Nota Kontan – Dalam transaksi bisnis online shop, kalian pasti butuh yang namanya bukti transaksi. Bukti ini bersifat wajib kalau kalian telah menyelesaikan tagihan atas transaksi kalian.

Bukti transaksi merupakan salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan dalam berbisnis. Tanpa adanya bukti transaksi, pelanggan merasa mereka tidak memiliki ‘kekuatan’ apabila produk yang dibeli rusak sebelum pemakaian.

Invoice Penjualan

Oleh karena itu, pemilik usaha juga harus memberikan kenyamanan untuk para pelanggannya agar mau kembali beli produk dari mereka.

Salah satu jenis bukti transaksi yang sering digunakan adalah Nota Kontan. Dalam konteks bisnis, Nota Penjualan ini juga biasa disebut sebagai Faktur ataupun Invoice. Tidak ada perbedaan diantara ketiga jenis tersebut. Yang pasti, pemberian Nota, Faktur dan Invoice harus dilakukan sebelum pihak pembeli membayarkan tagihannya. Dengan kata lain, ini adalah bukti berapa besar jumlah yang harus dibayarkan.

Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan Nota Kontan. Lebih lanjut, kamu juga akan mempelajari cara pembuatannya melalui Microsoft Excel.

Namun, ternyata ada lho cara yang lebih mudah dilakukan dalam menyelesaikan proses dalam berbisnis tersebut. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Tutorial Membuat Nota Penjualan Menggunakan Aplikasi Akuntansi Gratis

Pengertian Nota Kontan

Nota Kontan adalah bukti transaksi pembayaran yang dikeluarkan oleh pihak pemilik usaha terhadap pelanggannya. Gampangnya ini merupakan sebuah dokumen pembayaran atas transaksi penjualan barang atau jasa secara tunai yang diberikan kepada pembeli dari penjual.

Biasanya, nota jenis ini diberikan secara langsung kepada pelanggan yang datang ke tokonya. Dengan begitu, transaksi bisa diselesaikan tanpa harus menunggu jatuh tempo.

Nota kontan sangat jauh berbeda dengan nota kredit ataupun nota debit. Kedua hal tersebut masih berkaitan dengan hutang piutang dari keduah belah pihak.

Ini lebih menekankan kepada bukti transaksi yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli karena telah melunasi tagihan dari pembelian.

Terdapat beberapa hal yang harus dimasukkan ke dalam nota penjualan ini, meliputi:

  • Hari dan tanggal keluarnya nota.
  • Pemilik usaha atau nama usaha yang dikelola.
  • Jenis produk yang dijual kepada pelanggan.
  • Kuantitas atau jumlah produk yang diberikan.
  • Jumlah harga yang harus dibayarkan
  • Tanda tangan sebagai bukti sah keluarnya nota.

Biasanya, banyak pemilik usaha yang memilih untuk membeli nota penjualan dalam bentuk kertas. Namun, ada juga yang membuatnya sendiri di rumah secara manual.

Namun, apakah nota penjualan yang mereka buat bisa dijadikan bukti transaksi? Jawabannya iya, selama ada tanda tangan dan stempel dari pihak yang menjualkan produk.

Fungsi Nota Kontan dalam transaksi penjualan bisnis

Nota kontan sendiri memiliki beberapa fungsi dan sangat penting. Dokumen ini biasanya dijadikan acuan ketika sebuah perusahaan atau bisnis akan membuat laporan keuangan. Bisa dikatakan dokumen ini menjadi alat untuk dilakukannya pengecekan ulang. 

Itu dilakukan tentunya pada saat perusahaan ingin membandingkan jumlah yang terjual dengan data yang ada pada nota. Tentunya dokumen ini akan dijadikan sebagai alat bukti transaksi yang resmi atau sah. 

Selain itu juga, dokumen nota kontan juga bisa membantu dalam pencatatan, contohnya invoice penjualan. Invoice penjualan akan menjadi bukti tagihan pembelian yang sah juga, dimana didalamnya terdapat beragam keterangan mulai dari item hingga total harga. 

Bisa dikatakan bahwa nota kontan penjualan menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Berikut beberapa fungsi dari nota kontan penjualan. Seperti berikut :

  • Sebagai alat untuk melacak serta membandingkan jumlah barang yang terjual dengan barang fisik yang tersisa di gudang.
  • Dokumen bukti transaksi yang sah
  • Ada banyak beragam informasi pembelian yang bisa ditulis seperti harga, nama, jenis barang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa Itu Nota Penjualan di dalam Transaksi Bisnis?

Apa Saja Komponen Nota Kontan

Terdapat beberapa komponen nota kontan yang harus kalian ketahui. Nota kontan merupakan dokumen yang sangat penting, karena ini bisa dijadikan bukti transaksi untuk pelanggan. 

Bukti pembayaran ini akan dikeluarkan lalu diberikan kepada pelanggan ketika pelanggan telah melunasi tagihan transaksi yang ada. 

