Ingin produk Anda dicari oleh konsumen secara terus menerus? Tentu jawabannya pasti harus mempunyai produk yang menarik untuk konsumen, tapi bagaimana caranya?

Tentu ini bukanlah hal yang mudah. Kenapa? Karena, Anda akan bersaing dengan ribuan, bahkan jutaan produsen di luar sana dengan berbagai macam produk yang berdaya saing tinggi. 

Juga perlu adanya inovasi akan produk bisnis Anda, kenapa? Karena teknologi dan bisnis berubah dengan begitu cepat. Perusahaan yang terus menerus berinovasi memiliki keuntungan yang besar dibandingkan dengan yang tidak.

Inovasi akan produk tidak muncul dalam satu kali proses, melainkan berkali kali. Artikel ini akan membahas apa itu product innovation dan bagaimana cara menciptakan produk yang menarik konsumen agar bisnis Anda dapat bertahan.

Baca Juga: 5 Manfaat Survei untuk Pengembangan Bisnis

Bagaimana cara membuat produk yang inovatif? 

Ketika mendengar kata inovasi, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Apakah Anda memikirkan perusahaan besar seperti Google atau Amazon yang sukses karena inovasi nya?.

Mudahnya, inovasi produk adalah proses mengembangkan dan memasarkan produk baru atau yang lebih baik untuk memecahkan masalah konsumen Anda. 

Lee Vinsel dan L. Russel dalam bukunya yang berjudul The Innovation Delusion: How Our Obsession with the New Has Disrupted the Work That Matters Most mengatakan bahwa: “Inovasi pada intinya adalah sesuatu hal baru yang dapat diukur dikarenakan menghasilkan keuntungan.”

Tidak ada yang peduli seberapa besar produk dan seberapa banyak bisnis Anda, inovasi produk sangatlah penting untuk konsumen Anda. Dengan begitu Anda bisa melayani konsumen sebaik mungkin berdasarkan kebutuhan dan keinginan dari mereka. 

Tantangan Akan Inovasi Produk

Sebagian besar para Business Owner dituntut untuk bisa memahami pentingnya inovasi produk, tapi menurut survey yang dilakukan oleh McKinsey Global Innovation, “84% Business Owner memahami bahwa inovasi produk itu penting untuk pertumbuhan suatu bisnis, tapi hanya 6% yang puas akan performa inovasi akan produk mereka”. 

Di studi yang lain mengatakan bahwa di Negara Inggris, hanya sepertiga bisnis saja yang dibilang sukses akan inovasi produk mereka untuk menghasilkan pertumbuhan laba untuk bisnis mereka. Selain itu hanya seperempat Business Owner yang mengatakan inovasi produk penting dan 40% lainnya takut gagal. 

Artinya apa? Tidak semua pebisnis sukses akan performa dari inovasi terhadap produk mereka. Mengapa, banyak sekali bisnis yang mengklaim bahwa mereka terbuka akan inovasi, namun prakteknya mengatakan sebaliknya.

Pada dasarnya inovasi memang cukup mengandung resiko. Jeff Bezos, CEO Amazon mengatakan bahwa “inovasi itu experiment” Tidak ada yang namanya inovasi hanya sekali coba, itu dicoba berkali kali, dan butuh waktu. Tapi ini lebih baik jika dibandingkan dengan yang tidak sama sekali. 

Lalu bagaimana cara membuat produk yang mampu menarik minat konsumen? 

Baca Juga: Pendanaan Modal Kerja vs. Pendanaan Modal Usaha: Perbedaan dan Kelebihan Masing-Masing

Menciptakan Produk yang Mampu Menarik Konsumen

Ada banyak cara untuk menciptakan produk yang menarik konsumen. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Kenali target pasar Anda 

Siapa yang akan menggunakan produk Anda? Apa yang mereka butuhkan dan inginkan? Setelah Anda memahami target pasar Anda, Anda dapat mulai mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Buat produk yang berkualitas

Konsumen akan lebih memilih produk yang berkualitas daripada produk yang murahan. Pastikan produk Anda terbuat dari bahan yang baik, dibuat dengan cermat, dan berfungsi dengan baik.

Berikan harga yang kompetitif

Konsumen akan lebih cenderung membeli produk Anda jika harganya terjangkau. Namun, jangan terlalu murah, karena hal itu dapat membuat konsumen berpikir bahwa produk Anda berkualitas rendah.

Pasarkan produk Anda dengan efektif

Konsumen harus mengetahui keberadaan produk Anda sebelum mereka dapat membelinya. Pasarkan produk Anda melalui berbagai saluran, seperti iklan online, media sosial, dan acara pameran.

Berikan layanan pelanggan yang baik

Konsumen yang puas akan lebih cenderung membeli dari Anda lagi di masa depan. Pastikan Anda memberikan layanan pelanggan yang baik, seperti menjawab pertanyaan mereka dengan cepat dan ramah, dan menyelesaikan masalah mereka dengan cepat dan memuaskan. 

Seperti dalam pembuatan serta penyediaan metode pembayaran untuk invoice. Anda harus mempermudah konsumen Anda dalam menyediakan metode pembayaran transaksi bisnis. 

Untuk mempermudah itu semua, Anda bisa menggunakan Aplikasi Invoice online dari Paper.id. Dengan Paper.id pembuatan, dan pengiriman invoice sangat mudah. Selain itu Invoice yang dibuat sudah terekonsiliasi dengan pembayaran digital. Yuk coba Paper.id sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini!

Daniel Nugraha