Era industri 4.0 memberikan efek pada perkembangan teknologi dalam berbagai bidang di Indonesia. Cara pandang pada bisnis telah berubah semenjak perusahaan-perusahaan digital menguasai bisnis digital.

Momen itu juga mempengaruhi banyak orang untuk mendirikan usaha dengan mengadopsi teknologi digital. Dengan begitu, mereka tetap bisa bersaing dalam persaingan global. Tren pertumbuhan UMKM yang positif turut berimbas pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurut data kementerian perindustrian Republik Indonesia dalam 5 tahun terakhir, UMKM telah memberikan kontribusi produk domestic bruto sebesar 60.34%.

Karena itu, hal ini membuktikan pengaruh UMKM yang besar terhadap kemajuan ekonomi Indonesia. Pemerintah membuat langkah Go Online untuk memajukan daya saing UMKM di kancah lokal dan internasional.

Baca juga: Apa itu invoice? pentingkah untuk bisnis?

Gerakan tersebut bermaksud untuk mendorong UMKM untuk mengadopsi teknologi digital dalam usaha mereka. Dengan begitu, mereka akan merasakan beragam manfaat bagi kemajuan bisnis serta kelancaran operasional mereka. Berikut efek-efek yang bisa dirasakan UMKM dengan menerapkan teknologi pada usaha mereka.

Mendapatkan informasi lebih cepat

Seorang pelaku usaha yang baik harus mengikuti perkembangan informasi yang terjadi. Dalam hal ini, ia harus peka akan perkembangan teknologi serta tren yang ada. Hal ini berpengaruh terhadap inovasi sebuah produk yang membuat perusahaan lebih cepat dikenal.

Karena itu, setiap UMKM harus segera menerapkan teknologi digital untuk bisnis mereka. Dengan begitu, setiap pelaku usaha bisa lebih mudah dalam mendapatkan informasi terbaru untuk kemajuan bisnis mereka kedepannya.

Menghemat biaya pemasaran

Penerapan teknologi digital dalam kegiatan pemasaran dapat memberikan dampak yang lebih efektif. Dalam hal ini, perusahaan dapat memaksimalkan campaign untuk mendapatkan exposure, branding, dan survey.

Zaman sekarang, sudah ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pemasaran sebuah bisnis. Sebut saja, Facebook Ads, Google Adwords, Instagram Ads, dan juga tools lainnya yang membantu Anda dalam menjangkau banyak orang hanya lewat satu platform.

Pemasaran modern bergantung kepada sosial media dan content marketing. Untuk memenangkan persaingan, setiap perusahaan dituntut untuk membuat konten yang menarik dan original untuk menarik banyak orang dengan mudah.

Mempermudah operasional

Penggunaan teknologi mempermudah kegiatan operasional perusahaan dengan membawa beberapa manfaat seperti, memangkas dana operasional, mempercepat kerja, dan mengurangi beban perusahaan secara keseluruhan. Dengan begitu, pembagian waktu dan kerjaan bisa berjalan lebih efisien dan efektif.

Baca juga: Apa itu cash flow – panduan untuk pebisnis kecil

Karena itu, banyak perusahaan telah menerapkan hal tersebut guna memberikan efek yang lebih baik dalam kinerja serta penggunaan waktu. Dengan begitu, kinerja perusahaanbisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Penerapannya dapat terlihat dalam berbagai macam hal mulai dari pengelolaan keuangan, pembagian kerja, dan juga hal lainnya. Tentunya, hal ini dimulai dengan pemilihan software yang tepat untuk hal tersebut.

Daniel Nugraha