Kartu Stok, Fungsi Penting Dalam Mengatur Serta Mengetahui Jumlah Stok Secara Akurat

Dalam menjalankan usaha, kelancaran usaha merupakan hal yang diinginkan dan didambakan oleh setiap pelaku usaha atau pebisnis. Akan tetapi hal tersebut bukanlah hal yang mudah, terdapat banyak faktor yang sangat mempengaruhi hal tersebut. Salah satunya adalah mengontrol stock atau persediaan barang di gudang perusahaan. Kontrol stok yang baik akan membantu kelancaran bisnis Anda.

Manfaat jika perusahaan Anda melakukan kontrol stok salah satunya adalah dapat mengatur dan mengelola gudang dengan lebih mudah. Berdasarkan hal tersebut dalam mengelola atau mengontrol stok pasti berhubungan erat dengan kartu stock. Fungsi dari kartu stok yaitu untuk mencatat pergerakan stok masuk dan stok keluar yang berasal dari kegiatan harian usaha Anda seperti barang masuk dari supplier, retur pelanggan, maupun barang keluar dari kegiatan penjualan. Hal ini membuktikan bahwa kartu stock merupakan alat penting dan wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan khususnya pada bagian persediaan atau gudang perusahaan.

Secara umum kartu stock berisikan nama perusahaan, nama supplier, jenis barang, jumlah barang masuk dan barang yang keluar, tanggal barang masuk dan tanggal barang keluar, keterangan tambahan, serta tanda tangan penanggung jawab stok. Berdasarkan cara kerjanya, kartu stok ini harus selalu diupdate setiap terjadi pergerakan barang baik barang masuk maupun barang keluar.

Baca juga: 4 tips kelola stok barang Amazon yang bisa kamu ikuti

Berikut ini adalah Keuntungan yang diperoleh dalam kartu stok

Meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Dengan kartu stok akan dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas kinerja perusahaan Anda secara drastis. Dalam hal ini ketika semua stok dicatat dan diatur dengan kode barang yang benar dan diletakan pada lokasi yang benar, hal itu akan membuat proses penyimpanan dan pencatatan barang menjadi lebih cepat dan tepat dan meminimalisir dalam kehilangan stok.

Menciptakan gudang yang lebih terorganisir

Jika stok gudang Anda tidak terorganisir dengan baik, maka Anda akan kesulitan mengelola inventaris Anda dan menghitung stok barang yang ada di gudang Anda. Dengan kartu stok yang selalu terupdate Anda akan dapat mengetahui stock barang mana yang kosong dan stok barang mana yang masih menumpuk. Dengan demikian Anda akan mendapatkan informasi yang akurat berdasarkan stok gudang Anda serta dapat meminimalisir kerugian akibat stok yang masih menumpuk.

Meningkatkan akurasi pesanan inventaris

Kartu stok dapat membantu Anda untuk menghitung dengan tepat berapa banyak inventaris atau persediaan yang harus Anda miliki setiap saat. Hal ini tentunya membantu mencegah kekurangan produk dan memungkinkan Anda menyimpan persediaan yang cukup tanpa memiliki kelebihan stok di gudang.

Baca juga: Persediaan stok, apa bedanya dengan inventory di bisnis?

Membuat pelanggan datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak

Fakta bahwa pengendalian stok yang baik mengarah ke pelanggan yang kembali. Jika Anda ingin pelanggan yang sudah susah payah datang kembali untuk produk dan layanan Anda, Anda harus dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan cepat dan efisien. Dengan pengelolaan persediaan barang yang baik dapat membantu Anda memenuhi permintaan pelanggan Anda tanpa pelanggan Anda kecewa akan produk atau barang yang kosong.

Di zaman yang serba modern ini kebanyakan dari para pelaku usaha atau pebisnis sudah sangat cermat dalam mengelola stok barang usaha mereka. Tidak sedikit pebisnis yang saat ini menggunakan software inventory untuk melakukan pengelolaan stok gudang mereka. Namun, kartu stok tetap tidak bisa luput digunakan sebagai pendukung dari pencatatan harian persediaan barang di gudang. Pencatatan kartu stok harus tetap dilakukan agar perhitungan manual bisa dilakukan. Dengan begitu, perhitungan yang terdapat di dalam kartu stok bisa dimasukkan ke dalam software inventory ketika hari akan berakhir.

(Visited 85 times, 1 visits today)