Lalu apa saja komponen dari nota kontan, berikut penjelasannya: 

  1. Nama perusahaan/nama toko sebgai yang mengeluarkan nota
  2. Nomor nota
  3. Tanggal transaksi
  4. Jenis barang
  5. Jumlah barang yang diambil/dibeli
  6. Harga satuan barang
  7. Jumlah harga

Contoh Nota Kontan 

Berikut ini merupakan contoh nota kontan yang bisa kalian lihat secara simpel dan sederhana.

Contoh nota kontan sederhana

Cara Membuat Nota Kontan Mudah

Kalian bisa loh dengan mudah membeli nota kontan di tempat perlengkapan alat tulis. Namun informasi didalamnya tidak sesuai yang kalian inginkan. Kalian bisa loh dengan mudah membuat nota kontan secara custom mudah. Berikut caranya dibawah ini!

1. Buat Nota Kontan Menggunakan Microsoft Excel

Nota Excel

Untuk sebagian pemilik usaha yang piawai dalam menggunakan teknologi, mereka bisa membuat sendiri nota kontan penjualannya.

Cara membuatnya juga cukup sederhana sebab hanya membutuhkan Microsoft Excel jenis apapun. Nantinya, Nota Penjualan yang dihasilkan akan sama seperti yang tertera di atas.

Gambar dan cara dari pembuatan nota melalui excel seperti berikut ini:

  1. Kolom C (Kode Barang) bisa kamu isi secara manual tergantung dengan kode yang kamu tentukan.
  2. Selanjutnya, Kolom D (Nama Barang) kamu bisa isikan dengan menerapkan rumus seperti ini: =IFERROR(VLOOKUP(C10,’DATA BARANG’!$B$3:$D$100,2,FALSE),””)
  3. Ketiga, di Kolom E (Jumlah Barang) kamu bisa isi sesuai dengan produk terjual.
  4. Keempat, isi kolom F (Harga Satuan) menggunakan formula ini: =IFERROR(VLOOKUP(C10,’DATA BARANG’!$B$3:$D$100,3,FALSE),””)
  5. Kelima, Kolom G (Total Harga) bisa menggunakan rumus ini: =IFERROR(E10*F10,””)
  6. Keenam, masukan Cell G17 (Grand Total) dengan rumus ini =SUM(G10:G16) untuk melihat jumlah total harga yang harus dibayarkan.
  7. Cell G18 bisa kamu masukkan rumus seperti di bawah ini untuk menentukan jumlah diskon yang kamu inginkan.  =IF(G17>=10000000,G17*20%,IF(G17>=1000000,G17*10%,0)). Diskon yang didapatkan adalah sekitar 10% untuk pembelian minimal 1 juta dan 10% apabila total pembelian 10 juta. Kamu bisa ubah sesuai dengan keinginan kamu.
  8. Kemudian di Cell G19 (Grand Total (-Disc)), kamu bisa masukkan rumus ini untuk mendapatkan hasil total setelah diskon. =G17-G18

Baca Juga: 6 Contoh Bukti Transaksi dalam Bisnis yang Kamu Harus Tahu

2. Menggunakan Aplikasi Invoice Online dari Paper.id

Seperti kata pepatah, “ada banyak jalan menuju Roma”. Sama seperti bisnismu, ada banyak cara juga yang lebih mudah untuk mencatat seluruh bukti transaksi. Pencatatan melalui manual maupun excel sudah tidak terlalu populer. Saat ini, kamu bisa membuat Nota Penjualan tanpa harus menggunakan kertas. Caranya adalah dengan menjadi bagian dari Software aplikasi invoice online Paper.id.

Dengan Paper.id maka, pembuatan nota kontan sangat lah mudah. Kalian tidak perlu repot repot membuat nya dari nol. Selain itu, kalian bisa membuat digital invoice online, hingga mengirim invoice. Tidak hanya itu, invoice yang dikirim sudah terekonsiliasi dengan pembayaran digital.

Buat Nota Kontan Secara Otomatis Menggunakan Software Aplikasi Invoice Online dari Paper.id

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kalian bisa membuat nota kontan secara otomatis dengan Paper.id. Platform ini dilengkapi dengan beragam fitur, seperti invoice penjualan, pembelian, hingga kwitansi. Semua itu sudah terekonsiliasi secara langsung dengan pembayaran digital.

Paper.id menawarkan kamu kemudahan untuk membuat Nota Penjualan terhadap pelanggan. Selain itu, nota terbuat juga langsung bisa dikonversi menjadi kwitansi. Apabila nota telah lunas, kamu juga bisa langsung mendapatkan catatan Laporan Keuangan yang akurat. Jika nota terbayarkan, produk berkurang secara otomatis. Semua urusan bisnis itu bisa kamu lakukan di Paper.id.

Jadi, kamu tidak perlu lagi mencatat semuanya secara manual. Hanya dari membuat Nota Penjualan saja, urusan bisnis kamu langsung lancar hingga ke Laporan Keuangan, Pengaturan Stok Produk hingga pembuatan Kwitansi Online. Mau bergabung sekarang? silahkan klik tombol yang tertera di bawah ini secara Gratis.

Daniel Nugraha