Setiap pengusaha perlu mengetahui cara membuat kwitansi karena, hal itu berhubungan langsung dengan bisnis mereka. Dengan mengetahui cara pembuatan kwitansi, hal ini membantu proses keuangan usaha mereka berjalan dengan lancar.

Kenapa demikian? Keuangan perusahaan yang baik dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah bukti keuangan. Bukti keuangan berperan penting dalam proses pencatatan laporan keuangan sehingga, perusahaan perlu menyimpan bukti keuangan.

Berikut ini, ada cara-cara mudah yang perlu diketahui untuk membuat kwitansi dengan mudah dan bisa dilakukan dimanapun.

Baca juga: 5 Contoh Kwitansi Pembayaran yang Sering Digunakan

Yang harus diketahui untuk membuat kwitansi dengan mudah

Sebelum mengetahui cara membuat kwitansi, kamu harus tahu mengenai hal apa saja yang harus ada di dalam kwitansi tersebut. Sebagai bukti pembayaran, kwitansi harus memuat elemen-elemen berikut:

  • Nomor kwitansi
    Dimulai pada bagian paling atas, ada nomor kwitansi. Pada bagian tersebut, kamu bisa mengisi nomor kwitansi sesuai dengan keperluan. Biasanya, nomor kwitansi merupakan perpaduan dari tanggal pembuatan kwitansi serta nomor urutan dari kwitansi yang telah kamu buat selama ini. Pastikan agar nomor urutan yang ada bisa dikenali dengan mudah.
  • Telah diterima dari
    Pada bagian selanjutnya, ada tulisan telah diterima dari dimana, bagian ini biasanya menyertakan nama lengkap pihak yang memberikan uang tersebut.
  • Jumlah uang
    Tuliskan secara huruf mengenai jumlah uang yang menjadi bagian dari transaksi ini agar memudahkan setiap orang untuk mengetahui angka tersebut.
  • Tujuan pembayaran
    Setelah menuliskan jumlah uang yang dibayar, pastikan agar kamu menuliskan tujuan pembayaran tersebut. Biasanya, orang-orang bisa menambahkan informasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan proses pembayaran tersebut.
  • Cap atau stempel serta materai
    Untuk memperkuat legalitas dari kwitansi yang kamu miliki, kamu membutuhkan cap atau stempel serta materai. Biasanya, elemen ini dibubuhkan pada bagian akhir dari kwitansi. Untuk pemberian materai disesuaikan dengan berapa besar transaksi tersebut. Transaksi diatas Rp. 250.000 menggunakan materai seharga Rp. 3000 dan transaksi dengan nilai diatas Rp. 1.000.000 menggunakan materai seharga Rp. 6000.

Baca juga: Download Kwitansi Kosong GDocs yang Bisa Diedit

Cara membuat kwitansi sendiri dengan mudah

Kamu bisa membuat kwitansi sendiri secara mudah. Yang paling penting adalah, kamu harus memasukkan elemen-elemen penting kwitansi agar lengkap dan sah. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat kwitansi sendiri:

  • Buka Microsoft Word dan pilih kertas bertipe A6. Setelah itu, ketik nama, tanggal pembuatan kwitansi, serta nama toko dan alamat toko pengirim kwitansi tersebut.
  • Pada bagian isi, kamu bisa membuat tabel yang berisi barang-barang yang telah dibeli. Pembuatannya disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika kamu membutuhkan tabel yang besar maka, buatlah rangkaian tabel dengan kolom yang banyak untuk keperluan pengisian barang-barang yang ada.
  • Pada bagian kolom terakhir, blok kolom-kolom tersebut dan klik merge untuk menggabungkan kolom itu. Tambahkan kata total untuk menegaskan bahwa kolom itu untuk menghitung total barang yang dibeli.
  • Terakhir, tambahkan catatan jika ada dan tanda tangan dan hormat kami. Jangan lupa untuk membubuhkan stempel.

Demikian cara membuat kwitansi sederhana yang bisa kamu buat dengan mudah. Setelah itu, cetak kwitansi tersebut dengan mode kertas A4 agar bisa mencetak 4 lembar kwitansi dalam satu lembar. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan software dari Paper.id. Paper.id merupakan software invoice dengan beragam fitur yang inovatif seperti fitur kwitansi. Fitur kwitansi dari Paper.id mudah digunakan dapat membantu kamu dalam membuat yang kamu mau. Ayo gunakan Paper.id sekarang dengan klik link di bawah ini.

 

Daniel Nugraha