjaman uang ketika berada di Yogyakarta. Kala itu, ada seorang pria yang meminjam uang namun harus mengembalikannya dengan  laba 10% dalam sehari.

Ternyata, hal-hal kecil yang beredar di masyarakat seperti ini mampu membawanya menjadi salah satu anak muda asal Indonesia  yang masuk ke dalam Forbes U-30. Kisah inspiratif orang sukses ini menjadi bukti jika isu sosial di tanah air masih sangat banyak dan harus digali lagi.

Tyovan Ari Widagdo

Tyovan Ari Widagdo

Tyovan Ari Widagdo

Kisah inspiratif orang sukses selanjutnya dialami oleh Tyovan Ari Widagdo, si pemuda asal Wonosobo yang hanya bisa bermain warnet setengah jam karena tidak punya uang. Berkat niat, tekad kuat serta belajar otodidak, Tyovan mampu mewujudkan mimpinya sebagai ahli IT. Di awal karirnya, ia sempat terjun ke ranah hitam peretasan. Namun, ia memilih untuk pensiun dan memulai usaha barunya.

Perusahaan start up yang dirintis olehnya bergerak di bidang pendidikan. Hingga saat ini, tercatat, sudah lebih dari 150 ribu orang yang menjadi membernya. Tyovan selalu yakin jika ia ingin membantu orang lain untuk berkembang, Tuhan pasti akan memberikan  jalan baginya. Dengan pencapaian tersebut, tidak salah jika dirinya termasuk ke dalam orang yang berpengaruh versi Forbes di usia yang belum memasuki 30 tahun.

Tri Wibowo

Tri Wibowo

Tri Wibowo

Berawal dari keprihatinan terhadap banyaknya tenaga perawat yang tidak bekerja, Tri Wibowo membuat sebuah terobosan yang cukup inspiratif. Pria kelahiran 1989 tersebut menciptakan sebuah layanan jasa kesehatan berbasis daring. Demi mewujudkan impiannya tersebut, Tri bahkan rela berkeliling setiap sekolah SMK Keperawatan demi mendapatkan lulusan terbaik.

Sejak dibuat pada tahun 2013 silam, Insan Medika kini sudah semakin terkenal dan menyebar ke seluruh pelosok nusantara. Ke depannya, Tri ingin terus memperluas ekspansi bisnisnya. Namun, ia ingin terus menjaga kualitas Insan Medika dengan merekrut tenaga ahli atau caregiver yang memang berasal dari ranah kesehatan.