Dalam dunia bisnis B2B, keberhasilan sebuah kerja sama bisa bergantung pada keandalan dan kepercayaan mitra khususnya vendor yang kamu pilih, lho. Sebagai business owner, pasti pernah terbesit di benakmu pertanyaan; apakah lebih baik mencari vendor terpercaya atau belajar acak di pasar?

“Pasar” di sini maksudnya adalah ketika kamu tidak memiliki vendor tetap dan mencari vendor baru setiap kali kamu membutuhkan layanan atau produk tertentu, ya.

Nah, perlu mempertimbangkan apakah lebih baik mencari vendor terpercaya dengan harga yang fluktuatif bahkan bisa cenderung lebih mahal, ataukah berani dengan mencari vendor di pasar dengan harga yang lebih murah namun dengan berbagai risikonya?

Menurut Foodizz pada 2022, berikut ini pro dan kontra dari kedua pilihan tersebut:

ProKontra
Vendor Terpercaya1. Kualitas terjamin
2. Harga terkendali
1. Adanya minimum order
2. Butuh waktu untuk ditemukan
Belanja Acak di Pasar1. Bisa kapan saja sesuai kebutuhan1. Kualitas belum terjamin
2. Harga fluktuatif
3. Track record belum ada

Dari tabel di atas, kedua pilihan memiliki pro dan kontraknya masing-masing. Namun,  keputusan tetap ada di tangan kamu sendiri. Untuk itu, berikut ini berbagai faktor yang bisa kamu pertimbangkan dalam membuat keputusan terbaik untuk kebutuhan bisnis kamu. Simak sampai bawah ya!

1. Kualitas Produk

Sebagai business owner, tentu kamu paham bahwa kualitas produk menjadi faktor yang sangat krusial. Memilih vendor terpercaya bisa memberikan kepastian atas kualitas produk yang akan kamu terima nantinya.

Sesuai laporan dari Forrester 2023, sekitar 70% pembeli B2B mengatakan bahwa mereka lebih memilih bekerja sama dengan vendor yang memiliki reputasi baik untuk kualitas produk. Ini menunjukkan betapa pentingnya kualitas produk dalam keputusan pembelian.

Sementara itu, berbelanja di pasar memang bisa sangat menggoda dengan menawarkan harga yang lebih murah, tetapi kamu akan dihadapkan dengan pertanyaan besar: apakah kualitasnya terjamin?

Tentu saja, berbelanja di pasar bisa memberikan kamu kesempatan untuk menemukan penawaran harga yang lebih kompetitif. Namun, dalam beberapa kasus, perlu dicatat bahwa harga yang murah bisa menjadi indikasi bahwa kualitas produk tidak dijamin.

Baca juga: 8 Langkah Jitu Memilih Vendor untuk Bisnis Kuliner

2. Ketersediaan Produk

Vendor terpercaya biasanya menawarkan ketersediaan produk yang konsisten, apalagi jika kamu merupakan pelanggan setia. Mereka tentu akan menyediakan stok yang cukup untuk memenuhi permintaan kamu secara teratur dan tepat waktu.

Bahkan, jika kamu memiliki hubungan yang kuat dengan vendor, kamu bisa memperoleh keuntungan tambahan seperti akses terhadap produk-produk terbaru, penawaran khusus, hingga kesempatan untuk berpartisipasi dalam program loyalitas mereka.

Di sisi lain, berbelanja di pasar bisa memberikan fleksibilitas, lho. Kamu bisa mencari berbagai pilihan dari berbagai vendor tanpa harus terikat dengan satu vendor tertentu, kamu bisa mengeksplor produk-produk yang ada, membandingkan harga dan kualitas dari berbagai sumber, serta menemukan penawaran terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Kendati demikian, kamu harus siap menghadapi beberapa tantangan, salah satunya adalah fluktuasi harga yang bisa terjadi di pasar, sehingga kamu harus waspada terhadap perubahan harga yang bisa saja mempengaruhi anggaran bisnis kamu.

3. Kemudahan dalam Proses

Mencari vendor terpercaya bisa memakan waktu dan upaya ekstra. Kamu harus mencari, mengumpulkan referensi, hingga melakukan negosiasi untuk menjamin bahwa kamu memilih mitra yang tepat untuk bisnis.

Namun, meskipun memakan waktu dan tenaga, sebanding dengan hasilnya kelak yang akan memberikanmu kepastian dan keamanan dalam jangka panjang untuk bisnis.

Sementara, berbelanja di pasar bisa lebih cepat dan mudah, terutama jika kamu membutuhkan produk secara mendadak. Pasalnya, di pasar kamu bisa secara cepat menemukan produk yang kamu butuhkan tanpa perlu melalui proses pencarian dan negosiasi yang panjang.

Meskipun memang berbelanja juga memiliki risiko tertentu. Kualitas produk tidak selalu terjamin, harga bisa fluktuasi, bisa lebih murah atau mahal, dan tidak ada jaminan atas pelayanan atau dukungan teknis yang memadai.

4. Keamanan Transaksi

Menurut survei yang dilakukan oleh PwC pada tahun 2021 tentang tren pembelian B2B, sekitar 76% responden mengatakan bahwa keamanan transaksi merupakan salah satu faktor utama yang mereka pertimbangkan dalam memilih vendor. 

Hal tersebut menunjukkan bahwa transaksi dengan vendor terpercaya seringkali lebih aman dan terjamin sekaligus menyatakan betapa pentingnya keamanan transaksi dalam proses pembelian bisnis.

Sementara itu, data dari laporan Global Fraud Index 2022 yang diterbitkan oleh Kount menunjukkan bahwa risiko penipuan dan kejahatan cyber meningkat secara signifikan di pasar digital. Ini mencakup berbagai tindakan penipuan seperti pencurian identitas, penipuan kartu kredit, dan serangan phishing.

Oleh karena itu, ketika berbelanja di pasar secara acak, ada potensi risiko yang lebih tinggi terkait dengan keamanan transaksi, terutama jika tidak ada proses verifikasi atau perlindungan yang memadai.

Baca juga: Cara Mudah Membayar Semua Tagihan Vendor di Satu Tempat

Pada akhirnya, keputusan terbaik tergantung pada prioritas dan kebutuhan bisnis kamu. Memilih vendor terpercaya bisa memberikan jaminan kualitas, namun dengan biaya yang lebih tinggi. Sementara, berbelanja secara acak di pasar bisa memberikan fleksibilitas namun dengan risiko yang lebih besar.

Sebaiknya, pertimbangkan dengan cermat dan sesuai dengan kondisi bisnis kamu. Jika kamu memilih untuk bekerja dengan vendor terpercaya, pastikan untuk melakukan riset yang menyeluruh dan memilih vendor yang bisa diandalkan, seperti yang ditawarkan oleh platform Paper.id. 

Paper.id adalah platform yang menyediakan berbagai layanan bisnis, termasuk solusi pembayaran, pembuatan invoice, hingga manajemen cash flow. Dengan menggunakan layanan dari Paper.id, kamu bisa memastikan bahwa transaksi bisnismu dilakukan dengan aman dan terpercaya.

Terlebih, di Paper.id juga tersedia berbagai macam metode pembayaran, mulai dari kartu kredit, transfer bank, dompet digital, QRIS, hingga marketplace sehingga memudahkan kamu ketika akan membayar vendor dan kamu bisa memilih metode pembayaran sesuai dengan preferensi kamu sendiri.

Yuk, segera daftarkan bisnismu sekarang juga dan nikmati fitur yang sedia di Paper.id dengan cara klik tombol di bawah ini secara gratis!

Muhamad Dika Wahyudi