Setiap tahun, momen HUT RI selalu dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menggaet konsumen dengan promo 17 Agustus. Biasanya, para pelaku bisnis memberikan diskon atau promo.

Hal ini menjadi cara efektif guna menaikkan omzet mereka. Dalam menaikannya, ada banyak cara yang ditempuh agar produk yang mereka jual bisa memikat banyak orang. Berikut ini, kita akan melihat lebih dalam soal promo kemerdekaan serta hal apa saja yang berkaitan dengan promo tersebut.

Baca juga: Transaksi jual beli dalam perusahaan B2B dan contohnya

Promo 17 Agustus, Cara Ampuh Menggaet Pelanggan

Momentum 17 Agustus menjadi waktu yang tepat bagi para pebisnis untuk meluncurkan promo khusus. Hal ini berdasarkan cara promosi yang pas dengan memperhitungkan kelebihan dan keuntungan untuk menjual sebuah produk.

Alasan kenapa 17 Agustus sering dipilih adalah, 17 Agustus adalah hari besar dimana, banyak orang libur atau menetap didalam rumah. Selain itu, hal ini juga diwarnai dengan euphoria yang sangat besar dari seluruh rakyat Indonesia karena, 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, para pelaku usaha memandang tanggal tersebut sebagai waktu yang tepat guna meluncurkan promo atau diskon guna menggaet pelanggan lebih banyak untuk menaikkan omzet.

Baca juga: Nota pembayaran dan peran pentingnya bagi perusahaan

Cara-cara promo 17 Agustus yang patut dilihat

Untuk membuat sebuah promo yang menarik, para pebisnis biasanya melakukan cara-cara yang unik. Cara pertama yang paling sering dilakukan adalah dengan menjual barang dengan harga sesuai nominal hari kemerdekaan Indonesia. Sebagai contoh, barang yang ada dijual dengan harga 171945 atau 17080 atau seterusnya. Hal ini dianggap sebagai hal yang menarik dan bisa memikat banyak orang mengingat, harga menjadi poin penting dalam marketing yang bisa membuat banyak orang tertarik untuk membeli.

Cara kedua, dengan warna merah dan putih. Warna merah putih berkaitan dengan warna bendera Indonesia dimana, hal ini sering digunakan sebagai marketing gimmick oleh para pelaku usaha. Contohnya, pembeli disarankan untuk menggunakan baju merah dan putih atau merah atau putih saja. Kemudian, mereka akan mendapatkan barang atau produk jika memenuhi persyaratan yang ada.

Cara ketiga lewat penyajian produk yang berbeda. Biasanya, hari besar akan memberikan penyajian produk yang berbeda. Entah itu dari isi, desaing paket, dan juga lainnya yang memberikan kesan khusus pada produk tersebut. Selain itu, promo juga bisa dilihat dari barang yang ada dimana, para pelaku bisnis memberikan produk dalam sebuah bundle agar lebih hemat dan bisa menarik lebih banyak orang.

Tips dalam memberikan promo bagi para pelaku bisnis

Jika kamu ingin membuat promo atau diskon, ada beberapa hal yang harus kamu perhitungkan. Pertama, keuntungan yang akan kamu dapat. Promo atau diskon biasanya berhubungan dengan potongan harga, produk tambahan atau hal lainnya sebagai bagian untuk menarik konsumen. Karena itu, buatlah perhitungan yang tepat akan keuntungan dan juga biaya yang harus kamu keluarkan untuk promosi tersebut.

Kedua, pilihlah ide marketing yang bagus. Berpikirlah out of the box agar bisa mendapatkan ide yang pas dan belum pernah dipakai sebelumnya. Karena itu, cara ini dipandang sebagai cara yang sulit namun bisa memberikan efek yang sangat besar terhadap pasar. Dengan eksekusi yang baik, produk yang kamu miliki akan terjual mengingat, cara ini menjadi cara yang pas agar meningkatkan omzet yang kamu miliki.

Untuk menunjang promosi yang kamu buat, kamu bisa menggunakan software dari Paper.id! Paper.id merupakan software invoice dengan beragam fitur yang bisa kamu gunakan secara GRATIS. Terintegrasi secara otomatis, semua fitur Paper.id bisa digunakan dengan mudah bahkan oleh orang yang tidak bisa akuntansi sama sekali.

Kelola keuangan bisnis kamu dengan mudah, dimana saja dan kapan saja dengan Software Invoice #1 Paper.id! Klik link dibawah UNTUK MENGGUNAKANNYA SECARA GRATIS!

 

Daniel Nugraha