Uang tunai merupakan alat pembayaran yang dominan yang biasa dipakai saat melakukan transaksi pembayaran dalam bentuk fisiknya yaitu uang kertas atau koin. Uang tunai sendiri memiliki fungsi antara lain sebagai alat pembayaran yang sah dan cepat dalam menyelesaikan pembayaran secara instan.

Apa itu Pembayaran?

Pembayaran adalah transfer uang, barang, atau jasa dengan imbalan barang dan jasa dalam proporsi yang dapat diterima dan telah disepakati sebelumnya oleh semua pihak yang terlibat.

Biasanya pembayaran juga dapat dilakukan dalam bentuk pertukaran layanan, uang tunai, cek, transfer, kartu kredit atau kartu debit. Secara umum dapat dikatakan juga bahwa sistem pembayaran merupakan sebuah aturan atau mekanisme yang digunakan untuk menjalankan pemindahan dana guna memenuhi suatu kewajiban dari suatu kegiatan ekonomi.

Baca juga: Wajib tahu! Pengertian & siklus produk

Secara global sistem pembayaran dibagi menjadi dua sistem, yaitu pembayaran tunai dan pembayaran non-tunai. Perbedaan yang sangat mendasar dari kedua sistem pembayaran tersebut terletak pada instrumen yang digunakan.

Pada sistem pembayaran tunai umumnya media yang digunakan berupa uang kartal, yaitu uang dalam bentuk fisik seperti halnya yang kertas dan uang logam, sementara pada sistem pembayaran nontunai atau offline, media yang digunakan dapat berupa cek, giro, kartu kredit atau debit maupun mobile banking.

Namun pada sistem pembayaran offline biasanya akan membebankan biaya yang terkait dengan pembayaran tersebut. Oleh karena itu mempertimbangkan biaya yang terkait, maka banyak usaha kecil ritel lebih memilih pembayaran tunai.

Hal tersebut dikarenakan pembayaran tunai memiliki keuntungan karena sifatnya yang langsung dan cepat, namun pembayaran tunai juga mempunyai kekurangannya sendiri, karena dapat hilang atau dicuri

Adapun keuntungan dari sistem pembayaran tunai antara lain Anda menerima pembayaran instan, tidak ada cek penipuan atau NSF yang masuk ke bisnis Anda, Anda dapat menggunakan sistem akuntansi online sederhana.

Sedangkan kekurangan dari sistem pembayaran tunai antara lain, Anda membutuhkan uang tunai yang harus selalu siap jika ingin dipakai, menyimpan uang tunai dalam jumlah besar akan menimbulkan risiko kejahatan, dan tentu nya kurang efisien karena Anda tidak dapat membayar kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Agar mempermudah transaksi bisnis Anda biar lebih mudah, Anda bisa menggunakan Paper.id! Dengan berbagai metode mulai dari kartu kredit, OVO, Tokopedia, Blibli dan transfer bank, kirim & terima pembayaran bisa pakai metode apa saja. Hal ini bisa Anda rasakan dengan GRATIS! Daftar gratis sekarang di sini!

Berikut ini merupakan faktor yang membentuk terciptanya sistem pembayaran antara lain:

  • Sistem Transfer Dana Antar Bank
    Sistem ini memungkinkan terjadinya pemindahan dana dari bank yang satu ke bank lain dengan komponennya berupa penyelenggara, komponen ini merupakan lembaga yang dapat memastikan penyelesaian akhir dari seluruh transaksi yang terjadi di dalam penggunaannya.
  • Lembaga yang Memproses Sistem Pembayaran
    Lembaga yang menjadi operator teknis dalam sistem pembayaran di Indonesia adalah Bank Indonesia, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk pasar modal, dan Penyelenggara Kliring Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK).
  • Saluran pembayaran
    Saluran pembayaran yang ada di Indonesia adalah kartu debit, kartu kredit, teller input, mesin ATM, mobile banking, internet banking, phone banking, dan electronic data capturing (EDC).

Baca juga: 4 hal mendasar yang harus disiapkan UMKM untuk sukses

  • Regulator dan Infrastruktur
    Suatu komponen yang memiliki wewenang dalam mengatur aturan main, ketentuan dan kebijakan yang mengikat seluruh komponen dalam sistem pembayaran yang dilakukan. Sedangkan infrastruktur mengacu pada sarana fisik yang mendukung proses operasional dari sistem pembayaran yang dilakukan oleh orang yang akan atau hendak melakukan transaksi.
  • Instrumen
    Dalam komponen instrumen ini adalah alat pembayaran yang dilakukan baik secara tunai maupun secara non tunai yang disepakati oleh para pengguna dalam melakukan sebuah transaksi.
  • Pengguna
    Pengguna ini merupakan suatu komponen dari sistem pembayaran yang merupakan konsumen yang akan memanfaatkan sistem pembayaran.