Teknologi QR Code merupakan teknologi barcode yang sudah ada sejak dulu. Barcode sendiri pada awalnya hadir dengan mengusung satu dimensi, sedangkan di era sekarang, QR code sendiri hadir dengan mengusung dua dimensi. 

Saat ini penggunaan QR Code pembayaran sendiri sudah sangat umum terutama bisnis, mulai dari usaha cafe, restoran, hingga pembayaran digital di Indonesia. 

Di Indonesia sendiri, penerapan teknologi QR mulai diberlakukan sejak awal tahun 2020, dan hadir dengan nama QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Keberadaan QRIS sendiri diharapkan dapat mendorong efisiensi transaksi keuangan & mempercepat terciptanya inklusi keuangan yang ada di Indonesia. Nah buat kamu yang ingin tahu informasi QR pembayaran ini, simak selengkapnya sampai selesai. 

Apa itu QR code pembayaran?

QR code pembayaran adalah sebuah kode QR (Quick Response) yang digunakan untuk memfasilitasi pembayaran dalam berbagai transaksi keuangan. 

Kode QR ini berisi informasi yang diperlukan untuk melakukan pembayaran, seperti jumlah uang yang harus dibayarkan dan rincian rekening atau alamat penerima pembayaran. 

PayPal menawarkan Kode QR gratis untuk menerima pembayaran
PayPal menawarkan Kode QR gratis untuk menerima pembayaran

Seperti punya PayPal, mereka menyediakan opsi pembayaran via QR code untuk mempermudah seseorang melakukan pembayaran transaksi. 

Di Indonesia, QR code pembayaran mengacu pada QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). QRIS adalah standar QR code yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk pembayaran di Indonesia. Dan saat ini penggunaan QRIS sudah menyentuh angka 30,8 juta pengguna di Februari 2023, dan angka ini akan terus bertambah.

Dan QRIS ini dapat digunakan dalam berbagai konteks, termasuk pembayaran belanja online, tagihan bulanan, pembelian tiket, atau transfer uang antar individu. 

Kode QR ini dapat dipindai menggunakan aplikasi pembayaran digital, seperti GoPay, OVO, DANA, dan ShopeePay atau penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP), seperti bank, &  fintech.

Keuntungan QR code pembayaran dalam transaksi bisnis

Beragam keuntungan yang bisa dirasakan pebisnis saat menggunakan QRIS untuk membayar supplier/vendor seperti : 

  • Bisa digunakan kapan saja & dimana saja: Pebisnis hanya tinggal perlu memindai gambar kode QR dengan HP mereka,  lebih mudah & real-time.
  • Caranya praktis dan cepat: Prosesnya sangat mudah dan real-time begitu kode QR sudah dipindai, maka pembayaran selesai dalam hitungan detik.
  • Scan tanpa daftar nomor rekening: Proses transfer uang bisa terjadi hanya dengan memindai kode QR, tanpa harus menyimpan nomor rekening. 

Dengan berbagai keuntungan yang ada, pebisnis bisa mulai mengimplementasikan hal ini untuk transaksi bisnis mereka baik dengan customer maupun supplier/vendor mereka bagi yang tidak punya opsi lain selain transfer uang serta kemudahan dalam proses pembayaran invoice. 

Baca Juga: Terima Pembayaran Pakai QR Code, Bisnis Jadi Untung atau Rugi?

Bagaimana QR pembayaran mempermudah pembayaran invoice?

Rata-rata, pelaku usaha kecil & menengah (UMKM) membutuhkan waktu 11 hari mulai dari pembuatan invoice hingga pembayaran diterima dalam kegiatan pembayaran bisnisnya menurut lembaga penelitian Ardent Partners.

Untuk mempercepat proses ini, penggunakan pembayaran digital untuk bisnis bisa memangkas waktu hingga 60% (3-5 hari). Salah satu caranya adalah dengan menawarkan penggunaan QR pembayaran di invoice yang harus dibayar tanpa perlu menyediakan kode QR tersebut yang perlu waktu untuk proses pendaftarannya.

Cara ini juga dapat kamu rasakan dengan menggunakan Paper.id. Buat invoice di Paper.id juga bisa dilakukan dari mana saja, tanpa batasan jumlah & yang paling penting gratis.

Setelah itu, kamu bisa mengirimkannya via WhatsApp/Email/SMS gratis. Tidak perlu lagi membayar kurir dan menunggu berjam-jam sampai invoice diterima. Invoice terkirim secara langsung.

Customer hanya tinggal memindai kode QR yang disediakan Paper.id, dana tersebut akan masuk ke saldo digital kamu yang siap ditarik kapan saja dan proses akan jauh lebih cepat.

Customer juga akan lebih senang, karena ia bisa memilih banyak metode yang ada seperti tampilan gambar di bawah. Tidak hanya QRIS, ada metode lainnya yang juga tersedia, seperti kartu kredit, virtual account, Tokopedia, Shopee, Blibli, OVO, dan lainnya.

Paper.id juga bisa digunakan dimana saja lewat smartphone kamu. Jadi masih mau pakai cara lama? Gunakan Paper.id sekarang dan daftar sekarang gratis!

Alfian Dimas