Membaca dan memahami cash flow statement merupakan hal yang penting terutama Anda sebagai pebisnis. Dengan memahaminya, Anda bisa dengan mudah mengekstrak data penting dan mengetahui kesehatan keuangan dari sebuah bisnis. 

Hal ini paling sering diamati oleh para investor untuk menentukan sehat atau tidaknya suatu bisnis dalam jangka panjang. Lain hal jika peran yang dimiliki adalah pemilik bisnis melalui cash-flow statement dapat membantu Anda memahami kinerja bisnis dan menyesuaikan inisiatif atau strategi utama.

Kemampuan untuk memahami cash flow statement wajib dimiliki business owner tanpa terkecuali. Tapi kenyataanya tidak semua memiliki hal itu, hal ini miris, dan terjadi banyak di indonesia. 

Untuk mendapatkan pemahaman akan cash flow ini, berikut ini informasi tentang cara membaca dan memahami cash flow statement

Apa itu Cash Flow Statement?

Cash flow statement  akan memberikan gambaran secara rinci berupa laporan tentang apa yang terjadi pada kas perusahaan selama periode waktu tertentu, dengan menunjukan kemampuan kegiatan usaha beroperasi dalam jangka pendek dan panjang, yang berdasarkan arus uang masuk dan keluar

Contohnya, pada tahun 2022, Microsoft memiliki cash flow operasional yang positif. Cash flow ini berasal dari penjualan produk dan jasa dari Microsoft.yang membantu untuk membiayai seluruh kegiatannya, membayar hutang, dan mengembalikan modal kepada pemegang saham. 

Tapi perlu diketahui juga, pada dasarnya cash flow statement sendiri terbagi menjadi3 jenis: 

  • Aktivitas operasi – Pencatatan yang dihasilkan dari kegiatan bisnis sehari-hari perusahaan, seperti penjualan produk atau layanan.
  • Aktivitas investasi – Pencatatan yang dihasilkan pembelian atau penjualan aset jangka panjang, seperti properti, peralatan, dan investasi.
  • Aktivitas pembiayaan – Pencatatan yang dihasilkan dari pinjaman, penerbitan saham, dan aktivitas keuangan lainnya.

Cash flow sendiri bisa positif dan negatif. Perusahaan dengan arus kas positif mungkin memiliki lebih banyak uang untuk diinvestasikan dalam pertumbuhan, sedangkan perusahaan dengan arus kas negatif mungkin perlu mengurangi pengeluaran atau mempekerjakan karyawan.

Lalu bagaimana cara memahami cash flow statement ini?

Contoh Cash Flow Statement Dan Cara Membacanya

Berikut ini contoh cash flow statement dari sebuah perusahaan yang dibuat secara fiktif dikutip dari situs harvard business school.

Dari contoh laporan arus kas diatas, dapat dibaca seperti berikut, laporan arus kas ini menunjukkan bahwa Perusahaan A memiliki dana terakhir sekitar $10,75 miliar dalam bentuk kas.

Jika dilihat, aktivitas operasi yang tercatat di laporan arus kas di atas menghasilkan $53,66 miliar. Dimana itu sudah cukup tinggi, dikatakan bagus atau tidaknya juga perlu di cek di dengan tahun lalu. 

Kemudian untuk Aktivitas investasinya sendiri menghabiskan biaya $33,77 miliar, Aktivitas financing atau pembiayaannya sendiri menghabiskan dana $16,3 miliar. 

Dari sana dapat dilihat, bisnis tersebut akhirnya memiliki saldo akhir tahun dengan arus kas yang positif sebesar $3.5 miliar, dan total kas nya pun bertambah dari yang sebelumnya 10,75 menjadi 14,26 miliar. Dapat disimpulkan bahwa bisnis tersebut dari contoh diatas memiliki arus yang positif, dan dapat diartikan bahwa perusahaan tersebut berkembang jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Nah itulah penjelasan singkat seputar cash flow statement. Pastikan sebagai bisnis owner, harus bisa mempelajari pemahaman dan alokasi laporan arus kas, hal ini akan menentukan, bisnis mau dibawa kemana, dan pengambilan strategi yang tempat untuk jangka pendek dan panjang.

Maka dari itu Anda harus permudah hidup dengan aplikasi digital, untuk mempermudah bisnis anda, salah satunya adalah dalam pembuatan serta pengiriman invoice. 

Anda bisa menggunakan aplikasi invoice online dari Paper.id. Dengan Paper, Anda bisa dengan mudah membuat, serta mengirim invoice dengan mudah. Selain itu juga invoice sudah terekonsiliasi dengan sistem pembayaran digital. 

Di Paper.id juga bisa membayar tagihan supplier dengan kartu kredit dan dapatkan tambahan tempo pembayaran hingga 45 hari, dari situ Cash flow bisnis akan menjadi lebih lancar. Yuk Daftar Sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini.

Muhamad Dika Wahyudi