Perilaku konsumen di era digital yang lebih sering berbelanja secara daring mempengaruhi sistem operasional bisnis untuk turut beradaptasi menjadi bisnis digital. Terbukti dengan menjamurnya bisnis e-commerce saat ini. Pelaksanaan bisnis e-commerce sendiri mengandalkan beragam faktor penunjang seperti platform belanja, pemenuhan stok, aktivitas pemasaran, dan proses pengiriman.

Proses pengiriman dapat diibaratkan seperti ujung tombak bisnis, sebab tanpanya produk tidak akan mencapai tangan pelanggan. Kecepatan dan kualitas barang saat proses pengiriman pun berdampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Terlebih dengan bertumbuhnya skala bisnis, volume pengiriman yang meningkat dapat berpotensi menjadi masalah baru. Oleh karena itu, menjadi hal penting bagi setiap bisnis meningkatkan performa pengirimannya.

Di tengah tantangan ini, kehadiran aggregator logistik menjadi solusi untuk mempercepat dan menyederhanakan proses pengiriman barang. Dalam artikel ini, kita akan mengupas seluk-beluk aggregator logistik dan manfaatnya bagi bisnis e-commerce.

Pengertian Aggregator Logistik

Aggregator logistik merupakan entitas bisnis yang menyatukan distributor atau penjual dengan berbagai jasa pengiriman ke dalam satu platform terpadu sehingga menciptakan efisiensi dalam pengelolaan pengiriman.

Tujuan utama dari aggregator logistik adalah memperpendek waktu pengiriman, mengurangi kompleksitas birokrasi, dan mendukung kegiatan bisnis, terutama bagi pemilik e-commerce.

Selain menjadi penghubung antara penjual dengan ekspedisi, entitas bisnis ini juga memberikan solusi logistik lainnya. Pada umumnya, entitas bisnis ini turut mengatasi tantangan seperti keluhan pada sistem pelacakan, kehilangan barang, dan minimnya jasa penjemputan barang.

Baca Juga: 3 Metode Pembayaran Online yang Sering Digunakan eCommerce

Jenis-Jenis Layanan Agregator Bisnis

Dalam menjawab tuntutan kompleksitas bisnis e-commerce, aggregator logistik menawarkan serangkaian layanan komprehensif untuk mendukung keberlanjutan distribusi dan pengiriman.

1. Pengiriman barang

Sebagai layanan utama, pengiriman barang mencakup berbagai pilihan jasa ekspedisi, jenis layanan, dan opsi armada. Anda dapat memilih layanan pengiriman reguler, ekspres, atau kargo. Armada pengirimannya pun beragam mulai dari motor, mobil, hingga truk. 

Aggregator logistik menawarkan pilihan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, memastikan fleksibilitas dalam pemenuhan kebutuhan pengiriman.

2. Plugin pengiriman

Integrasi mudah melalui plugin pengiriman menjadi kunci keberhasilan dalam menghubungkan bisnis dengan platform e-commerce dan sistem manajemen. Hal ini dapat memudahkan pengolahan data, meminimalkan risiko kesalahan, dan memungkinkan perusahaan untuk beroperasi dengan efisien di era digital yang terus berkembang.

3. Gudang dan fulfillment

Sebagian aggregator logistik juga menyediakan fasilitas gudang penyimpanan barang. Tidak hanya sekadar menyewakan ruang, entitas bisnis ini juga menjalankan proses pemenuhan pesanan yang akurat, memastikan pengiriman tepat waktu dan efisien.

4. Aplikasi Pemrograman Antarmuka (API)

Dengan menyediakan fasilitas API, aggregator logistik memudahkan proses integrasi website e-commerce dengan penyedia jasa pengiriman. Hal ini tidak hanya meningkatkan konektivitas tetapi juga memungkinkan adaptabilitas terhadap perubahan ekosistem bisnis.

5. Manajemen inventaris

Layanan ini mencakup pemantauan stok secara kontinu, pengelolaan stock yang efisien, dan manajemen ketersediaan produk. Aggregator logistik memastikan perusahaan dapat mengelola inventaris secara optimal serta mencegah kekurangan atau kelebihan stok.

6. Pelacakan real-time

Pelacakan real-time menjadi fitur yang memberikan visibilitas langsung dan akurat terhadap status pengiriman. Fitur ini ampuh memenuhi kebutuhan pelanggan akan informasi yang transparan. Selain itu, fitur ini juga dapat memberikan kendali perusahaan terhadap proses logistiknya.

7. Jasa konsultasi logistik

Dengan menyediakan wawasan mendalam mengenai strategi pengiriman, aggregator logistik membantu perusahaan mengoptimalkan operasional bisnis untuk menghadapi tantangan logistik dengan lebih percaya diri.

Baca Juga: 10 Jenis Pembayaran Digital Hingga Manfaatnya Buat Bisnis

Manfaat Aggregator Logistik untuk Bisnis Ecommerce

Dalam mewujudkan efisiensi dan keunggulan bagi bisnis e-commerce, penggunaan aggregator logistik membawa sejumlah manfaat krusial, diantaranya:

1. Integrasi API yang mudah dan praktis

Aggregator logistik menonjolkan kemudahan integrasi melalui API. Bisnis e-commerce dapat dengan lancar terkoneksi dengan berbagai ekspedisi pengiriman tanpa harus menghabiskan waktu dan upaya untuk mengintegrasikan kurir satu per satu.

2. Peningkatan efisiensi bisnis

Layanan entitas bisnis ini memungkinkan bisnis memusatkan perhatian pada pertumbuhan bisnis tanpa harus terpaku pada proses pengiriman produk. Dengan demikian, waktu dan tenaga dapat dialokasikan untuk peningkatan efisiensi operasional secara menyeluruh.

3. Peningkatan kepuasan pelanggan

Aggregator logistik memberikan pelanggan beragam pilihan layanan pengiriman. Kemampuan untuk memilih layanan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memperkuat keterlibatan pelanggan dalam proses pembelian.

4. Monitoring pengiriman yang mudah

Dengan fitur pelacakan real-time, bisnis dapat memantau status pengiriman produk secara langsung. Kejelasan yang diberikan kepada bisnis akan meningkatkan transparansi dalam proses pengiriman.

Sebagai penyedia solusi logistik terintegrasi, entitas bisnis ini membuka pintu bagi bisnis e-commerce untuk tumbuh dan berkembang dengan lebih efisien. 

Dilengkapi dengan layanan yang mencakup segala aspek pengiriman dan manajemen logistik, Anda tidak hanya memenuhi kebutuhan bisnis modern, tetapi juga membantu menciptakan pengalaman berbelanja online yang lebih baik bagi konsumen. 

Dengan demikian, kehadiran aggregator logistik bukan hanya sebagai penyambung hubungan antara penjual dan ekspedisi, tetapi juga sebagai katalisator pertumbuhan dan keberhasilan bagi bisnis e-commerce di era digital ini.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Biteship

Muhamad Dika Wahyudi