Dalam akuntansi, kita mengenal ada akuntansi keuangan. Hal ini berkaitan dengan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan. Pada umumnya, akuntansi bertujuan merangkum dan mencatat berbagai macam transaksi yang terjadi dalam sebuah perusahaan.

Laporan itu berguna untuk membantu perusahaan dalam banyak hal seperti, melihat kondisi keuangan perusahaan mereka, membuat keputusan untuk perusahaan, dan hal lainnya. Untuk itu, akuntansi keuangan bersifat penting.

Mengingat hal ini begitu penting, bidang akuntansi ini perlu dipelajari agar membantu para pengusaha dalam membuat laporan keuangan perusahaannya. Berikut uraian singkat mengenai akuntansi keuangan yang harus kamu ketahui.

Baca juga: Contoh invoice penagihan yang mudah dibuat

Fungsi akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan berperan penting dalam kemajuan sebuah perusahaan. Setiap perusahaan harus membuat laporan keuangan sebagai hal mendasar yang sangat berpengaruh. Ada banyak fungsi yang bisa kita petik dengan membuat laporan keuangan bagi pihak internal dan eksternal.

Bagi pihak internal perusahaan:

  • Fungsinya bertujuan untuk mengetahui laba/rugi dari sebuah perusahaan. Dengan mengetahui kondisi itu, perusahaan bisa dengan mudah mengambil keputusan untuk memperbaiki perusahaan atau untuk kemajuan perusahaan.
  • Pihak manajemen dalam sebuah perusahaan bisa mengetahui akan kondisi keuangan dari perusahaan mereka. Selain itu, informasi yang didapat dari laporan keuangan juga sangat membantu mereka untuk melihat bagian mana yang perlu dibenahi.
  • Laporan keuangan juga membantu untuk menentukan hak masing-masing dalam sebuah perusahaan baik untuk kepentingan internal maupun eksternal.
  • Pengawasan dan pengendalian dari setiap pos yang ada didalam sebuah perusahaan. Laporan keuangan dapat membantu perusahaan dalam mengendalikan segala bidang yang ada sehingga, kegiatan operasional bisa berjalan dengan baik.

Bagi pihak eksternal perusahaan:

  • Bagi pemegang saham, laporan keuangan sangat penting untuk memberikan informasi akan kemampuan sebuah perusahaan dalam membayar dividen (laba atau pendapatan perusahaan yang telah ditetapkan oleh direksi dan disahkan dalam rapat pemegang saham)
  • Untuk investor, laporan keuangan dapat membantu mereka dalam mengetahui kemanakah uang mereka telah diinvestasikan.
  • Untuk kreditor, laporan keuangan juga sangat penting karena memberikan informasi terkait kesanggupan sebuah perusahaan untuk membayar hutang.
  • Bagi supplier, mereka bisa mengetahui kesanggupan sebuah perusahaan dalam membayar barang-barang yang telah mereka pesan.
  • Terakhir, laporan keuangan juga bersifat penting bagi pemerintah sebagai sebuah tolok ukur untuk penetapan pajak dan sebagian besar dari data statistik pendapatan.

Baca juga: Perbedaan hutang dan piutang yang sering dipermasalahkan oleh pengusaha

Langkah-langkah untuk memahami akuntansi keuangan dengan mudah

Dalam mempelajari akuntansi keuangan, ada 3 langkah yang harus kalian pahami dan lakukan dengan baik:

  1. Pengantar akuntansi dasar
    Di tahap awal, kamu perlu mempelajari beberapa hal mendasar terkait dengan pengantar akuntansi seperti, persamaan dasar-dasar akuntansi, chart of account, siklus akuntansi, general ledger, pencatatan transaksi dan perkiraan, dan worksheet.
  2. Akuntansi keuangan menengah
    Setelah menguasai beberapa hal yang telah disebutkan diatas, kamu bisa beralih ke bagian selanjutnya. Bagian akuntansi yang termasuk kedalam bagian ini adalah, persediaan, piutang, aktiva tetap, pajak, dan utang.
  3. Akuntansi keuangan lanjutan
    Terakhir, kamu harus menguasai perubahan kepemilikan, penjualan konsinyasi, penyajian laporan keuangan, investasi saham, dan likuidasi penjualan angsuran.

Setelah mengetahui hal-hal diatas, kamu bisa memahami akuntansi keuangan dengan mudah. Tentunya, hal ini sangat penting untuk dilakukan guna memahami cara-cara membuat laporan akuntansi dengan benar berdasarkan standar akuntansi keuangan. Untuk membuat laporan keuangan secara mudah, gunakan software Paper.id, software invoice terbaik dengan beragam fitur yang bisa kamu dapatkan mulai dari laporan keuangan, stok opname dan fitur lainnya. Ayo buat laporan keuangan dengan mudah dengan menggunakan Paper.id!

google_play_customer_io