Transformasi digital ikut mengubah cara bisnis menerima pembayaran yang kini serba cashless dan menjadikannya sebuah tantangan untuk bisa beradaptasi dengan situasi tersebut. Keberagaman metode pembayaran tak hanya membuat Anda perlu menyediakan opsi tersebut bagi kenyamanan pelanggannya tapi juga mengefisiensikan operasional bisnis. Payment gateway merupakan solusi yang banyak dimanfaatkan oleh beragam bisnis untuk menjawab tantangan tersebut. Yuk pahami apa saja alasan yang membuat bisnis membutuhkan payment gateway!

Baca juga : Bagaimana Cara Kerja B2B Payment Gateway & Efeknya Untuk Perusahaan Anda?

Alasan Bisnis Membutuhkan Payment Gateway

1. Kompleksitas Proses Pembayaran

Proses pembayaran seperti transfer ke rekening bank ternyata bisa menghambat bisnis hingga menyebabkan pelanggan frustasi. Seperti halnya jika Anda menjalankan bisnis F&B yang sudah menyediakan opsi metode pembayaran secara digital, namun masih dengan cara mentransfer ke rekening bank tertentu. Hal ini akan menyebabkan bisnis kesulitan untuk mengecek dan merekap transaksi setiap harinya, karena harus dicatat secara manual. 

Selain itu, proses pembayaran menjadi lebih lama karena pelanggan harus dengan teliti melihat, menuliskan nomor rekening dan jumlah yang ingin ditransfer, sehingga antrian pelanggan semakin panjang. Pada akhirnya, efektifitas pembayaran di toko tersebut pun kurang baik.

Solusi: 

Payment gateway memberikan kemudahan untuk memonitor transfer pelanggan dari berbagai metode pembayaran yang tersedia di platform bisnis Anda. Selain itu, pelanggan juga memanfaatkan metode pembayaran inovatif seperti Virtual Account (VA) untuk menghindari potensi salah transfer. Disini payment gateway mampu menyederhanakan proses pembayaran baik di sisi merchant maupun pelanggan.

2. Ragam Pilihan Metode Pembayaran untuk Diintegrasikan

Kini, ada banyak pilihan metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Misalnya, bisnis Anda ingin memperluas jangkauan pasarnya, maka sediakan beragam metode pembayaran digital populer, seperti e-wallet, VA, dan pembayaran dengan kartu kredit/debit, QRIS dll. Namun, proses integrasi dengan berbagai platform pembayaran tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang besar, karena Anda harus mengkoneksikannya ke satu per satu bank yang bekerjasama. Untuk itu, perlu gunakan payment gateway yang bisa mengintegrasikan ragam metode pembayaran untuk bisnis lebih efisien.

Solusi: 

Payment gateway menawarkan solusi pembayaran dengan biaya yang kompetitif dan transparan sesuai kebutuhan, dimana merchant dapat terhubung dengan lebih dari 45+ metode pembayaran yang tersedia di DOKU. Hal ini membantu bisnis menghemat biaya operasional dan waktu, daripada harus mengkoneksikan bisnis dengan metode pembayaran ke setiap bank satu per satu. Seperti di DOKU, dimana merchant hanya akan dibebankan biaya untuk setiap transaksi sukses saja.

3. Persaingan Bisnis

Persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat sehingga mendorong perusahaan untuk memberikan promo dan diskon untuk menarik konsumen. Misalnya persaingan antara perusahaan ride-hailing yang ramai perang harga. Dimana, salah satu perusahaan menawarkan promo cashback menarik bagi pelanggan jika menggunakan metode pembayaran digital tertentu. Hal ini menyebabkan peningkatan penggunaan metode pembayaran tersebut.

Solusi:

Payment Gateway menyediakan beragam metode pembayaran untuk merchant pilih yang bisa digunakan pada platformnya. Dengan pilihan metode pembayaran yang beragam, merchant bisa berinovasi dalam memberikan promo atau diskon melalui ketersediaan metode pembayaran.

4. Keamanan dan Privasi Data

Keamanan data pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Bisnis harus memastikan bahwa data pelanggan terlindungi dari serangan siber dan penyalahgunaan. Marak terjadi, toko online mengalami kebocoran data sehingga mengakibatkan informasi pribadi jutaan pelanggannya terekspos. Hal ini menyebabkan kerugian besar bagi bisnis tersebut, baik secara finansial maupun reputasi. Pada akhirnya, bisnis bisa kehilangan konsumen dan pelanggannya.

Solusi:

Payment gateway memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan mudah, cepat dan didukung dengan teknologi keamanan data dan menghindari resiko fraud. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan kenyamanan konsumen saat bertransaksi di bisnis Anda.

Baca juga : Bagaimana Bulk Payment Mempermudah Bisnismu?

Selain itu, Anda juga harus pastikan untuk memilih payment gateway yang terdaftar dan patuh terhadap regulasi terkait pembayaran digital di Indonesia. Seperti DOKU yang memiliki lisensi yang terdaftar oleh Bank Indonesia sebagai Penyedia Jasa Pembayaran – Kategori Izin 1 (Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana, E-Money, E-Wallet, QRIS) dan collecting agent untuk PNBP. Dengan memastikan hal tersebut, maka pengembangan produk dan transformasi bisnis selalu berada dalam naungan regulasi yang berlaku. 

Untuk itu, pastikan Anda memilih mitra payment gateway dengan standar kepatuhan yang baik, memfasilitasi integrasi ke metode pembayaran lengkap, menawarkan biaya kompetitif, memastikan keamanan data dan kesuksesan transaksi dapat terwujud. 

Daniel Nugraha