Apa Itu Integrasi Marketplace?

Berdasarkan penjelasan dari E-Tailize, integrasi marketplace adalah proses menghubungkan lebih dari satu e-commerce dan marketplace sehingga dapat menyinkronkan katalog produk, memproses pesanan, sampai pengiriman barang.

Jika biasanya kamu melakukannya secara manual ke masing-masing toko, berbeda dengan layanan ecommerce satu ini, dimana kamu dapat mengkoneksikan berbagai akun tokomu di dalam satu sistem. Dengan  integrasi marketplace, kamu bisa mengambil, menambah, menghapus, dan menyinkronkan data pada produk, pesanan, customer, serta pengiriman di marketplace.

Maka dari itu, untuk memudahkan para pelaku usaha e-commerce dalam mengelola bisnisnya, muncul yang namanya aplikasi manajemen integrasi marketplace.

Lalu, apa yang dimaksud dengan aplikasi integrasi marketplace?”

Aplikasi integrasi marketplace adalah sebuah sistem yang ditawarkan untuk membantu pebisnis dalam mempermudah setiap proses operasional bisnis. Nantinya, seluruh kegiatan bisnis yang berasal dari semua marketplace  diatur melalui satu dashboard saja. 

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot lagi mengurus toko dari masing-masing marketplace secara manual.

Baca juga: 3 Metode Pembayaran Online yang Sering Digunakan eCommerce

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Integrasi Marketplace

Keuntungan Menggunakan Integrasi Marketplace
Keuntungan Menggunakan Integrasi Marketplace (Sumber: Unicommerce)

Kalau tadi kita udah bahas mengenai pengertian integrasi marketplace dan manfaatnya. Nah, sekarang apa saja keuntungan dari penggunaan aplikasi manajemen integrasi marketplace?

Berikut ini, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika memakai software integrasi marketplace. Yuk, kita simak!

1. Memudahkan Akses ke Seluruh Data

Keuntungan pertama jika menggunakan aplikasi manajemen integrasi marketplace adalah kemudahan dalam mengakses seluruh data yang berkaitan dengan toko online. Mulai dari pesanan barang, produk, kategori, inventory, data customer, status pengiriman customer, sampai pelaporan bisnis. 

Semua data tersebut, pastinya sangat penting saat menjalankan sebuah bisnis dan menyediakan layanan.

2. Operasional Bisnis Lebih Efisien

Software manajemen marketplace juga dapat memberikan keuntungan untuk bisnis dalam menjalankan operasional bisnis. Sebab, kamu bisa mengurus segala kebutuhan toko hanya melalui satu dashboard saja. 

Umumnya, kalau kamu punya toko di marketplace harus menambahkan produk, seperti gambar, deskripsi, kategori produk, dan lainnya secara manual. Bagaimana jika produk yang kamu miliki sangat banyak dan punya lebih dari 2 toko?

Tentunya akan menguras waktu dan tenaga, karena kamu harus menambahkannya satu per satu. Tetapi berbeda ketika menggunakan aplikasi kelola marketplace, kamu cuma memasukkan gambar sekali, selanjutnya kamu bisa langsung menyebarkannya ke seluruh toko di berbagai marketplace.

Tanpa perlu khawatir perbedaan kategori produk di masing-masing marketplace, karena sudah dipetakan menyesuaikan ketentuan marketplace. Tidak hanya itu saja, software ini akan membantumu dalam pengelolaan stok yang real-time. Salah satunya tersedia sinkronisasi stok (sync stock) secara otomatis. 

Contoh, kamu berjualan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia dan persediaan stok barang kamu ada 10 pcs di setiap toko. Kemudian ada customer yang membeli sebanyak 2 pcs di Tokopedia. Nah, secara otomatis stok barang yang ada di Shopee dan Lazada berkurang 2 pcs tanpa kamu harus mengubahnya sendiri. 

Baca juga: Baru Mulai Bisnis Di E-Commerce? Ini 5 Cara Ampuh Agar Bisnismu Bisa Cepat Untung!

3. Proses Orderan Hanya di Satu Dashboard

Kecepatan memproses pesanan menjadi satu kunci berjalannya sebuah bisnis, di sini keuntungan lain dari manajemen integrasi marketplace. Di mana, mempermudah proses pengiriman barang ke customer, sebab semuanya bisa diproses dari satu dashboard saja.

Misalnya, ada orderan masuk sebanyak 50 pesanan di Shopee dan 50 pesanan di Tokopedia. Jika biasanya kamu mesti memprosesnya satu persatu di setiap marketplace, sekarang hanya di satu dashboard kamu dapat langsung memprosesnya sehingga lebih hemat waktu dan tenaga.

4. Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Terakhir, kamu dapat meningkatkan penjualan dengan semua marketplace. Semakin banyak marketplace yang terhubung, maka semakin banyak pula customer yang bisa kamu dapatkan sehingga potensi bisnismu semakin besar. Apalagi setelah kamu menerapkan layanan yang stabil sekaligus menjangkau audiens yang lebih luas.

Salah satu sistem integrasi marketplace yang bisa kamu gunakan adalah platform omnichannel. Tidak hanya menghubungkan antar marketplace saja, tapi kamu juga bisa integrasikan website toko online dan social commerce. Fitur-fitur yang ditawarkan juga lebih lengkap, kamu bisa balas chat customer hingga terhubung ke toko offline (fisik) dengan software POS.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Jubelio dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi