Konfirmasi pembayaran menjadi salah satu bagian dari transaksi jual beli. Biasanya, bagian ini terjadi saat si pembeli sudah melakukan pembayaran kepada si penjual. Setelah itu, si pembeli akan melakukan konfirmasi berupa pemberian bukti transaksi.

Ada banyak cara untuk melakukan konfirmasi terkait pembayaran yang ada. Seiring berkembangnya zaman, konfirmasi kini muncul dalam bentuk digital. Hal ini turut memancing lahirnya beragam sistem pembayaran dengan notifikasi pembayaran yang berbeda-beda.

Meski terkesan kecil, konfirmasi pembayaran memegang peranan penting dalam kelancaran transaksi pembayaran. Karena itu, perannya tidak bisa dianggap remeh karena, ada banyak hal buruk yang bisa timbul dari ketiadaan konfirmasi dalam pembayaran.

Baca juga: 3 cara strategi marketing B2B untuk memenangkan hati klien B2B 

Efek konfirmasi pembayaran dalam transaksi jual beli

Dalam transaksi jual beli, konfirmasi pembayaran dianggap sebagai bagian penting untuk memberitahu penjual jika pembeli sudah melakukan pembayaran. Setelah itu, si penjual akan mengirimkan barang dan transaksi tetap berlanjut.

Jika konfirmasi tidak dilakukan, transaksi tidak akan berjalan dengan lancar. Karena itu, pembeli wajib memberikan konfirmasi pembayaran. Konfirmasi bisa dilakukan dalam berbagai macam cara. Pertama, ada konvensional dengan mengabarkan pihak penjual bahwa mereka telah membayar. Selain itu, mereka mengirimkan gambar berupa hasil pembayaran lewat berbagai macam medium seperti ATM, Transfer bank, dan lainnya.

Kedua, mereka bisa melakukannya via digital. Zaman sekarang, bukti pembayaran sudah otomatis tercetak begitu kita melakukan pembayaran. Hal ini bisa ditemukan dalam berbagai macam aplikasi seperti Paper.id.

Buat Kwitansi #4
Kwitansi dari Paper.id mudah dibuat dimanapun dan kapanpun

Dengan menggunakan Paper.id, transaksi bisnis kamu dapat berjalan dengan lancar berkat fitur notifikasi yang akan langsung terkirim begitu proses pembayaran telah selesai. Bisnis tenang, pembayaran lebih lancar, dan untung semakin banyak.

Selain itu, Paper.id juga memiliki beragam fitur lainnya yang siap mendukung kelancaran bisnis kamu mulai dari pembuatan kwitansi, nota, surat jalan, quotation, chart of account, dan pembukuan keuangan. Semuanya bisa dirasakan dengan gratis! Klik link di atas untuk mendapatkannya secara gratis!

Baca juga: Bisnis online B2B dan cara mengembangkannya

Pentingnya konfirmasi pembayaran dalam transaksi perusahaan B2B

Pada perusahaan B2B, transaksi jual beli tidak semudah cara konvensional. Setiap bagian diharuskan melewati langkah-langkah tertentu karena bersifat resmi dan melibatkan 2 perusahaan atau bahkan lebih dalam satu kali transaksi.

Karena itu, tidak heran jika transaksi perusahaan B2B melibatkan banyak bukti transaksi karena, satu transaksi terdiri dari banyak langkah. Konfirmasi pembayaran termasuk sebagai salah satu langkah yang ada dalam transaksi itu.

Hal ini terdapat dalam proses pembayaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan setelah barang yang mereka minta sudah dikirim oleh pihak pemasok dan keadaan barang yang dikirim sesuai dengan keinginan si peminta.

Setelah itu, bagian keuangan di perusahaan akan melakukan pembayaran kepada pihak pemasok melalui transfer bank atau transfer ATM. Pembayaran yang telah usai akan segera dikabarkan melalui konfirmasi pembayaran.

Berbeda dengan cara konvensional, konfirmasi pembayaran akan muncul dalam bentuk kwitansi. Kwitansi menjadi bukti sah yang menandakan jika si pembeli sudah membayar barang yang dibeli atau diminta.

Kwitansi bisa berbentuk kertas dan digital sesuai dengan kesepakatan si pembeli dan pemasok terkait dengan barang yang diminta. Saat ini, kwitansi digital sangat diminati karena mudah disimpan, mudah dibuat kapanpun dan dimanapun.

Hal ini juga bisa kamu rasakan dengan Paper.id. Paper.id mempunyai fitur untuk membuat kwitansi digital dengan mudah. Semuanya bisa dibuat hanya melalui smartphone kamu! Kerja akan jadi lebih gampang dan menyenangkan. Ayo download aplikasinya lewat gambar di bawah ini!

google_play_customer_io
Daniel Nugraha